PERANGKAT LUNAK APLIKASI PENGOLAH KATA
(Ms.Office Word 2007)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar
komputer Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
Tujuan Pembelajaran :
‐ Mengidentifikasi perangkat lunak program aplikasi yang terinstal di dalam komputer
‐ Mengidentifikasi perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
Apersepsi :
Assalammualaikum Wr. Wb..
1. Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Microsoft Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.2. Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.3. Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:- Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
- Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
- Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
- Tekan enter untuk menambah baris kosong.
- Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
- Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
4. Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :· Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
· Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
A. Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
1. Membuat Dokumen Baru
Sewaktu kita mengaktifkan program Word otomatis dibuka lembar kerja baru dengan nama document 1. Untuk merubah nama ini dapat dilakukan pada saat penyimpanan lembar kerja ini. Misalnya sekarang kita sedang mengetik suatu dokumen dengan nama “Promosi.docx”, pada saat itu lupa belum mengetik tugas, lalu kita ingin mengerjakan tugas dahulu beru mengerjakan dokumen “Promosi.docx”. ada dua cara untuk membuka lembar kerja yang baru, yaitu:
a. Mengaktifkan word dari menu Start. Jika cara ini kita pilih berarti kita mengaktifkan dua layar Word dengan nama yang berbeda. Atau dengan cara:
b. Meng-klik menu Office Button lalu pilih dan klik New atau langsung meng-klik ikon new dengan lambang selembar kertas , maka akan muncul layar sebagai berikut.
Pada kotak dialog New pilih tab Blank and Recent dan klik Blank Document lalu klik OK.
1. Membuka file yang sudah tersimpan
a.
Klik Office Button dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
- b. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
- c. Klik pada nama file yang akan dibuka.
- d. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
- Alternatif lain:
- a. Klik tombol open pada Customize Office Quick Toolbar.
- b. Tekan Ctrl+O.
Dari kedua cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open file, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan foldernya terlebih dahulu. Klik tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
1. Menyimpan Dokumen
Gambar 24Kotak Dialog Open
a. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
b. Klik tombol Office Button , pilih menu Saveatau Save As
jika akan menyimpan dokumen untuk pertama kali. Alternatif lain, pilih tombol Save pada Customize Quick Access Toolbar atau tekan Ctrl+S. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog Save.
- c. Pilih dan klik drive dan folder yang diinginkan.
- d. Pada kotak isian File Name, ketikkan nama file yang diinginkan.
- e. Klik tombol perintah Save untuk memproses penyimpanannya.
Catatan:
Gambar 25 Kotak Dialog Save As
ü Di bawah pilihan Save terdapat ikon-ikon alamat yang sering digunakan untuk menyimpan data.
ü Jika diperlukan pada tombol daftar pilihan Save as Type dapat dipilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as Type.
2. Menutup jendela Microsoft Word
Menutup jendela Microsoft Word dapat dilakukan dengan meng-klik tombol X yang terletak di pojok kanan atas dari jendela Microsoft Word.A. Mengenal Format File Microsoft Word 2007
Microsoft Word 2007 mendukung beberapa format file penyimpanan, yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Latihan :
Pahamilah dan Rangkumlah Materi Diatas sebagai acuan saat praktik cara menggunakan aplikasi Microsoft Office Word pada komputer PC/Laptop/HP android/Tablet.
Kirimkan hasil rangkuman dan Foto Selfie via WA.. Jangan lupa Untuk menyertakan Nama Lengkap, Foto Selfienya....
Jika masih ada yang belum di mengerti dari
pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
TrimaKasih.. Wassalammualaikum Wr Wb....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar