Total Tayangan Halaman

Kamis, 28 Januari 2021

Materi Daring Informatika Kelas 7 "KD 2.1 Pemrograman Visual - Pengenalan Flowchart" Kamis 28 Januari 2021

KD 2.1 Pomrograman Visual – 

2.3.1 Sistem Flowchart

 

Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat Memahami konsep pemrograman visual
  • Siswa dapat mengerjakan persoalan atau cerita dengan menggunakan metode penyelesaian algoritma, psoudocode dan menggunakan alur flowchart.  

 

Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Berikut ini adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :

 Flowchart terbagi atas lima jenis, yaitu :

  • Flowchart Sistem (System Flowchart)
  • Flowchart Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
  • Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
  • Flowchart Program (Program Flowchart)
  • Flowchart Proses (Process Flowchart)

1.     Flowchart Sistem

Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan dekripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.

Flowchart Sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data itu. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online (dihubungkan langsung dengan komputer) atau offline (tidak dihubungkan langsung dengan komputer, misalnya mesin tik, cash register atau kalkulator).

2.     Flowchart Dokumen

Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. Bagan alir dokumen ini menggunakan simbol-simbol yang sama dengan yang digunakan di dalam bagan alir sistem.

3.     Flowchart Skematik

Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan alir. Penggunaan gambar-gambar ini memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama menggambarnya.

4.     Flowchart Program

Bagan alir program (program flowchart) merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.

Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alir logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.

5.     Flowchart Proses

Flowchart Proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Bagan alir proses menggunakan lima buah simbol tersendiri seperti terlihat pada tabel di bawah ini.

Flowchart Proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses-proses manufacturing. Dalam analisis sistem, flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri alur suatu laporan atau form.

Jenis flowchart dan perbedaanya

Flowchart adalah sekumpulan gambar – gambar tertentu untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan diterjemahkan ke salah satu bahasa pemrograman. Kegunaan flowchart sama seperti halnya algoritma yaitu untuk menuliskan alur program tetapi dalam bentuk gambar atau symbol.

Flowchart dibagi menjadi dua (2) bagian, yaitu :
1. Flowchart yang menggambarkan alur suatu sistem
2. Flowchart yang menggambarkan alur dari suatu program.

Perbedaan DFD dan Flowchart

Perbedaan antara DFD dan Flowchart

6.     DFD menunjukkan alur data di suatu sistem sedangkan flowchart sistem menjelaskan alur kerja atau prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem

7.     DFD prosesnya dapat dilakukan serentak atau pararel sedangkan flowchart alur datanya harus urut

8.     DFD tidak ada looping sedangkan flowchart ada looping

9.     DFD tidak ada proses perhitungan sedangkan flowchart ada proses perhitungan

 

TUGAS:
Rangkumlah Materi Diatas dan Buatlah Alur Jalan Dalam Menentukan Luas Keliling Suatu Lingkaran dengan menggunakan Sistem Alur FlowChart....

Kirimkan Tugas dan Rangkuman Beserta Foto Selfie sedang mengerjakan tugas ke WA japri guru mapel....
Selamat Mengerjakan...!!!

 

Materi Daring Informatika Kelas 8 "KD 2.2 PRAKTIK LINTAS BIDANG" 2.2.1 Model Pembelajaran Kolaborasi (Collaborative Learning) Kamis 28 Januari 2021

 Materi Informatika

PRAKTIK LINTAS BIDANG

 

4.5.2  KOLABORASI LEWAT TEMATIK.

Tujuan Pembelajaran :  

- Menumbuhkan budaya Informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep Berpikir Komputasional untuk Menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan. 

- Melakukan Kolaborasi Telematika dalam mengerjakan berbagai kegiatan komputasi.

 

A.    LATAR BELAKANG MUNCULNYA MODEL KOLABORASI

Pembelajaran kolaboratif dapat menyediakan peluang untuk menuju pada kesuksesan praktek-praktek pembelajaran. Sebagai teknologi untuk pembelajaran (technology for instruction), pembelajaran kolaboratif melibatkan partisipasi aktif para siswa dan meminimisasi perbedaan-perbedaan antar individu. Pembelajaran kolaboratif telah menambah momentum pendidikan formal dan informal dari dua kekuatan yang bertemu, yaitu:

  1. Realisasi praktek, bahwa hidup di luar kelas memerlukan aktivitas kolaboratif dalam kehidupan di dunia nyata;
  2. Menumbuhkan kesadaran berinteraksi sosial dalam upaya mewujudkan pembelajaran bermakna.

Ide pembelajaran kolaboratif bermula dari perpsektif filosofis terhadap konsep belajar. Untuk dapat belajar, seseorang harus memiliki pasangan. Pada tahun 1916, John Dewey, menulis sebuah buku “Democracy and Education” yang isinya bahwa kelas merupakan cermin masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan nyata. Pemikiran Dewey yang utama tentang pendidikan (Jacob et al., 1996), adalah:

  1. Siswa hendaknya aktif, learning by doing
  2. Belajar hendaknya didasari motivasi intrinsik
  3. Pengetahuan adalah berkembang, tidak bersifat tetap
  4. Kegiatan belajar hendaknya sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa
  5. Pendidikan harus mencakup kegiatan belajar dengan prinsip saling memahami dan saling menghormati satu sama lain, artinya prosedur demokratis sangat penting.
  6. Kegiatan belajar hendaknya berhubungan dengan dunia nyata dan bertujuan mengembangkan dunia tersebut.

Metode kolaboratif didasarkan pada asumsi-asumsi mengenai siswa proses belajar sebagai berikut (Smith & MacGregor, 1992):

1.      Belajar itu aktif dan konstruktif

Untuk mempelajari bahan pelajaran, siswa harus terlibat secara aktif dengan bahan itu. Siswa perlu mengintegrasikan bahan baru ini dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Siswa membangun makna atau mencipta sesuatu yang baru yang terkait dengan bahan pelajaran.

2.      Belajar itu bergantung konteks

Kegiatan pembelajaran menghadapkan siswa pada tugas atau masalah menantang yang terkait dengan konteks yang sudah dikenal siswa. Siswa terlibat langsung dalam penyelesaian tugas atau pemecahan masalah itu.

3.      Siswa itu beraneka latar belakang

Para siswa mempunyai perbedaan dalam banyak hal, seperti latarbelakang, gaya belajar, pengalaman, dan aspirasi. Perbedaan-perbedaan itu diakui dan diterima dalam kegiatan kerjasama, dan bahkan diperlukan untuk meningkatkan mutu pencapaian hasil bersama dalam proses belajar.

4.      Belajar itu bersifat sosial

Proses belajar merupakan proses interaksi sosial yang di dalamnya siswa membangun makna yang diterima bersama.

Menurut Piaget dan Vigotsky, Strategi pembelajaran kolaboratif didukung oleh adanya tiga teori, yaitu:

1.      Teori Kognitif

Teori ini berkaitan dengan terjadinya pertukaran konsep antar anggota kelompok pada pembelajaran kolaboratif sehingga dalam suatu kelompok akan terjadi proses transformasi ilmu pengetahuan pada setiap anggota.

2.      Teori Konstruktivisme Sosial

Pada teori ini terlihat adanya interaksi sosial antar anggota yang akan membantu perkembangan  individu dan meningkatkan sikap saling menghormati pendapat semu anggota semua kelompok.

3.      Teori Motivasi

Advertisement

Teori ini teraplikasi dalam struktur pembelajaran kolaboratif karena pembelajaran tersebut akan memberikan lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk belajar, menambah keberanian anggota untuk memberi pendapat dan menciptakan situasi saling memerlukan pada seluruh anggota dalam kelompok.

Piaget dengan konsepnya “active learning” berpendapat bahwa para siswa belajar lebih baik jika mereka berpikir secara kelompok, menurut  pikiran mereka maka oleh sebab itu menjelaskan sebuah pekerjaan lebih baik menampilkan di depan keras. Piaget juga berpendapat bila suatu kelompok aktif klompok tersebut akan melibatkan yang lain untuk berpikir bersama, sehingga dalam belajar lebih menarik (Smith, B.L. and Mac Gregor, 2004). 


Tugas 1:
Silahkan Materi Di Atas agar di pahami dan di rangkum kedalam buku catatan kalian, kirimkan hasil rangkuman via WA japri guru mapel kalian.

Tugas 2 :
Berikanlah 2 contoh dari model pembelajaran kolaborasi Telematika dan jelaskan,, 


kirimkan hasil rangkuman via WA japri guru mapel kalian di sertai Foto selfie sedang mengerjakan tugas....  
Trimakasih.....
Selamat Mengerjakan..... !!!

Jumat, 22 Januari 2021

Materi Daring TIK kelas 9B "Evaluasi Quiz 1 Genap" Jumat 22 Januari 2021

   

Assalammualaikum Wr. Wb..

Apa kabar Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat walafiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. 

Saat nya kita masuki mata pelajaran TIK kelas 9B Jumat 22 Januari 2021, 

Pertemuan kali ini, siswa/i akan diberikan soal evaluasi untuk diselesaikan tentang pembahasan materi2 Pertemuan-pertemuan sebelumnya secara voice note,, 

Silahkan untuk mengisi absen kehadiran daring secara berurutan pada grup whatsapp kelas 9B yang sudah bapak sediakan.. 


Kirimkan hasil voice note berupa pertanyaan langsung dijawab beserta foto selfie sedang mengikuti Quiz 1 Genap Mapel TIK kelas 9B...

Trima kasih.. 

Wassalam mualaikum wr wb.. 

Materi Daring TIK kelas 9A "Evaluasi Quiz 1 Genap" Jumat 22 Januari 2021

  

Assalammualaikum Wr. Wb..

Apa kabar Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat walafiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. 

Saat nya kita masuki mata pelajaran TIK kelas 9A jumat 22 Januari 2021, 

Pertemuan kali ini, siswa/i akan diberikan soal evaluasi untuk diselesaikan tentang pembahasan materi2 Pertemuan-pertemuan sebelumnya secara voice note,, 

Silahkan untuk mengisi absen kehadiran daring secara berurutan pada grup whatsapp kelas 9A yang sudah bapak sediakan.. 


Kirimkan hasil voice note berupa pertanyaan langsung dijawab beserta foto selfie sedang mengikuti Quiz 1 Genap Mapel Informatika kelas 9A...

Trima kasih.. 

Wassalam mualaikum wr wb.. 

Kamis, 21 Januari 2021

Materi Daring Informatika kelas 7A "Evaluasi Materi (Quiz 1 Genap) Kamis 21 Januari 2021

 

Assalammualaikum Wr. Wb..

Apa kabar Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat walafiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. 

Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA kelas 7A, 21 Januari 2021, 

Pertemuan kali ini, siswa/i akan diberikan soal evaluasi untuk diselesaikan tentang pembahasan materi2 Pertemuan-pertemuan sebelumnya secara voice note,, 

Silahkan untuk mengisi absen kehadiran daring secara berurutan pada grup whatsapp kelas 7A yang sudah bapak sediakan.. 


Kirimkan hasil voice note berupa pertanyaan langsung dijawab beserta foto selfie sedang mengikuti Quiz 1 Genap Mapel Informatika kelas 7...

Trima kasih.. 

Wassalam mualaikum wr wb.. 

Materi Daring Informatika kelas 8A "Quiz 1 Genap" Kamis 21 Januari 2021

 KD. 2.1 Berpikir Komputasional


Assalammualaikum Wr. Wb..

Apa kabar Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat walafiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. 

Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA kelas 8A, 21 Januari 2021, 

Pertemuan kali ini, siswa/i akan diberikan soal evaluasi untuk diselesaikan tentang pembahasan materi2 Pertemuan-pertemuan sebelumnya secara voice note,, 

Silahkan untuk mengisi absen kehadiran daring secara berurutan pada grup whatsapp kelas 8A yang sudah bapak sediakan.. 


Kirimkan hasil voice note berupa pertanyaan langsung dijawab beserta foto selfie sedang mengikuti Quiz 1Genap Mapel Informatika kelas 8...

Trima kasih.. 

Wassalam mualaikum wr wb.. 

Jumat, 15 Januari 2021

Materi Daring TIK Kelas 9B Semester Genap 2021 "Menjelajahi internet dan informasi (Browsing)" Jumat 15 Januari 2021

SK 2. Menggunakan internet untuk memperoleh informasi 

KD 2.1 Berbagai jenis web browser yang ada di internet untuk mengakses web

 Tujuan Pembelajaran :

Siswa diharapkan mampu :

-    Menggunakan perangkat lunak untuk mengakses internet 

-    Membuka nama situs 

B. Menjelajahi internet dan informasi (Browsing)

          Browsing ialah kegiatan menjelajahi internet. Menjelajahi internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website yang ada di internet. Sedangkan alat untuk menjelajah internet disebut Browser.

Sekarang ini banyak ditemui nama-nama browser, seperti Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome dan lain sebagainya. Kita harus menjalankan program browser untuk dapat menjelajahi internet.


Langkah-langkah untuk menjalankan Internet Explorer dari menu Start ialah :

1.    Klik menu Start
2.    Pilihlah Programs.
3.    Carilah Internet Explorer dan kemudian klik.

     
      Jendela Internet Explorer memiliki title bar, menu bar, toolbar, status bar, dan sebagainya. Jendela Internet Explorer juga dilengkapi dengan scroll bar yang akan ditampilkan secara otomatis.

Masing-masing bagian jendela internet akan dijelaskan satu per satu.

 
1. Title Bar
Terdapat pada bagian paling atas jendela Internet Explorer.
 
2. Menu Bar
Terdapat di jendela Internet Explorer.
 
3. Toolbar
Merupakan tombol-tombol dari perintah-perintah yang paling sering digunakan.
 
4. Address Bar
Adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukkan alamat website yang ingin ditampilkan di jendela Internet Explorer.
 
5. Status Bar
Terdapat pada bagian bawah jendela Internet Explorer.
 
6. Task Pane
Adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila kita mengeklik tombol Search, Favorites, dan History.

Istilah-istilah dalam Akses Internet

  Untuk memahami penggunaan berbagai layanan di internet, tentunya kamu harus mengetahui berbagai istilah yang sering dipergunakan. Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan pada berbagai layanan di internet.

  1. INTERNET SERVICE PROVIDER. Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi di Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kamu dapat mengakses Internet dari rumah atau sekolah dengan membayar dalam jumlah tertentu.
  2. AKSES DIAL-UP. Akses dial-up adalah satu metode yang mengoneksikan komputer dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.
  3. APLIKASI WEB BROWSER. Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. Salah satu contoh web browser adalah Internet Explorer.
  4. AOL. American Online adalah layanan komersial yang menyediakan browser Internetnya sendiri.
  5. ARPA. Advanced Research Project Agency adalah lembaga pemerintah yang membiayai  penelitian ARPANET yang menjadi DARPA di tahun tujuh puluhan.
  6. ASCII. Data yang berbentuk huruf, angka, dan tanda-tanda baca.
  7. BACKBONE. Backbone adalah jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.
  8. BANDWITH. Bandwith adalah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.
  9. BBS. Bulletin Board System, yaitu sistem yang memungkinkan pemakainya berhubungan satu dengan yang lainnya melalui komputer, sehinnga dapat mengambil atau mengirim file atau meninggalkan pesan ke pemakainya. BBS ini sebetulnya hampir sama dengan internet.
  10. BITNET. Because It’s Time Network adalah jaringan yang bukan TCP/IP untuk melakukan hubungan dengan universitas kecil tanpa kemampuan akses ke internet.
  11. BPS. Bit Per Second adalah satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data antar komputer.
  12. BROWSING. Browsing adalah metode untuk menjelajahi dunia internet.
  13. CLIENT-SERVER. Client-Server merupakan suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah yang menerima layanan,yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer), sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya (server atau mainframe).
  14. DOMAIN NAME.adalah bagian yang membentuk IP address pada internet.
  15. DOWNLOAD. adalah aktifitas pengambilan data-data yang tersimpan dalam layanan di dunia internet. Data-data yang dapat diambil diantaranya dalam bentuk dokumen teks elektronik, file suara, gambar, video, dan bentuk-bentuk lainnya.
  16. HTTP. Sebuah metode atau protokol untuk men-download file ke komputer. Protokol ini berbasis hypertext, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.
  17. HYPERLINK.  adalah link atau sambungan ke sumber lain, biasanya digunakan dalam membangun sebuah web.
  18. HYPERTEXT.  adalah dokumen online yang terdiri atas tulisan dan gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya. Biasanya untuk melihat hubungan dengan dokumen lain, kita harus menekan tombol mouse pada tampilan layar
  19. INTERNET DEVICE. Internet device adalah alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk berchatting, baik menggunakan teks, suara, gambar, maupun video. Misalnya notebook, handphone dan internet-TV.
  20. IP ADDRESS. Alat numerik unik dari sebuah komputer di internet. IP address komputermu sama dengan nomor teleponmu sendiri dalam fungsinya.
  21. HTML. Format dokumen yang digunakan dalam world wide web. HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.
  22. INTERNET SHARING PC. Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data, dan koneksi internet yang dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan.
  23. INTRANET.  adalah sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakkan jarigan komputer yang ada.
  24. KBIT/S (Kilobits per second). Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer mendownload informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data didalam jaringan. Satu kilobit= 1000 bit.
  25. LOG IN.  adalah proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
  26. LOG OUT.  adalah keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.
  27. MAILING LIST.  adalah sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. 1 pesan dari pesan seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
  28. MULTIMEDIA. merupakan suatu PC, sistem dokumen, dan lain-lain yang mengombinasikan teks, grafik, suara, film, atau media lain.
  29. SEARCH ENGINE. Search engine adalah sebuah (fasilitas) web yang dapat mencari links dari situs lain.
  30. SITUS. Situs adalah sebuah komputer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroups, e-mail, atau halaman web.
  31. TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut internet.
  32. WAP (Wireless Application Protocol). merupakan standart protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan oleh handphone). WAP berbasis pada standart internet dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency, dan keterbatasan bandwith, serta keterbasan perangkat wireless. Desain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasan seperti diatas.
  33. WEB SERVER. adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam World Wide Web.
  34. WEBSITE. adalah suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan dalam server web. Sebuah server web dapat berisi lebih dari satu situsi.

 

Tugas :
Rangkumlah Materi Diatas dan jawablah pertanyaan berikut dengan rinci,

Dalam menyimpan sebuah alamat website, kita dapat lakukan dengan cara menambahkan alamat website tersebut ke Favorites. Sebutkan langkah-langkahnya....!!!

Kirimkan hasil Rangkuman+fotoselfie+tugas latihan ke W.A japri guru mapel disertai Nama lengkap+Kelas+tanggal kirim tugasnya....

Trimakasih atas kerjasamanya...   wassalammualaikum wr wb...

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Teknologi Informasi dan Komunikasi", Jum'at 18 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 18 Oktobe...