Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 November 2019

Materi TIK Kelas 8 SMP Tentang “PEMBUATAN SURAT MASAL” Semester 1

Materi TIK Kelas 8 SMP Tentang “PEMBUATAN SURAT MASAL” Semester 1


1.1.  Pembuatan Surat Masal (Mail Merge)
Mail Merge adalah fasilitas yang dimiliki Microsoft Word untuk membuat surat, label, amplop dan katalog. Dengan Mail Merge, Anda dapat menggabungkan dokumen utama (main dokumen) dengan dokumen sumber data menjadi dokumen baru yang merupakan gabungan dari dua dokumen.

Sebagai contoh, Anda adalah seorang Sekretaris di sebuah perusahaan tertentu. Pimpinan Anda memberikan perintah kepada Anda untuk membuat surat undangan yang ditujukan kepada 100 pelamar di perusahaan Anda. Untuk kasus di atas, Anda dapat menyelesaikannya dengan menggunakan fasilitas Mail Merge.

A.      Membuat Sumber Data
Sumber data dalam Mail Merge harus diketikkan dalam bentuk table. Untuk membuat sumber data, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1.    Klik ribbon Insert
2.    Klik icon Table
3.    Tunjuk dan drag untuk menentukan jumlah baris dan kolom yang akan dibuat, setelah itu klik.
4.    Ketik data di bawah ini


NAMA
ALAMAT
KOTA
KODEPOS
Ali Mandegar
Jl. Dipatiukur 99
Bandung
40132
Zahra
Jl. H. Juanda 25
Purwakarta
42323
Budiman
Jl. Laswi 74B
Bandung
41023
Betty Apriani
Jl. Sukabumi 87
Bandung
44024


5.    Simpan dokumen dengan nama file Data-Undangan.docx.

B.      Membuat Surat
Langkah berikutnya adalah membuat master dokumen, lakukan langkah-langkah di berikut ini:
1.    Klik icon yang ada di Quick Access Toolbar.
2.    Ketikkan surat di bawah ini 


3.  Simpan dokumen di atas dengan nama file Surat-Undangan.docx. Setelah selesai mengetik dokumen di atas, selanjunya kita akan menggabungkan file Surat-undangan.docx dan file Data-Undangan.docx menggunakan fasilitas Mail Merge. 

4.    Klik tab Mailings
5.    Klik  Select Recipients
6.    Klik Use Existings List
7.    Klik file Data-Undangan.docx. 


8.    Klik Open
9.    Langkah selanjutnya tempatkan kursor ke bagian surat seperti gambar di bawah ini

  
10.     Klik icon Insert Merge Field yang ada pada tab Mailings, lalu klik field NAMA.


11.  Ikuti langkah ke-10 dengan menempatkan field ALAMAT, KOTA dan KODEPOS dengan telebih dahulu memindahkan kursor di baris berikutnya. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan mendapatkan bentuk tampilan seperti gambar di bawah ini. 


12.  Setelah semua field Anda tempatkan (seperti gambar di atas), untuk menggabungkan file Surat-Undangan.docx dan file Data-Undangan.docx menjadi satu dokumen. Klik icon Finish & Merge. 


13.   Klik Edit Individual Documents. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. 


14.  Klik OK. Langkah ini akan membuka dokumen baru yang berisikan gabungan file Surat-Undangan.docx dan file Data-Undangan.docx seperti gambar di bawah ini. 



15.   Simpan dokumen di atas dengan nama file Cetak-Surat-Undangan.docx.  Dokumen ini terdiri dari 4 halaman sesuai dengan jumlah data yang ada di file sumber data, Data-Undangan.docx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...