Total Tayangan Halaman

Rabu, 03 Maret 2021

Materi Daring Informatika Kelas 8 "KD 3.6 APLIKASI PENGOLAH ANGKA - Pengenalan microsoft Office Excel" Kamis 4 Maret 2021

 3.6 Perangkat Pengolah Angka 

Aplikasi Pengolah Angka (Microsoft Excel)

Tujuan Pembelajaran :  
Peserta didik Mampu menerapkan paket program pengolah angka dengan SOP dan mengolah data menggunakan paket program pengolah angka, berdasarkan sel, rumus matematikadan statistika.

Apersepsi :
Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat wal-afiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA-TIK Kelas 8 hari ini Kamis 4 Maret 2021.

 

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007

 Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan.

 

A.     Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,

1.    Membuat sebuah laporan keuangan

2.    Membuat Daftar Nilai

3.    Membuat daftar hadir

4.    Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat

5.    Menghitung Kurs Mata Uang

6.    Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan

7.    Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran

8.    Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

9.    Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah

10.  Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat

 

Kelebihan Ms. Excel

1.    Menemukan dengan cepat pola dalam data

2.    Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat

3.    Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja

4.    Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.

5.    The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.

 

Kegunaan Microsoft Exel yang lain:

       Dalam mengelola data

Penggunaan pengelolaan data biasanya digunakan untuk mencari nilai rata-rata, nilai tengah, dan pencarian nilai max serta nilai min dari sebuah data.

       Pembuatan Grafik

Microsoft Exel dapat digunakan untuk membuat grafik pada tombol Toolbar Chart Wizart. Kita bisa memilih grafik sesuai pilihan yang kita inginkan. Seperti bentuk Lingkaran, kolom, diagram, garis, area, dan scatter. Kemudian kita dapat memilihnya dengan cara mngklik pada Tab Custom Types. Pembuatan grafik ini biasanya digunakan dalam pembuatan grafik perkembangan jumlah penduduk, grafik penjualan sebuah toko, dll.

       Membantu Proses Menghitung

Menghitung tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja saat kita bersekolah, saat kita melakukan transaksi jual-beli, maupun dalam penghitungan data. Kini Microsoft Office telah menediakan suatu program untuk kita gunakan menghitung. Baik perhitungan dasar maupun perhitungan yang kompleks.

       Membuat Laporan Keuangan

Masalah yang lebih kompleks yaitu pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak sekali perhitungan. Laporan keungan ini sering kita jumpai pada perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi resmi. Misalnya bank, perusahaan-perusahaan, dll.

       Operasi Tabel

Jumlah baris yang tersedia pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolomnya hingga 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

       Penggunaan Dalam Fungsi Matematis

Fungsi Max: Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data,

penulisannya : =max(number1,number2,…)

Fungsi Min: Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data,

penulisannya : =max(number1,number2,…)

 

B.    Bagian – Bagian Beserta Fungsi Microsoft Excel

  1. Office Button, Berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi
  2. umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, Exit Word.
  3. Quick Access, Tools yang berisi kumpulan tombol perintah (command button) yang relatif sering digunakan. Contohnya Save, Undo, Redo, Open, New.
  4. Title Bar, Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu “Book1”.
  5. Tombol Ukuran, Berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi, apakah Maximize, Minimize, atau Close.
  6. Menu Bar, Bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.
  7. Tool Bar, Bagian yang berisikan tool (alat) untuk bekerja di Ms.Excel.
  8. Name Box, Bagian yang menampilkan nama lokasi sel yang sedang aktif.
  9. Formula Bar, Bagian yang berfungsi untuk memasukan rumus yang akan digunakan.
  10. Column, Bagian yang menampilkan bagian kolom yang ditandai dengan huruf alfabet.
  11. Rows (Baris), Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka.
  12. Document Area, Bagian lembar kerja Ms.Excel (yang mencakup kolom dan baris).
  13. Active Cell (Sel Aktif), Merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.
  14. Tab Worksheet, Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.
  15. Insert Worksheet, Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.
  16. Vertical Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan bawah.
  17. Horizontal Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri.
  18. Status Bar, Bagian yang menampilkan status lembar.
  19. Tampilan Layar, Bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.
  20. Zoom, Bagian yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.

Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :

1.    Row Heading

Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.

 


1.    Column Heading

Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).

 

 

1.    Cell Pointer

Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.

2.    Formula Bar

Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .

 

C.   Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)

Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :

Tombol

Fungsi

← ↑ → ↓

Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah

Tab

Pindah satu sel ke kanan

Enter

Pindah satu sel ke bawah

Shift + Tab

Pindah satu sel ke kiri

Shift + Enter

Pindah satu sel ke atas

Home

Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih

Ctrl + Home

Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif

Ctrl + End

Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan

PgUp

Pindah satu layar ke atas

PgDn

Pindah satu layar ke bawah

Alt + PgUp

Pindah satu layar ke kiri

Alt + PgDn

Pindah satu layar ke kanan

Ctrl + PgUp

Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya

Ctrl + PgDn

Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya

 

D.   Format Worksheets

Menambahkan border dan color

Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita. Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan kita beri border, kemudian  klik tombol pada tab home

 

Kemudian pilihlah jenis border yang diinginkan.

Microsoft Excel 2007 menyediakan pula style border yang dapat langsung kita gunakan. Untuk menggunakannya klik tombol CELL STYLES pada tab home :

 

Merge cells & Allign Cell Contents


Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word.  Klik tombol berikut pada tab home.

Dan untuk mengatur alignment klik tombol berikut :

 

 

Instruksi:
Rangkum dan Pahamilah Materi Diatas sebagai Bahan praktik Pembelajaran dalam menggunakan program Ms. Office Excel pada komputer PC/Laptop/HP android/Tablet kalian.

Kirimkan hasil rangkuman via WA kepada Guru Mapel...

Jika masih ada yang belum di mengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...

Selasa, 02 Maret 2021

Materi Daring Informatika Kelas 7 "KD 2.5 - Kolaborasi Dalam Masyarakat Digital" Selasa 2 Maret 2021

KD 2.4 Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Tujuan Pembelajaran :

  Memahami pengeratian dari kolaborasi dalam masyarakat digital

  Mengenal berbagai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kolaborasi

  Memahami berbagai bentuk Kolaborasi dalam industri

 Apersepsi: 

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat wal-afiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA Kelas 7A hari ini Selasa 2 Maret 2021 dengan Materi Baru BAB 2.4 Dampak Sosial Informatika..,  Selamat belajar....!!!

A.     Konsep Dan Pemanfaatannya

A.a    Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Kolaborasi dapat di definisikan sebagai kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama.

Masyarakat digital sendiri adalah

  1. Masyarakat yang telah terbiasa dengan teknologi digital disebut dengan masyarakat digital. Masyarakat digital adalah masyarakat yang mampu menerapkan teknologi informasi ke dalam kesehariaanya.
  2. Secara umum perbedaan yang terjadi adalah sifat individualisme yang muncul karena kurangnya kegiatan interaksi sosial di dunia nyata.

  1.  Jenis Kolaborasi Berdasarkan Cara Pembentukan dan Tujuan Kolaborasi

 a) Kolaborasi Tim

Kolaborasi Tim adalah kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja dengan masing-masing anggota rim mempunyai tugas, batasan waktu, dan tujuan yang sudah dinyatakan secara jelas.

Contoh: Guru membentuk Tim kerja yang terdiri dari 5 anak dan diberikan tugas untuk mengembangkan program dalam bentuk game. Untuk menyelesaikan proyek tersebut, tim harus membagi tugas ke masing-masing anggota tim.

b) Kolaborasi Komunitas

Kolaborasi komunitas adalah kolaborasi yang dilakukan karena adanya kesamaan minat dan ketertarikan dari anggota komunitas.

Contoh: Komunitas pengguna Linux menggembangkan software gratis.

c) Kolaborasi Jaringan

Kolaborasi jaringan adalah kolaborasi yang dibangun karena adanya hubungan atau ikatan yang sudah dibangun terlebih dahulu. Jaringan tersebut dibangun berdasarkan berbagai ikatan tertentu, seperti hubungan kerja, sahabat, kolega, teman sekolah, keluarga atau kesamaan kepentingan.

Contoh: Organisasi seperti hotel, jasa transportasi, restoran, penyedia jasa aktivitas wisata dan biro perjalanan, membangun jaringan untuk membangun industri pariwisata setempat.

 2.   Jenis Kolaborasi Berdasarkan Metode atau Perangkat

 a) Kolaborasi Sederhana

Kolaborasi sederhana dilakukan dalam bentuk dialog, pemberian pesan, dan memberikan umpan balik terhadap pekerjaan. Kolaborasi jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan media komunikasi, seperti aplikasi messenger, chatting dan video konferensi.

 b) Kolaborasi Dokumen

Kolaborasi dokumen adalah kolaborasi yang dilakukan untuk menghasilkan dokumen yang menjadi hasil dari kerja sama yang dilakukan.

Contoh: Kamu bekerja secara tim untuk menyelesaikan laporan praktikum IPA. Pada kolaborasi jenis ini akan dibutuhkan sharing dokumen antara anggota tim.

 c) Kolaborasi Struktur

Kolaborasi terstruktur mempunyai prosedur, aturan dan batasan yang harus diperhatikan oleh pihak-pihak yang terlibat.

Contoh: Kolaborasi antar pemasok (supplier), produsen, distributor, dan penjual (retailer). Masing – masing pihak terlibat dalam kolaborasi dengan aturan, prosedur dan batasan yang sudah disepakati.

 3.   Teknologi Pendukung Kolaborasi

Beberapa teknologi yang tersedia untuk mendukung keperluan kolaborasi di era teknologi saat ini banyak perangkat lunak atau platform, diantaranya sebagi berikut.

a) Aplikasi Rapat Online

Aplikasi rapat online adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan konferensi melalui jaringan internet.

Contoh: Skype, Google Meet, Microsoft Teams, Zoom Meeting dan Facetime

b) Aplikasi Pengirim Pesan

Saat ini banyak aplikasi pengiriman pesan yang dapat digunakan baik dari perangkat komputer personal maupun dari perangkat mobile. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan fitur artificial intellegence yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian dihistori yang tidak terbatas. Fitur ini juga memiliki kemampuan untuk memperkirakan jawaban pengguna sehingga akan mengurangi waktu yang digunakan untuk mengetik pesan.

Contoh: WhatsApp, Line, Facebook Mesenger, Chanty, Slack, dll

c) Pengelola Email

Aplikasi pengelola email adalah aplikasi yang digunakan untuk menerima, membaca, mengirimkan, dan mengelola email.

Contoh: Mailbird, Hiri, Opera mail, mozilla Thunderbird, Microsoft outlook.

d) Perangkat Lunak untuk Desain

Ketika bekerja dengan proyek desain, kita perlu berkolaborasi dengan kolega dalam satu tim ataupun dengan klien yang menjadi pelanggan kita. Untuk memudahkan pengerjaan proyek desain yang bersifat kolaborasi kita memerlukan perangkat lunak yang dapat mengakomodasi kolaborasi kerja.

Contoh: Invision, Mural, Concept Inbox, Cage, Viewflux, Zeplin, Preview, Red Pen, GoVisually, Logo maker, dan Fluid UI

e) Perangkat Lunak Dokumen

Saat ini banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat dokumen dengan cara kolaborasi. Aplikasi tersebut pada umumnya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengedit dokumen secara real time, sharing dokumen dan fitur untuk bekerja secara kolaborasi.

Contoh: Google Docs, Office Online, Etherpad dan Zoho

f) Berbagi file

Banyak aplikasi untuk berbagi file diantaranya: Google Drive, DropBox, OneDrive, HightTail, MediaFire dan SugarSyinc. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan fitur sinkronisasi online, artinya setiap perubahan yang dilakukan dikomputer kamu akan diikuti oleh perubahan dari dokumen yang disimpan di Cloud.

g) Perangkat Lunak untuk Manajemen Proyek

Ketika bekerja dengan anggota tim, ada baiknya pimpinan proyek dapat mengetahui perkembangan setiap pekerjaan (task) yang dilakukan dan apa yang sedang dikerjakan oleh setiap anggota tim. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang dapat mengelola pekerjaan-pekerjaan yang ada dan anggota tim yang terlibat.

Contoh aplikasi untuk mengelola proyek: Asana, Podio, Trello, BaseCamp, ProofHub, Wrike, LiqidPlanner, WorkflowMaz, dan Zoho Projects.

 

Instruksi:
Pahami dan Rangkumlah materi di Atas Untuk dijadikan bahan pembelajaran dirumah..

Soal Tambahan Nilai Postest:

Jawablah Pertanyaan Dibawahini dengan benar dan jelas...!!!

  1. Jelaskan Apa yangdimaksud dengan Kolaborasi dan masyarakat digital..? 
  2. Tuliskan beberapa jenis perangkat yang digunakan untuk mendukung kolaborasi...
  3.  Berdasarkan Video Pembelajaran diatas, Kolaborasi manakah yang pernah kalian lakukan...?

Kirimkan hasil rangkuman dan jawaban soal via WA kepada Guru Mapel...

Jika masih ada yang belum di mengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...