Materi TIK-Informatika Kelas 8 Senin 4 Oktober 2021
Apersepsi:
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua.
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 4 Oktober 2021, Materi Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan minggu lalu dan pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang Algoritma dan Pmrograman. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : Algoritma dan Pemrograman
KD :4.1 Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis Algoritma pemrograman sederhana dengan psoudocode dan alur flowchart.
Kegiatan Pembelajaran : Mengenal macam-macam tipe data dan tipe variabel
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memahami pengertian algoritma dan pemrograman.
- Siswa dapat mendefinisikan variabel dan tipe data.
- Siswa dapat membuat robot dengan program sederhana.
- Untuk memahami cara penggunaan Operator perbandingan dan logika pada aplikasi Scratch yang akan di pelajari
Indikator :
- Memahami pengertian algoritma dan pemrograman.
- Mendefinisikan variabel dan tipe data.
- Membuat robot dengan program sederhana.
1. Operator Perbandingan Dan Logika
Operator Perbandingan = Merupakan operator yang digunakan untuk membandingkan dua nilai.
Sedangkan Operator logika = merupakan operator yang digunakan untuk menguji satu atau lebih kondisi logika.
Aplikasi scratch mempunyai 3 jenis operator perbandingan yang dapat digunakan sebagai syarat kondisi, yaitu : - Lebih Besar (>)
- Lebih Kecil (<)
- Sama dengan (=)
1. Operator Lebih Kecil (<) digunakan untuk menguji apakah suatu nilai lebih kecil dari nilai yang dijadikan acuannya.
2. Operator Lebih Besar (<) digunakan untuk menguji apakah suatu nilai lebih besar dari nilai yang dijadikan acuannya.
3. Operator sama dengan (<) digunakan untuk menguji apakah suatu nilai sama dengan nilai yang dijadikan acuannya.
Hasil Perbandingannya :
- Perbandingan : Nilai Ujian < 80, Benilai True
- Perbandingan : Nilai Ujian > 80, Bernilai False
- Perbandingan : Nilai Ujian = 80, Bernilai False
X | Y | X AND Y | X OR Y | NOT X |
True | True | True | True | False |
True | False | False | True | False |
False | True | False | True | True |
False | False | False | False | True |
Berdasrkan Tabel :
- Operator And akan mengembalikan nilai True jika kedua syarat terpenuhi.
- Operator Or akan bernilai True jika salah satu syarat terpenuhi,
- Operator Not akan bernilai True jika hasil pengujian berniulai salah dan sebaliknya.
Perlu diingat bahwa aplikasi Scratch tidak mempunyai operator perbandingan yang dapat digunakan untuk mengakomodasi operasi “lebih besar dari atau sama dengan” dan “lebih kecil dari atau sama dengan“. Oleh karena itu, unutk melakukan kedua operasi tersebut , harus menggabungkan dua operator perbandingan yang berbeda.
Sebagai contoh :
Operasi “Lebih kecil dari atau sama dengan 90” dapat dilakukan dengan menggabungkan blok perintah ”lebih kecil dari “ dan “sama dengan” serta menggunakan blok perintah “Or” diantaranya.
Silahkan agar materi diatas berikut dirangkum kedalam buku catatan.. Rangkuman di kirimkan beserta foto selfie sedang merangkum
Terimakasih...