3.6 Perangkat Pengolah Angka
Aplikasi Pengolah Angka (Microsoft Excel)
Apersepsi :
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita
semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan
dalam keadaan sehat wal-afiat.
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak
mengganggu jam pembelajaran smua. Saat nya kita masuki
mata pelajaran INFORMATIKA-TIK Kelas 8
hari ini Kamis 4 Maret 2021.
PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan.
A. Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,
1. Membuat sebuah laporan keuangan
2. Membuat Daftar Nilai
3. Membuat daftar hadir
4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung Kurs Mata Uang
6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10. Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat
Kelebihan Ms. Excel
1. Menemukan dengan cepat pola dalam data
2. Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
3. Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja
4. Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
5. The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.
Kegunaan Microsoft Exel yang lain:
• Dalam mengelola data
Penggunaan pengelolaan data biasanya digunakan untuk mencari nilai rata-rata, nilai tengah, dan pencarian nilai max serta nilai min dari sebuah data.
• Pembuatan Grafik
Microsoft Exel dapat digunakan untuk membuat grafik pada tombol Toolbar Chart Wizart. Kita bisa memilih grafik sesuai pilihan yang kita inginkan. Seperti bentuk Lingkaran, kolom, diagram, garis, area, dan scatter. Kemudian kita dapat memilihnya dengan cara mngklik pada Tab Custom Types. Pembuatan grafik ini biasanya digunakan dalam pembuatan grafik perkembangan jumlah penduduk, grafik penjualan sebuah toko, dll.
• Membantu Proses Menghitung
Menghitung tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja saat kita bersekolah, saat kita melakukan transaksi jual-beli, maupun dalam penghitungan data. Kini Microsoft Office telah menediakan suatu program untuk kita gunakan menghitung. Baik perhitungan dasar maupun perhitungan yang kompleks.
• Membuat Laporan Keuangan
Masalah yang lebih kompleks yaitu pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak sekali perhitungan. Laporan keungan ini sering kita jumpai pada perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi resmi. Misalnya bank, perusahaan-perusahaan, dll.
• Operasi Tabel
Jumlah baris yang tersedia pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolomnya hingga 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
• Penggunaan Dalam Fungsi Matematis
Fungsi Max: Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data,
penulisannya : =max(number1,number2,…)
Fungsi Min: Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data,
penulisannya : =max(number1,number2,…)
B. Bagian – Bagian Beserta Fungsi Microsoft Excel
- Office Button, Berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi
- umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, Exit Word.
- Quick Access, Tools yang berisi kumpulan tombol perintah (command button) yang relatif sering digunakan. Contohnya Save, Undo, Redo, Open, New.
- Title Bar, Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu “Book1”.
- Tombol Ukuran, Berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi, apakah Maximize, Minimize, atau Close.
- Menu Bar, Bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.
- Tool Bar, Bagian yang berisikan tool (alat) untuk bekerja di Ms.Excel.
- Name Box, Bagian yang menampilkan nama lokasi sel yang sedang aktif.
- Formula Bar, Bagian yang berfungsi untuk memasukan rumus yang akan digunakan.
- Column, Bagian yang menampilkan bagian kolom yang ditandai dengan huruf alfabet.
- Rows (Baris), Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka.
- Document Area, Bagian lembar kerja Ms.Excel (yang mencakup kolom dan baris).
- Active Cell (Sel Aktif), Merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.
- Tab Worksheet, Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.
- Insert Worksheet, Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.
- Vertical Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan bawah.
- Horizontal Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri.
- Status Bar, Bagian yang menampilkan status lembar.
- Tampilan Layar, Bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.
- Zoom, Bagian yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.
Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :
1. Row Heading
Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.
1. Column Heading
Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).
1. Cell Pointer
Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.
2. Formula Bar
Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .
C. Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :
Tombol |
Fungsi |
← ↑ → ↓ |
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah |
Tab |
Pindah satu sel ke kanan |
Enter |
Pindah satu sel ke bawah |
Shift + Tab |
Pindah satu sel ke kiri |
Shift + Enter |
Pindah satu sel ke atas |
Home |
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih |
Ctrl + Home |
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif |
Ctrl + End |
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan |
PgUp |
Pindah satu layar ke atas |
PgDn |
Pindah satu layar ke bawah |
Alt + PgUp |
Pindah satu layar ke kiri |
Alt + PgDn |
Pindah satu layar ke kanan |
Ctrl + PgUp |
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya |
Ctrl + PgDn |
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya |
D. Format Worksheets
Menambahkan border dan color
Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita. Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan kita beri border, kemudian klik tombol pada tab home
Kemudian pilihlah jenis border yang diinginkan.
Microsoft Excel 2007 menyediakan pula style border yang dapat langsung kita gunakan. Untuk menggunakannya klik tombol CELL STYLES pada tab home :
Merge cells & Allign Cell Contents
Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word. Klik tombol berikut pada tab home.
Dan untuk mengatur alignment klik tombol berikut :
Instruksi:
Rangkum dan Pahamilah Materi Diatas sebagai Bahan praktik Pembelajaran dalam
menggunakan program Ms. Office Excel pada komputer PC/Laptop/HP android/Tablet kalian.
Kirimkan hasil rangkuman via WA kepada Guru Mapel...
Jika masih ada yang belum di mengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...