Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Februari 2022

Materi Daring TIK-Informatika kelas 7 Semester Genap "Berbagai Perangkat Lunak Program Aplikasi", Jum'at 25 Februari 2022

Materi TIK-Informatika Kelas 7 jumat 25 Februari 2022


Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua. 

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at  25 Februari 2022, Materi Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan minggu lalu dan pada pertemuan  hari ini kita akan membahas tentang Berbagai Perangkat Lunak Program Aplikasi. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : Algoritma dan Pemrograman

KD : Pengenalan Algoritma 


Tujuan Pembelajaran :
 Peserta didik mampu :
 

  1. mengidentifikasi Algoritma dan pemrograman dalam bentuk visual

Indikator Pencapaian  

  1. Menjelaskan pengertian Algoritma dan pemrograman dalam bentuk visual

 


ALGORITMA dan  PEMROGRAMAN

A.       ALGORITMA
Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Algoritma berasal dari nama terakhir Muhammad ibnu Musa Al-Khowarizmi. Seorang ahli matematika terkenal dan penulis pada abad ke-8 dan 9 masehi yang berasal dari Persia. Al-Khowarizmi adalah seorang guru di Institut Matematika di Baghdad dan penulis buku Kitab Al-Jabr wal Muqaabalah, yang berarti “Aturan Menyatukan dan Memisahkan”. Buku tersebut merupakan satu dari buku teks matematika paling awal, dan judul tersebut memberikan kita kata Aljabar (Schneider & Gersting, 2010).
Karakteristik suatu Algoritma:
-   Tertata dengan baik: Langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas.
- Jelas: Operasi yang digambarkan dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut.
-   Dapat dihitung secara efektif: Komputasi tersebut sebenarnya dapat melakukan operasi.

No.
Proses
Algoritma
Langkah Algoritma
1
Membuat Nasi Goreng
Resep Nasi Goreng
Masukan bumbu hingga wangi, masukan telor, masukan nasi, dsb.
2
Berangkat Sekolah
Rute Jalan
Berangkat dari rumah menuju arah barat, kemudian di perempatan belok kanan, dsb.
3
Kegiatan Belajar Sekolah
Jadwal Pelajaran
Masuk jam 07.00, jam pertama B. Indonesia, jam kedua Matematika, dsb.
4
Merakit Sepeda
Panduan Merakit
Sambungkan komponen A dengan komponen B, dsb.
5
Menjahit Pakaian
Pola Pakaian
Buatlah garis pada kain, kemudian gunting kain dari arah dalam, dsb.
 


 Contoh Algoritma 1
Ketika ingin makan, langkah-langkah yang dilakukan adalah :
1.    Cuci Tangan / siapkan sendok dan garpu
2.    Siapkan Piring
3.    Ambil nasi, taruh nasi di atas piring
4.    Ambil Lauk, taruh lauk di atas nasi
5.    Ambil air minum di gelas
6.    Membaca doa sebelum makan
7.    Makan
8.    Selesai makan, baca doa sesudah makan 
9.   Cuci piring

Kriteria Suatu Algoritma
Ciri Penting Algoritma
-     Ada input dan output

-     Efektifitas dan efisien

-     Terstruktur

-       Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
-       Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
-       Algortima memiliki nol atau lebih masukan.
-       Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
-       Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).


Contoh 2
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan 2 buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan warna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A
Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah pertukaran kedua larutan tersebut.
-        Untuk itu pertukaran isi dua bejana, diperlukan sebuah tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut:
-        Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian hingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.

Tugasmu Kali ini adalah...!
Lakukanlah study pustaka tentang Algoritma dan Flowchart dan Psoudocode

Salin/Rangkum-lah Materi Pembelajaran diatas pada lembaran kerja / buku rangkuman  TIK-Informatika kalian masing-masing...
Kirimkan hasil Rangkumn via W.A kepada Guru Mapel disertai Foto Selvie Kalian sedang merangkum/mengerjakan tugasnya...

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...