Total Tayangan Halaman

Senin, 30 September 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 8 Semester Ganjil "Teknologi Informasi & Komunikasi", Senin 30 September 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 30 September 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
"Teknologi Informasi dan Komunikasi". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Fase    : D

CP       : Peserta didik mampu memahami :

  • Berpikir Komputasional
    Peserta didik mampu memahami konsep  himpunan  data  terstruktur dalam kehidupan  sehari-hari, memahami konsep  lembar kerja pengolah data dan  menerapkan berpikir  komputasional dalam  menyelesaikan persoalan yang  mengandung himpunan data  berstruktur sederhana dengan  volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang  diperlukan pada berbagai bidang;  mampu menuliskan sekumpulan  instruksi dengan menggunakan  sekumpulan kosakata terbatas  atau simbol dalam format  pseudocode.
  • Literasi Digital
    Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin  pencari di internet; mengetahui  kredibilitas sumber informasi  digital dan mengenal ekosistem  media pers digital; membedakan  fakta dan opini; memahami  pemanfaatan perkakas teknologi  digital untuk membuat laporan,  presentasi, serta analisis dan  interpretasi data; mampu  mendeskripsikan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer;  memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan  internet baik kabel maupun  nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual;  memahami pemanfaatan media digital untuk  produksi dan diseminasi konten.  Peserta didik mampu memahami  pentingnya menjaga rekam jejak  digital, mengamalkan toleransi  dan empati di dunia digital,  memahami dampak perundungan  digital, membuat kata sandi yang  aman, memahami pengamanan  perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang  bersifat privat dan publik,  melindungi data pribadi dan  identitas digital, serta memiliki  kesadaran penuh (mindfulness)  dalam dunia digital.
  • Analisis Data
    -
  • Algoritma dan Pemrograman
    -

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :

  • Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin  pencari di internet; mengetahui  kredibilitas sumber informasi  digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan  fakta dan opini; 
  • memahami pemanfaatan perkakas teknologi  digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu  mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer;  
  • memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; 
  • memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten.   
  • Peserta didik mampu memahami  pentingnya menjaga rekam jejak  digital, mengamalkan toleransi  dan empati di dunia digital,  
  • memahami dampak perundungan  digital, membuat kata sandi yang  aman, memahami pengamanan  perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang  bersifat privat dan publik,  
  • melindungi data pribadi dan  identitas digital, serta memiliki  kesadaran penuh (mindfulness)  dalam dunia digital.

Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:

Tujuan Pembelajaran:

  1. Membuat laporan dengan menyalin dan memindahkan konten dari dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang dirancang sebagai satu paket aplikasi, yaitu aplikasi
    perkantoran.
  2. Peserta didik mampu membuat laporan yang berisi teks, data dalam bentuk angka, gambar/foto, dan video yang selanjutnya divisualisasikan dalam bentuk chart, grafik, atau diagram.

    Apersepsi
    Pembuatan sebuah laporan atau file lain seperti presentasi, infografis, poster, dll. sering kali merupakan gabungan konten hasil dari aplikasi yang berbeda. Sebuah laporan bisa berisi tabel hasil perhitungan yang kompleks, 
     

    (Pertemuan 3)
    Merangkum Narasi Dari Konten Digital (2 JP)


Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu merangkum, mengevaluasi, dan menyimpulkan beberapa bahan bacaan dalam bentuk digital (“file”) yang berbeda format, dan merefleksikan isinya.
Apersepsi
Peserta didik diajak untuk melihat betapa internet memiliki banyak informasi digital dalam berbagai bentuk. Ada informasi dalam bentuk video, gambar, hiperteks, teks dalam bentuk berbagai format file, animasi, dll. Guru dapat memberikan contoh salah satu konten informasi dari situs wikipedia sebagai ensiklopedia berbasis crowdsourcing yang dikerjakan oleh banyak orang. Wikipedia saat ini telah menjadi sumber informasi bagi banyak orang.

Peserta didik perlu dibiasakan untuk membaca data dari berbagai bentuk media
digital dan mampu untuk merangkum, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan atas
bacaannya.

Kebutuhan Sarana dan Prasarana
1. Komputer/ponsel pintar yang terpasang peramban,
2. Aplikasi pembaca pdf file,
3. Pemutar video,
4. Aplikasi lain sesuai dengan format file digital.

Kegiatan Inti
Setelah guru memberikan kegiatan apersepsi/pemanasan, peserta didik diajak untuk
melakukan Aktivitas TIK-K8-06: Merangkum narasi dari media digital berikut:

Deskripsi Aktivitas
1. Carilah 3 file PDF yang hanya bisa dibaca (read only) berukuran
maksimal 1 halaman (misalnya tentang Vaksinasi, Transportasi Massal, dan
Pertanian Pintar).
2. Tugas kalian Ialah membaca cermat ketiga file yang diberikan.
3. Fokus ke salah satufile yang menurut kalian merupakan bahan utama.
a. Cari dan tandai kata-kata penting.
b. Buatlah relasi konten antar-file dengan menjawab pertanyaan:
• Apa itu vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar?
• Mengapa vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar itu penting?
• Bagaimana cara kerja vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar?

Silahkan di lengkapi Materi Pelajari diatas sebagai bahan pembelajaran Informatika Bab ini..
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...