Total Tayangan Halaman

Selasa, 17 Januari 2023

Materi Daring TIK-Informatika kelas 8 Semester Genap "Analisis Data", Selasa 17 Januari 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Selasa 17 Januari 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Analisis Data . Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : 2.1 Analisis Data

 

KD :   3.6     Mengidentifikasi menu pada ikon pada perangkat lunak pengolah angka
4.6.1  Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
4.6.2 .Membuat dokumen pengolah angka  sederhana


Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi mouse dan keyboard.
  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada standard menu bar Microsoft Excel dengan menggunakan fungsi mouse dan keyboard

Indikator Pembelajaran :

  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar Microsoft Excel 
  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada standar menu Microsoft Excel
  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu Microsoft Excel
  • Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu Microsoft Excel

Menggunakan menu dan ikon pada menu Formating Microsoft Excel (Pertemuan 3)


1. Mengcopy dan Memindahkan Isi Sel Mengcopy Sel

Memindahkan Sel

 

2.      Membuat Nomor & Bulan Berurut

 
  
Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah

3.      Menggabungkan Sel

  •    Blok sel yang ingin digabungkan
  •    Pilih menu Format – Cells
  •    Klik Alignment
  •    Tandai / klik Merge Cells – Ok Atau
  •    Blok sel yang ingin digabungkan secara berurutan
  •    Klik icon

4.      Mengetengahkan Teks

  •    Klik tab Home
  •    Klik di tanda panah icon Alignment
  •    Klik Alignment
  •    Pada Horizontal pilih Center
  •    Pada Vertical pilih Center
  •    Klik Ok

5.      Mengatur Tata Letak Teks

  •    Klik sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya
  •    Klik Alignment
  •    Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan tek


1.      Membuat Garis Tabel

  •  Blok seluruh sel yang ingin diberi garis tabe
  •    Klik Alignment
  •    Klik Border
  •    Pilih garis tabel yang ingin Anda masukkan
  •    Ok

2.      Membuat Simbol Mata Uang

  •    Blok semua angka yang ingin diberi simbul mata uang
  •    Klik Alignment
  •    Pilih Number
  •    Klik Accounting
  •    Pilih mata uang di Symbol
  •    Isikan angka 0 (nol) pada Decimal Places
  •    Klik Ok

3.      Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka

  • Blok semua sel yang berisi angka
  • Klik Alignment
  • Klik Number – Custom
  • Pada Type tuliskan 0 “unit” (untuk nama satuan unit)
  • Klik OK


Selengkapnya Ikuti Praktikum nya di ruang Lab.Komputer

Latihan:
Praktikkanlah pada komputer di ruang Leb. Komputer langkah-langkah mengelola sheet menggunakan Menu Format kemudian jelaskanlah...!

Silahkan di lengkapi Materi Pelajari diatas sebagai bahan pembelajaran TIK KD ini..
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

Senin, 16 Januari 2023

Materi Daring TIK-Informatika kelas 7 Semester Genap "Algoritma dan Flowchart Pemrograman", Senin 16 Januari 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Senin 16 Januari 2023, Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang . Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.


SK : 4. Algoritma dan Flowchart Pemrograman

KD :
  • 3.11.1.  Memahami program visual dari demo dan tutorial. 
  • 3.11.2.  Mengenal cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.
  •  4.11.   Meniru (menulis ulang) sebuah program sederhana di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan.

Tujuan Pembelajaran : Dihadapkan dengan Peserta didik dapat : 

  • menjelaskan tentang algoritma dan Flowchart pemrograman 
  • menjelaskan menu dan ikon pada program Scratch  
  • menggunakan menu dan ikon pada program Scratch  
  • membuat dokumen baru dengan program Scratch
Indikator Pencapaian : 
  • Menjelaskan Pengertian Algoritma dan Flowchart 
  • Menjelaskan Simbol-simbol dari Flowchart 
  • Menjelaskan pengertian program visual 
  • Mengidentifikasi berbagai program visual yang dijelaskan. 
  • Mengenal elemen dan objek program visua
  •  Mengenal program visual berbasis web 
  • Mengenal aplikasi IDE pemrograman visual 
  • Mempraktikkan program visual dan elemenya untuk tujuan yang sudah ditentukan
  • Menduplikasi program sederhana dilingkungan visual untuk berkenalan dengan lingkungan visual.

Percabangan IF Tunggal dan Majemuk Flowchart
 
(Pertemuan 3)

Penggunaan fungsi IF dalam logika memiliki beberapa syarat yaitu sebagai berikut

  • =  sama dengan
  • <  lebih kecil dari
  • <=  lebih kecil atau sama dengan
  • >  lebih besar dari
  • >=  lebih besar atau sama dengan
  • < >  tidak sama dengan

Fungsi IF dari 2 jenis utama, yaitu IF Tunggal dan IF Ganda/Majemuk. Perbedaan fungsi IF Tunggal dan IF Majemuk terletak pada jumlah kondisi yang harus dipenuhi.

Pada IF Tunggal, terdapat 1 kondisi yang harus dipenuhi sehingga akan memiliki 2 hasil, yaitu hasil jika kondisi terpenuhi dan hasil jika kondisi tidak terpenuhi.

IF Tungggal memiliki syntax sebagai berikut (kita gunakan Excel sebagai acuan)

=IF(Kondisi,Hasil Sesuai Kondisi, Hasil Tidak Sesuai Kondisi)

Pada IF Ganda/Majemuk, terdapat lebih dari 1 kondisi yang harus dipenuhi sehingga akan memiliki lebih dari 2 hasil, yaitu hasil jika kondisi pertama, kedua dan seterusnya terpenuhi dan hasil jika semua kondisi tidak terpenuhi.

IF Ganda/Majemuk memiliki syntax sebagai berikut (kita gunakan Excel sebagai acuan)

=IF(Kondisi1,Hasil Sesuai Kondisi 1,IF(Kondisi2,Hasil Sesuai Kondisi 2, Hasil Tidak Sesuai Kondisi 2))

Contoh Flowchart IF Tunggal.
Latihan :
- Terdapat Hasil Nilai dari ujian 3 Orang Siswa.
Buatlah Suatu sebuah flowchart If tunggal konversi Keterangan nilai nilai :
 1. Jika Nilai =>70 Maka "LULUS"
 2. Jika Nilai <=70 Maka "TIDAK LULUS"
 
 Kerjakan Secara Berkelompok..

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
   

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...