Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 28 Oktober 2024,
Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Sistem Komputer". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
BAB 4 : Sistem Komputer
Fase : D
CP : Peserta didik mampu memahami :
- Berpikir KomputasionalPeserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.
- Literasi DigitalPeserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.
- Analisis Data
- - Algoritma dan Pemrograman
-
Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Memahami mekanisme internal penyimpanan data pada sistem komputer.
(Pertemuan 2)
Komponen Perangkat Sistem Komputer
- Perangkat Keras (Hardware Component)
Seperti namanya, perangkat keras adalah sesuatu yang dapat disentuh. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU, memori dan peralatan I/O. CPU sendiri terdiri dari tiga komponen utama :
- Arithmetic Logic Unit (ALU) : untuk melakukan perhitungan.
- Control Unit (CU): mengontrol pemrosesan intruksi dan perpindahan data dari satu bagian CPU ke bagian lainnya.
- Interface Unit (Bus) : memindahkan instruksi dan data antara CPU dan perangkat keras lainnya.
- Hardware juga dapat berupa Komponen fisik yang dapat dilihat, disentuh, dan dipindahkan. Contohnya,
motherboard, prosesor, memori, hard disk, optical drive, VGA card,
sound card, LAN card, USB card, modem, power supply, casing, keyboard,
mouse, webcam, monitor, speaker, dan printer.
2. Perangkat Lunak (Software Component)
Perangkat lunak tersusun atas program yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer. Komputer harus melaksanakan instruksi yang terdapat dalam program untuk mendapatkan hasil yang berguna.
Ada 2 macam perangkat lunak yaitu sistem software dan application software.
Program-program yang berjalan di atas perangkat keras komputer. Contohnya, sistem operasi (OS), perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak tambahan.
- Sistem software berguna untuk mengatur file, me-load dan meng-eksekusi program serta menerima perintah dari mouse atau keyboard. Sistem software biasa disebut dengan sistem operasi (operating system).
- Sedang application software adalah software yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh : application software adalah Microsoft Word, Microsoft Excel.
3. Brainware (Pengguna)
perangkat keras (hardware)
perangkat lunak (software)
pengguna (brainware)
Perangkat Keras Komputer
Namanya juga perangkat keras, berarti bisa disentuh ya. Perangkat keras dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu:
perangkat bagian masukan (input)
perangkat bagian keluaran (output)
perangkat bagian pemrosesan (processing)
perangkat bagian penyimpanan (storage)
Contoh perangkat masukan:
keyboard
mouse
microphone
dll
Contoh perangkat keluaran:
monitor
speaker
printer
dll
Register adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses. Contoh storage:
Harddisk (HDD)
Solid State Drive (SSD)
Flashdrive (Flashdisk cuy)
eMMC
dll
Perangkat Lunak Komputer
Perangkat lunak pada komputer dibagi menjadi tiga yaitu:
sistem operasi
perangkat lunak aplikasi
Software berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer dan tanpanya komputer tidak dapat difungsikan. Kita bahas lebih jauh ya!
Sistem Operasi
Sistem operasi atau bahasa gaulnya operating system, merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh OS yang sering digunakan di PC:
Windows
Linux
Unix
MacOs
Solaris
dll
Sedangkan kalau di smartphone ada Android dan iOS. Sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.
Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Berikut ini beberapa contoh aplikasi:
Pengolah kata (word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro.
Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro.
Pengolah basis data (database) : Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server.
Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon.
Peramban internet dan aplikasi pesan: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram.
Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator.
Multimedia: GOM Player, iTunes.
Perangkat Lunak Pemrograman
Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contohnya:
C++
Visual Basic
Scratch
Python
Pascal
dll
Pengalamatan Memori
Ketika kita menyimpan suatu data agar bisa dibuka di waktu yang lain, perlu mekanisme yang disebut pengalamatan memori (memory addressing). Komputer sering menampilkan alamat memori dalam sistem bilangan heksadesimal.