1. Operator Perbandingan Dan Logika
Tujuan : - Untuk memahami cara penggunaan Operator perbandingan dan logika pada aplikasi Scratch yang akan di pelajari.
Operator Perbandingan = Merupakan operator yang digunakan untuk membandingkan dua nilai.
Sedangkan Operator logika = merupakan operator yang digunakan untuk menguji satu atau lebih kondisi logika.
Aplikasi scratch mempunyai 3 jenis operator perbandingan yang dapat digunakan sebagai syarat kondisi, yaitu : - Lebih Besar (>)
- Lebih Kecil (<)
- Sama dengan (=)
1. Operator Lebih Kecil (<) digunakan untuk menguji apakah suatu nilai lebih kecil dari nilai yang dijadikan acuannya.
2. Operator Lebih Besar (<) digunakan untuk menguji apakah suatu nilai lebih besar dari nilai yang dijadikan acuannya.
3. Operator sama dengan (<) digunakan untuk menguji apakah suatu nilai sama dengan nilai yang dijadikan acuannya.
Hasil Perbandingannya :
- Perbandingan : Nilai Ujian < 80, Benilai True
- Perbandingan : Nilai Ujian > 80, Bernilai False
- Perbandingan : Nilai Ujian = 80, Bernilai False
X |
Y |
X AND Y |
X OR Y |
NOT X |
True |
True |
True |
True |
False |
True |
False |
False |
True |
False |
False |
True |
False |
True |
True |
False |
False |
False |
False |
True |
Berdasrkan Tabel :
- Operator And akan mengembalikan nilai True jika kedua syarat terpenuhi.
- Operator Or akan bernilai True jika salah satu syarat terpenuhi,
- Operator Not akan bernilai True jika hasil pengujian berniulai salah dan sebaliknya.
Perlu diingat bahwa aplikasi Scratch tidak mempunyai operator perbandingan yang dapat digunakan untuk mengakomodasi operasi “lebih besar dari atau sama dengan” dan “lebih kecil dari atau sama dengan“. Oleh karena itu, unutk melakukan kedua operasi tersebut , harus menggabungkan dua operator perbandingan yang berbeda.
Sebagai contoh :
Operasi “Lebih kecil dari atau sama dengan 90” dapat dilakukan dengan menggabungkan blok perintah ”lebih kecil dari “ dan “sama dengan” serta menggunakan blok perintah “Or” diantaranya.
Silahkan agar materi
diatas berikut dirangkum kedalam buku catatan.. untuk bekal kita belajar aplikasi Scratch...
Terimakasih...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar