Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Kamis 6 April 2023, Pada Pembelajaran hari ini kita masih membahas tentang "Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi".
Tujuan Pembelajaran :
Melacak informasi dengan mengakses internet
Melakukan pengambilan informasi tertentu
Melakukan pengolahan informasi dengan program
Aplikasi yang sesuai
Pembahasan Soal dan Kisi-Kisi LUS-US (Pertemuan 10)
Pembahasan Soal dan Kisi-Kisi LUS-US dilaksanakan dengan membahas soal dan Kisi-kisi LUS yang sudah di ujikan guna pada lembar kertas kerja
ujian. selanjutnya bagi siswa yang telah menyelesaikan langsung
diserahkan kepada guru bidang study.
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel.. Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Selasa 4 April 2023,
Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : 6. Berpikir Komputasional
KD :
3.6. Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya4.6.
Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan
algoritmik.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
Mengenal
lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
Siswa mampu
menjelaskan konsep otomasi.
Siswa mampu mendefinisikan
variabel, memori dan memanipulasi nilai/valueSiswa mampu memrogram yang mengenal kondisi
Indikator Pembelajaran :
Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
Memahami
dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan
Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan.
Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
Menumbuhkan
budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir
komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.
Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah suatu metode dalam menyelesaikan persoalan dengan
menerapkan teknik ilmu komputer (informatika),Menyajikan
soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam
menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.
Computational thinking atau berpikir
komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi
masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode
pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat
teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan
solusi yang inovatif.
berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik
kunci pendekatan, yaitu:
1.Dekomposisi.
Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah
masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah
diselesaikan.Contoh:
Dalam pembuatan
produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya :
Produk makanan
ringan seperti apa yang akan dibuat..?
Apa rasa yang
akan diberikan..?
Apa saja bumbu
dan bahan yang perlu disediakan..?
Apa packaging
yang digunakan..?
Bagaimana cara
produksinya..?
Siapa saja
yang menjadi target pasarnya..?
Apa strategi
pemasaran yang dilakukan..?
2.Pengenalan pola.
Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan
tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk,
prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak,
warna, dan lain sebagainya.
Penyelesaian :
dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola
untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan
bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah
22
3.Abstraksi.
Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak
sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung
pada solusi.
Contoh :
Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang
akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.
Penyelesaian :
Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang
atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan
Kegemaran.
4.Berpikir algoritma. Berpikir algoritma adalah
cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang
dijalankan untuk memecahkan masalah.
Latihan: Pilihlah salah satu metode berikut ini (Dekomposisi, Abstrasksi) dalam menyelesaikan sebuah kasus/persoalan yang kalian tentukan sendiri..!!
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel.. Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....