Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 30 September 2024,
Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Teknologi Informasi dan Komunikasi". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
BAB 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Fase : D
CP : Peserta didik mampu memahami :
- Berpikir KomputasionalPeserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.
- Literasi DigitalPeserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.
- Analisis Data
- - Algoritma dan Pemrograman
-
Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini;
- memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer;
- memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual;
- memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten.
- Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital,
- memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik,
- melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
Tujuan Pembelajaran:
- Membuat laporan dengan menyalin dan memindahkan konten dari dari satu
aplikasi ke aplikasi lain yang dirancang sebagai satu paket aplikasi,
yaitu aplikasi
perkantoran. - Peserta didik mampu membuat laporan
yang berisi teks, data dalam bentuk angka, gambar/foto, dan video yang
selanjutnya divisualisasikan dalam bentuk chart, grafik, atau diagram.
ApersepsiPembuatan sebuah laporan atau file lain seperti presentasi, infografis, poster, dll. sering kali merupakan gabungan konten hasil dari aplikasi yang berbeda. Sebuah laporan bisa berisi tabel hasil perhitungan yang kompleks,(Pertemuan 3)
Merangkum Narasi Dari Konten Digital (2 JP)
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu merangkum, mengevaluasi, dan menyimpulkan beberapa bahan bacaan dalam bentuk digital (“file”) yang berbeda format, dan merefleksikan isinya.
Apersepsi
Peserta didik diajak untuk melihat betapa internet memiliki banyak informasi digital dalam berbagai bentuk. Ada informasi dalam bentuk video, gambar, hiperteks, teks dalam bentuk berbagai format file, animasi, dll. Guru dapat memberikan contoh salah satu konten informasi dari situs wikipedia sebagai ensiklopedia berbasis crowdsourcing yang dikerjakan oleh banyak orang. Wikipedia saat ini telah menjadi sumber informasi bagi banyak orang.
Peserta didik perlu dibiasakan untuk membaca data dari berbagai bentuk media
digital dan mampu untuk merangkum, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan atas
bacaannya.
Kebutuhan Sarana dan Prasarana
1. Komputer/ponsel pintar yang terpasang peramban,
2. Aplikasi pembaca pdf file,
3. Pemutar video,
4. Aplikasi lain sesuai dengan format file digital.
Kegiatan Inti
Setelah guru memberikan kegiatan apersepsi/pemanasan, peserta didik diajak untuk
melakukan Aktivitas TIK-K8-06: Merangkum narasi dari media digital berikut:
Deskripsi Aktivitas
1. Carilah 3 file PDF yang hanya bisa dibaca (read only) berukuran
maksimal 1 halaman (misalnya tentang Vaksinasi, Transportasi Massal, dan
Pertanian Pintar).
2. Tugas kalian Ialah membaca cermat ketiga file yang diberikan.
3. Fokus ke salah satufile yang menurut kalian merupakan bahan utama.
a. Cari dan tandai kata-kata penting.
b. Buatlah relasi konten antar-file dengan menjawab pertanyaan:
• Apa itu vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar?
• Mengapa vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar itu penting?
• Bagaimana cara kerja vaksinasi/transportasi massal/pertanian pintar?
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....