Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 April 2023

Materi Daring TIK-Informatika kelas 8 Semester Genap "Berpikir Komputasional", Selasa 11 April 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Selasa 11 April 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : 2.1 Berpikir Komputasional

 

KD : Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya 4.6. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
  • Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memrogram yang mengenal kondisi

Indikator Pembelajaran :

  • Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  • Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  • Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  • Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  • Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

Karakteristik berpikir komputasional
(Pertemuan 2)

Karakteristik berpikir komputasional adalah:
  1. 1. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atau perangkat lain
  2. 2. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data
  3. 3. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi
  4. 4. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma
  5. 5. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah / cara dan sumber daya yang efisien dan efektif
  6. 6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai masalah yang berbeda.

Misalnya, karena saya tinggal di Yogyakarta, maka saya mengambil gambar Malioboro yang merupakan ikon dari kota Yogyakarta

Kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat satu pertanyaan mengenai gambar tersebut, kemudian mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
Contoh pertanyaan dari siswa :


  • ▪ Dimana sih Malioboro itu?
  • ▪ Gedung-gedung apa saja yang berderet di Malioboro ?
  • ▪ Di Malioboro ada makanan khas apa saja ?
  • ▪ Bagaimana cara menuju kesana dari sekolah ?
Kaitan dengan materi computational thinking :
  • ▪ Dari gambar tersebut, dimana lokasi dari Malioboro, bisa didapatkan dari peta wilayah atau Google Maps? (proses dekomposisi)
  • ▪ Apa ciri khas utama dari Malioboro ? (abstraksi)
  • ▪ Apa kesamaan gedung-gedung yang ada di Malioboro ? (pola)
  • ▪ Bagaimana caranya dari sekolah kita menuju ke Malioboro (algoritma) ?
Latihan...!!
Tentukanlah dan buatlah contoh beberapa pertanyaan dari suatu tempat wisata/wilayah/kota ditempat / daerah kamu tinggal yang kamu tentukan sendiri. buatlah satu pertanyaan dan jawablah pertanyaan tersebut dengan metode algoritma...

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...