Total Tayangan Halaman

Jumat, 23 Februari 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Genap "Algoritma & Pemrograman", Jum'at 23 februari 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 23 Februari 2024, Pada
Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Algoritma & Pemrograman
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

BAB         : Algoritma & Pemrograman

Elemen    : Algoritma & Pemrograman


Capaian Pembelajaran :

  • Peserta didik mampu mengenali objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan dan mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi), menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya, serta mengenal pemrograman tekstual sederhana.

Alur Tujuan Pembelajaran :  

a. Menjelaskan sebuah lingkungan pemrograman blok/visual, objek-objek yang dapat diprogram, dan perintah/instruksi dalam lingkungan tersebut.

b. Membuat program sederhana berdasarkan contoh yang diberikan.

c. Membuat suatu program blok berdasarkan video tutorial, manual, atau demo yang ditunjukkan oleh guru.  

Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan 1

A.       ALGORITMA

Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Algoritma berasal dari nama terakhir Muhammad ibnu Musa Al-Khowarizmi. Seorang ahli matematika terkenal dan penulis pada abad ke-8 dan 9 masehi yang berasal dari Persia.

algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Karakteristik suatu Algoritma:

-   Tertata dengan baik: Langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas.

-   Jelas: Operasi yang digambarkan dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut.

Contoh Algoritma 1

Ketika ingin makan, langkah-langkah yang dilakukan adalah :

  1. 1.  Cuci Tangan / siapkan sendok dan garpu
  2. 2.  Siapkan Piring
  3. 3.  Ambil nasi, taruh nasi di atas piring
  4. 4.  Ambil Lauk, taruh lauk di atas nasi
  5. 5.  Ambil air minum di gelas
  6. 6.  Membaca doa sebelum makan
  7. 7.  Makan
  8. 8.  Selesai makan, baca doa sesudah makan 
  9. 9.  Cuci piring  

B.   PSOUDOCODE

Algoritma disajikan dengan bentuk tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode

Pseudocode sendiri adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.

Pseudocode adalah kode semu yang menyerupai kode pemograman yang sebenarnya. Jadi pseudocode digunakan untuk menggambarkan logika secara berurutan dari program tanpa berpikir terlebih dahulu bagaimana bahasa pemrogramannya.

Pseudocode dapat diolah oleh mesin komputer jika sudah mengikuti aturan penulisan di dalam sebuah bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan bahasa C, C++, Pascal, C#, Java, Python dan lain sebagainya.

A. Pengenalan Pemrograman Visual

Beberapa definisi yang terkait dengan pemrograman visual, antara lain:

  1. Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.
  2. Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.
  3. Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.
  4. Pemrograman Visual adalah suatu metode pembuatan program dengan cara membuat gambar atau objek-objek yang dibutuhkan dengan cara menunjuk, mengklik, lalu mengkoneksikan antara objek yang satu dengan yang lainnya.

 B. Fungsi Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah fungsi dari bahasa pemrograman, yaitu:

  1. Media komunikasi antara pengembang dengan komputer atau mesin à Bahasa pemrograman memiliki tugas untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer.
  2. Media dalam mengembangkan suatu sistem à Melalui bahasa pemrograman maka kita dapat membuat dan mengembangkan berbagai sistem, program atau aplikasi komputer sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.

 

 

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...