9 Manfaat Blog
yang Wajib di Ketahui
Manfaat blog yang didapatkan tiap blogger bisa jadi
berbeda-beda, tergantung pada tujuan awal pembuatan suatu blog. Singkatnya,
seperti apa jadinya suatu blog nanti, semua kembali kepada si pembuat. Dan itu
Anda sendiri.
Banyak orang berpikiran bahwa blog ‘hanya sekedar’ media untuk
mengeluarkan opini maupun menyampaikan pendapat. Tentu tidak selalu demikian.
Beragam tema blog yang ada di internet seperti blog perusahaan, blog
makanan, blog fashion, hingga blog hiburan, misalnya, dapat memberikan manfaat
lebih dari sekedar random posting atau
‘bicara suka-suka’.
Manfaat membuat blog memiliki potensi lain yang jauh lebih
dahsyat, bukan hanya bagi si penulis, namun juga bagi pembaca. Dalam
artikel ini kami akan mengulas manfaat dari blog yang tidak diketahui oleh
banyak orang yang wajib anda ketahui. Kami beri bocoran sedikit ya, selain
untuk berbagi pengetahuan, blog bahkan bisa digunakan untuk membangun jaringan
dan banyak manfaat lain.
Berikut ini adalah 9 manfaat blog
1. Berbagi Pengetahuan
Tidak
semua keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki dapat dengan mudah dibagikan.
Alasannya, belum tentu orang-orang di sekitar Anda sepenuhnya tertarik dengan
keahlian yang Anda miliki. Ini sebenarnya terkait pada terbatasnya jangkauan
yang Anda miliki. Nah, dengan menggunakan blog untuk berbagi pengetahuan, akan
lebih tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang Anda
sajikan.
Sebagai contoh, seorang mantan jurnalis asal Solo “Duto Sri
Cahyono” yang sukses mengelola blog khusus pecinta burung bernama Omkicau.com. Hingga
saat artikel ini ditulis, pengunjung blog beliau dapat mencapai di atas 200
ribu per hari. Konten blog-nya sendiri berisi tentang tips perawatan burung,
yang membantu permasalahan para kicau mania.
Apabila Anda gemar berbagi pengetahuan
maupun menuangkan hal yang Anda kuasai dalam bentuk tulisan pada blog
pribadi, ini akan menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda. Poinnya adalah,
tentukan tema apapun yang Anda suka, mulai blog Anda, dan Anda akan mendapatkan
banyak uang dari sana.
Bagi Anda yang hobi jalan-jalan, misalnya, Anda bisa berbagi
pengetahuan melalui blog mengenai tempat-tempat menarik yang Anda
kunjungi.
2. Mengasah Kemampuan Menulis
Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan
menulis. Tentu Anda pun dapat melakukannya. Anda dapat memulai dengan menulis
artikel dalam topik tertentu secara rutin. Hal inilah yang dilakukan oleh para
blogger, mereka menghabiskan waktunya dengan menulis. Semakin sering Anda
menulis, semakin baik tulisan yang Anda hasilkan.
Hal ini pun telah dibuktikan oleh Raditya Dika, yang
mengawali karirnya sebagai penulis dengan membuat sebuah blog. Selain itu, ada
pula blogger nyentrik Magelang bernama Agus
Mulyadi yang sudah menghasilkan beberapa buku. Semuanya berawal
dari blog!
3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online
Bagi Anda yang ingin mencari tambahan pemasukan, Anda dapat
melakukannya dengan cara
membuat blog. Saran kami, buatlah satu blog terlebih dahulu sesuai dengan
tema yang Anda kuasai, kemudian maksimalkan dari sana.
Perlu diingat, menghasilkan uang melalui sebuah blog
seringkali tidak langsung terlihat hasilnya. Sama seperti resep sukses para
pebisnis, mengasuh blog membutuhkan ketekunan dalam membuat serta menerbitkan
artikel secara rutin. Misalnya, sehari dua kali, atau dua hari sekali.
Setelah pengunjung Anda bertambah banyak, untuk mendapatkan
pemasukan Anda dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network.
Selain memasang iklan, Anda juga dapat menjual produk yang Anda
miliki sesuai tema blog Anda agar lebih tertarget. Sebagai contoh, jika blog
Anda membahas tentang tips fashion, Anda juga bisa menjual barang yang
berhubungan dengan fashion. Demikian halnya dengan tema blog lain. Anda dapat
menjual apa saja!
4. Membangun Jaringan
Membangun jaringan secara offline tentu
tidak mudah, terutama jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk bergaul dan
berjejaring. Blog dapat membantu mengatasi kesulitan Anda dengan mudah.
Anda dapat mulai dengan menulis hal-hal bermanfaat dan menarik
sesuai bidang yang Anda sukai. Ketika para pembaca tertarik dengan tulisan Anda,
mereka akan mengirimkan pesan atau komentar mengenai hal yang Anda tulis.
Nah, sebelum mereka menuliskan komentar, Anda dapat menetapkan
alamat email atau nomor telepon sebagai persyaratan penulisan komentar.
Selanjutnya, setelah Anda memiliki rincian kontak mereka, Anda dapat
menggunakannya untuk mailing list maupun mempromosikan produk/layanan Anda!
5. Menjual Produk
Jika Anda memiliki usaha offline,
blog dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan setiap
harinya. Langkah ini menawarkan solusi bagi banyak permasalahan sekaligus,
bahkan dapat menyiasati lokasi tempat usaha yang kurang strategis. Manfaat blog
bisa mulai Anda dapatkan ketika produk-produk yang dijual mulai tampil di dunia
online.
Hal serupa benar-benar dirasakan oleh pengusaha durian asal
Medan. Pada awalnya, usaha durian miliknya hadir di dunia online melalui sebuah
blog. Tidak perlu menunggu terlalu lama, omzetnya langsung melejit dalam kurun
waktu satu bulan mencapai sekitar Rp 2,2 M. Semua bisa ia dapatkan hanya dengan
berjualan buah durian. Simak wawancara lengkapnya di artikel berikut ini.
Mungkin produk unggulan Anda bukanlah buah durian. Meskipun demikian,
tidak ada salahnya untuk mencoba membuat blog dan mulai mempromosikan
produk/layanan yang Anda miliki.
[ecko_alert color=”gray”]Apabila tidak memiliki produk untuk
dijual, Anda tetap dapat menjalankan bisnis tanpa memiliki produk. Panduan
lengkapnya dapat Anda lihat dalam ebook Panduan Cara Bisnis
Online Tanpa Produk.[/ecko_alert]
6. Pekerjaan yang Lebih Baik
Saat ini mencari pekerjaan
bukanlah hal mudah, terlebih jika Anda tidak memiliki keahlian yang mumpuni.
Bayangkan saja, setiap tahun selalu bertambah banyak jumlah lulusan baru yang
membutuhkan pekerjaan, mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi.
Berdasarkan MediaBistro,
sembilan dari sepuluh perusahaan akan mencari melihat profile secara online
sebelum merekrut karyawan. Hampir 43 persen peserta survey tersebut mengatakan
bahwa mereka mendapatkan kandidat berkualitas dengan cara ini.
Berdasarkan hal tersebut, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak
memiliki blog. Blog ini nantinya bisa Anda isi dengan tulisan, foto, maupun
proyek atau karya yang pernah Anda kerjakan sebelumnya. Memiliki blog adalah
cara cerdas menarik minat perusahaan yang Anda inginkan!
7. Manfaat Blog untuk Bisnis
Memulai usaha atau bisnis tentu bukan perkara mudah.Anda
memerlukan modal yang tidak sedikit untuk sekedar menyewa tempat yang layak,
misalnya. Ketika nantinya pelanggan mulai berdatangan, terdapat banyak batasan
yang berpotensi menghambat perkembangan bisnis Anda. Jika dihubungkan dengan
tempat, bisa jadi Anda kehabisan space tempat sehingga harus memperluas ukuran
fisik ruang usaha Anda maupun pindah tempat.
Blog bisa Anda manfaatkan secara spesifik untuk bisnis. Sebagai
contoh, Anda dapat mulai dengan menuliskan review produk yang Anda jual. Ketika
blog Anda semakin ramai, Anda bisa memasang tarif apabila ada produk yang ingin
diulas dalam blog Anda.
Model bisnis online seperti ini semakin marak dalam beberapa
tahun belakangan. Anda bahkan tidak memerlukan modal serta ruang usaha terlalu
besar untuk memulai.
8. Bangun Kepercayaan
Sebagian besar orang tidak akan
menjalin kerja sama dengan orang lain tanpa mengetahui latar belakang berikut
kemampuan yang dimiliki. Tentu tidak mudah meraih kepercayaan dari orang lain
dalam waktu singkat, bukan?
Anda tidak bisa membeli kepercayaan begitu saja. Namun, blog
yang Anda miliki dapat meningkatkan kepercayaan para pembaca terhadap Anda
dalam waktu singkat. Caranya, Anda hanya perlu menuliskan hal-hal yang
bermanfaat bagi pembaca sesuai topik yang mereka sukai. Citrakan diri Anda
sebagai figur yang ‘dapat diandalkan’ dan berwawasan luas. Selanjutnya mereka
akan lebih mempercayai Anda.
Cara ini efektif untuk menampilkan citra Anda di hadapan
orang yang baru Anda kenal.
9. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan
Blog dapat Anda jadikan senjata
memperoleh lebih banyak klien. Misalkan Anda telah memiliki suatu bisnis yang
menjual sepatu. Nah, Anda dapat memanfaatkan blog dengan terus-menerus menulis
artikel mengenai sepatu, baik tentang sepatu yang Anda jual maupun sepatu yang
tidak ada di toko Anda.
Konten yang Anda terbitkan secara teratur ini nantinya akan jadi
seperti bola salju. Semakin sering Anda menerbitkan artikel secara rutin,
semakin banyak pembaca yang datang berkunjung ke website Anda. Ini juga akan
meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis sepatu Anda.
Tentu saja, frekuensi
artikel yang terbit bukanlah satu-satunya tolok ukur utama. Anda perlu
memperhatikan kontennya. Buat konten sebaik-baiknya dan utamakan konten yang
sekiranya dapat menyelesaikan permasalahan para pelanggan. Setelah itu
terbitkan artikel baru sesering mungkin. Calon pelanggan akan datang membanjiri
blog yang Anda miliki dengan sendirinya.