Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Selasa 11 April 2023,
Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : 2.1 Berpikir Komputasional
KD : Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya 4.6. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
- Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi.
- Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memrogram yang mengenal kondisi
Indikator Pembelajaran :
- Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
- Memahami
dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan
Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan.
- Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
- Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
- Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.
Karakteristik berpikir komputasional
(Pertemuan 2)
(Pertemuan 2)
Karakteristik berpikir komputasional adalah:
- 1. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atau perangkat lain
- 2. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data
- 3. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi
- 4. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma
- 5. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah / cara dan sumber daya yang efisien dan efektif
- 6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai masalah yang berbeda.
Misalnya, karena saya tinggal di Yogyakarta, maka saya mengambil gambar Malioboro yang merupakan ikon dari kota Yogyakarta
Kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat satu pertanyaan mengenai gambar tersebut, kemudian mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
Contoh pertanyaan dari siswa :
Kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat satu pertanyaan mengenai gambar tersebut, kemudian mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
Contoh pertanyaan dari siswa :
- ▪ Dimana sih Malioboro itu?
- ▪ Gedung-gedung apa saja yang berderet di Malioboro ?
- ▪ Di Malioboro ada makanan khas apa saja ?
- ▪ Bagaimana cara menuju kesana dari sekolah ?
- ▪ Dari gambar tersebut, dimana lokasi dari Malioboro, bisa didapatkan dari peta wilayah atau Google Maps? (proses dekomposisi)
- ▪ Apa ciri khas utama dari Malioboro ? (abstraksi)
- ▪ Apa kesamaan gedung-gedung yang ada di Malioboro ? (pola)
- ▪ Bagaimana caranya dari sekolah kita menuju ke Malioboro (algoritma) ?
Latihan...!!
Tentukanlah dan buatlah contoh beberapa pertanyaan dari suatu tempat wisata/wilayah/kota ditempat / daerah kamu tinggal yang kamu tentukan sendiri. buatlah satu pertanyaan dan jawablah pertanyaan tersebut dengan metode algoritma...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar