Materi TIK-Informatika Kelas 8
Senin 20 September 2021
Apersepsi:
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam
keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran
daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada
siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha
diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua.
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 20 September 2021,
Materi
Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan minggu
lalu dan pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang Algoritma dan Pmrograman. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : Algoritma dan Pemrograman
KD : 3.3 Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.
Kegiatan Pembelajaran : Mengenal macam-macam tipe data dan tipe variabel
Tujuan Pembelajaran :
- Memahami cara menggeneralisasi masalah untuk membangun Algoritma
- Memahami dan menjelaskan macam-macam tipe data dan tipe variabel serta untuk mengetahui penggunaan berbagai Tipe Data
Indikator :
- Siswa
mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitf gerakan, menuliskan
instruksi. JIka tidak ada robot, dapat menggunakan benda-benda yang ada.
- Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi dan apa yang dilakukan oleh program di komputer.
- Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value
TIPE DATA & VARIABEL
Tipe Data
Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis
nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Apabila kita membutuhkan tipe
data yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang
disebut enumerated type. Tipe data juga merupakan jenis data yang dapat diolah
oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap
variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan
dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau
konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori
komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data
yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Ada
banyak tipe data yang tersedia, tergantung jenis bahasa pemrograman yang
dipakai.
A. Macam - Macam Tipe Data
1. Tipe Data Sederhana
Merupakan tipe data dasar yang
sering digunakan programmer.
•
Integer (Bilangan Bulat).
Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan
untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan untuk suatu
perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767
kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada
sebagai longint(4 byte). Didalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta
untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa
menggunakannya didalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya.
Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
=> Penggolongan Tipe Data
Integer
Tipe data
|
Ukuran
|
Tempat Rentang Nilai
|
Byte
|
1 Byte
|
0 s/d +255
|
Shortint
|
1 Byte
|
-28 s/d +127
|
Integer
|
2 Byte
|
-32768 s/d 32767
|
Word
|
2 Byte
|
0 s/d 65535
|
Longint
|
4 Byte
|
2147483648 s/d 2147483647
|
Tipe
data
Ukuran Tempat
Rentang Nilai
Byte 1 Byte 0 s/d
+255
Shortint 1 Byte -28 s/d +127
Integer 2 Byte -32768 s/d 32767
Word 2 Byte 0 s/d 65535
Longint 4 Byte 2147483648 s/d 2147483647
•
Real ( Bilangan Pecahan )
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan
pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan
real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10.
Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
=> Penggolongan Tipe Data Real
Tipe data
|
Ukuran
|
Tempat Rentang Nilai
|
Real
|
6 Byte
|
2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
|
Single
|
4 Byte
|
2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
|
Double
|
8 Byte
|
5.0 x 10-324 s/d 1.7 x10308
|
Extended
|
10 Byte
|
3.4 x 10-4932 s/d 1.1
x104932
|
Comp
|
8 Byte
|
3.4 x 10-4932 s/d 1.1
x104932
|
Tipe data Ukuran
Tempat Rentang Nilai
Real 6
Byte 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
Single 4
Byte 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
Double 8
Byte 5.0 x 10-324 s/d 1.7 x10308
Extended 10
Byte 3.4 x
10-4932 s/d 1.1 x104932
Comp 8
Byte 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932
macam yang terdapat dalam tabel ASCII (American
Standard Code for Information Interchange).
• Bolean ( Logika )
Merupakan tipe data logika, yang berisi dua
kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for Windows
memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,WordBool, dan LongBool. Tipe
Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk
menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.
=> Penggolongan tipe data bolean
Tipe data
|
Ukuran Tempat
|
Boolean
|
1 Byte
|
WordBool
|
2 Byte
|
LonggBool
|
3 Byte
|
Tipe
data Ukuran Tempat
Boolean
1 Byte
WordBool
2 Byte
LonggBool 3
Byte
2. Tipe Data Terstruktur
Tipe ini terdiri atas : array,
record, set, dan file.
String adalah tipe data jenis array, tetapi karena
string memiliki kekhasan tersendiri sebagai array dari karakter maka penulis
perlu memberikan penjelasan tersendiri. Sedangkan untuk array, record, dan file
perlu dijelaskan dalam bab yang lain karena agak banyak hal-hal yang perlu
dibahas, seperti :
•
Tipe Data String
Merupakan suatu data yang menyimpan array (larik),sebagai
contoh: 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte
karakter.
•
Array
Suatu array adalah sebuah struktur data yang
terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen
variabel mempunyai nilai indeks. Setiap elemen array mampu untuk menyimpan satu
jenis data (yaitu: variabel).
•
Record
Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field.
Tiap field berisi data dari tipe dasar /bentukan tertentu. Record mempunyai kelebihan
untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen data yang berbeda-beda tipenya
(dibanding array).
Variabel
Variabel dapat
didefinisikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang memiliki suatu Tipe
data, variabel ini akan diwakili oleh suatu lokasi di memori komputer kita.
Dengan menggunakan nama variabel ini kita akan dapat mengakses data yang
tersimpan di memori tersebut.
Penamaan Variabel
Aturan dalam pembuatan variable adalah sebagai
berikut :
• Terdiri dari huruf, angka dan under score (_)
• Nama harus diawali dengan huruf. Under score juga dapat digunakan untuk
mengawali nama suatu variabel tetapi ini tidak disarankan.
• C# adalah bahasa yang case sensitif, variabel dengan nama umur tidak sama
dengan Umur.
• Keyword tidak bisa digunakan sebagai nama variabel, kecuali kalau keyword ini
diawali dengan karakter @.
Ada 3 cara dalam mendeklarasikan/penulisan Variabel
adalah sebagai berikut
1. TypeData Nama_variabel;
Contoh :
string nama_barang;
int jumlah;
nama_barang=”Buku”;
jumlah=2;
2. TypeData Nama_variabel=initial_value
Initial_value adalah nilai awal yang diberikan
terhadap variable tersebut ketika variable tersebut pertama kali dibaca
Contoh :
string nama_barang=”Buku”;
int jumlah=2;
3. TypeData Nama_variabel1, Nama_variabel2,
Nama_variabel2;
Apabila ada beberapa variable yang mememiliki tipe
data yang sama maka dapat ditulis sebagai berikut :
string kode_barang,nama_barang;
Instruksi:
Pahami dan Rangkumlah materi di Atas sebagai acuan pembelajaran Algoritma dan Pemrograman Tpe Data dan Variabel ..
Kirimkan via W.A kepada Guru Mapel disertai foto selfie kalian sedang merangkum Materi tersebut,,,
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas,
siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...