Total Tayangan Halaman

Senin, 25 September 2023

Materi pembelajaran TIK-Informatika kelas 8 Semester Ganjil "Enskripsi Data" Senin 25 September 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Siswa-siswi sekalian saatnya kita memasuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Kamis 25 September 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Enskripsi Data. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet

 

KD :   3.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak.
4.3. 
Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Siswa mampu menjawab minimal 80% pertanyaan ujian tertulis 
  • Siswa mampu melakukan koneksi pirantinya ke jaringan lokal maupun internet, minimal utk 2 atau 3 piranti yang diperkenalkan (minimal smart phone ?)

Enskripsi (Keamanan Data)

Pengertian Enkripsi adalah sebuah metode mengubah bentuk atau wujud dari sebuah data, menjadi wujud yang tidak mudah untuk dipahami begitu saja tanpa menggunakan sebuah pola atau kunci tertentu.

Jenis-Jenis Enkripsi

1. Public Key – Kunci Asimetris

Kriptografi asimetris atau juga dikenal sebagai kriptografi kunci publik, menggunakan dua kunci yang berbeda: satu publik dan satu privat yang saling terkait secara matematis. 

Kunci publik bisa dibagi dengan semua orang, sedangkan kunci privat harus dirahasiakan.

2. Private Key – Kunci Simetris
Kunci simetris menggunakan kunci yang sama untuk melakukan enkripsi dan dekripsi pada data. Pada saat akan melakukan dekripsi, pengirim harus terlebih dahulu membagikan private keynya agar mampu didekripsi oleh penerima. Kunci simetris yang paling banyak digunakan adalah adalah AES, yang diciptakan untuk melindungi informasi rahasia pemerintah.

Fungsi dari masing-masing jenis enkripsi berbeda-beda, penggunaannya pun diterapkan tergantung dari nilai data tersebut, tujuannya dan kepentingannya. Apakah itu untuk bisnis, pribadi atau keamanan negara.

Jenis Metode Enkripsi

Dalam pemrograman web terdapat beberapa jenis metode enkripsi yang bisa digunakan untuk bahasa pemrograman PHP, ASP, dan lainnya. Berikut adalah jenis / macam metode enkripsi dalam pemrograman web :

Enkripsi SHA

  • SHA adalah serangkaian fungsi cryptographic hash yang dikembangkan oleh National Security Agency (NSA) dan diterbitkan oleh NIST sebagai Standar Pemrosesan Informasi Federal AS.
  • SHA adalah algoritma hash yang aman. Jenis-jenis SHA adalah SHA-0, SHA-1 dan SHA-2.
  • Untuk SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang dikenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384 dan SHA-512.

Enkripsi MD4

  • Message-Digest algortihm 4 (seri ke-4), dirancang pada tahun 1990 oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT. Panjangnya 128 bit.
  • MD4 juga digunakan untuk menghitung ringkasan kata sandi NT hash pada Microsoft Windows NT, XP dan Vista.

Enkripsi MD2

  • Message Digest Algorithm 2 (MD2) adalah fungsi cryptographic hash yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1989.
  • Meskipun algoritma lain seperti MD4, MD5 dan SHA telah diusulkan sejak lama, MD2 akan terus digunakan dalam infrastruktur kunci publik sebagai bagian dari sertifikat yang dihasilkan dengan MD2 dan RSA hingga 2004.
  • Algoritma ini dioptimalkan untuk komputer 8-bit. MD2 ditentukan dalam RFC 1319.

Enkripsi MD5

  • MD5 adalah salah satu dari serangkaian algoritma intisari pesan yang dikembangkan oleh Ronald Ronald Rivest dari MIT (Rivest, 1994).
  • Pekerjaan analitik menunjukkan bahwa pendahulu MD5 adalah MD4 yang sudah tidak aman. MD5 dikembangkan pada tahun 1991 untuk menggantikan MD4 (kelemahan MD4 ditemukan oleh Hans Dobbertin).
  • Dalam standar Internet (RFC 1321), MD5 telah digunakan dalam berbagai cara dalam aplikasi keamanan, dan MD5 juga sering digunakan untuk menguji integritas file.
  • Dalam cryptographic , MD5 (Message Digest Algorithm 5) adalah fungsi cryptographic hash yang sering digunakan dengan nilai hash 128-bit.

Enkripsi Base64

  • Base64 adalah sistem untuk menampilkan byte data mentah sebagai karakter ASCII.
  • Base64 adalah format yang dicetak dengan karakter sehingga file data biner dapat dikirim dalam bentuk dan email dan disimpan dalam database atau file.
  • Base64 menawarkan pengkodean karakter ASCII 6-bit-8-bit.

Enkripsi RC4

  • RC4 adalah penyandian enkripsi aliran yang dibuat oleh Ron Riverst pada tahun 1987 untuk keamanan RSA.
  • RC4 adalah jenis enkripsi aliran di mana unit atau input data diproses secara bersamaan. Unit atau data umumnya satu byte atau kadang-kadang bahkan bit (byte dalam istilah RC4).
  • Dengan cara ini, enkripsi atau dekripsi dapat dilakukan dalam panjang variabel.
  • Algoritma ini didasarkan pada permutasi acak.

Manfaat Mengaplikasikan Enkripsi untuk Mengamankan Data Pribadi Digital

Agar lebih memahami mengapa mengaplikasikan enkripsi bagus untuk perlindungan data pribadi digital, berikut beberapa manfaat dari menggunakan enkripsi di handphone atau di computer pribadi:


1. Kerahasiaan Terjamin

Ketika data terenkripsi, pihak yang bisa memanfaatkannya hanya yang mengetahui cara untuk menguraikan kode tersebut, tentu saja pihak yang bersangkutan. Hal ini sudah menutup satu celah untuk penyusup dalam menyalahgunakan data tersebut.

 

2. Proteksi pada Saluran Percakapan (WA, Line atau aplikasi chatting online lainnya dan email)

Enkripsi dapat menanggulangi penyadapan percakapan, baik dari telepon atau dari email. Mengingat komunikasi secara digital bisa rentan penyadapan, kebocoran data dan pencurian informasi. Enkripsi bisa memberikan proteksi pada saluran percakapan dan komunikasi seperti ini.

 

3. Memberikan Tambahan Perlindungan pada Digital Cash

penggunaan digital cash, seperti internet banking, e-wallet, saham online dan bitcoin. Digital cash semacam ini tentu perlu pengaturan yang ketat agar nilainya terjaga.

 

4. Bisa Digunakan sebagai Digital Signature

Digital signature adalah menambahkan suatu baris statemen pada suatu elektronik copy dan mengenkripsi statemen tersebut dengan kunci yang kita miliki dan hanya pihak yang memiliki kunci dekripsinya saja yang bisa membukanya. 

Kerugian Enkripsi
Penyalahgunaan dan kerugian dari enkripsi adalah:

  • Penyandian rencana teroris
  • Penyembunyian record criminal oleh seorang penjahat
  • Pesan tidak bisa dibaca bila penerima pesan lupa atau kehilangan kunci (decryptor).
 
Latihan...!
Membangun jaringan wireless sederhana dengan memanfaatkan peralatan yang kita miliki. Sehingga skema jaringan yang dapat kita buat seperti di bawah ini.

smkti, smk ti, smkti bali global, smk ti singaraja


Langkah-langkah dalam membuat jaringan ini adalah:

Cara Terhubung dengan Internet Nirkabel

Pada Perangkat Android

Gesek layar dari bagian atas ke bawah. Menu Quick Settings akan terbuka.

Tekan

dalam waktu yang lama. Ini biasanya berada di sisi kiri atas menu. Pengaturan Wi-Fi untuk perangkat Android akan terbuka.


Alihkan tombol

Tindakan ini akan mengaktifkan Wi-Fi.

Lewati langkah ini apabila tombolnya sudah bertuliskan "ON".

Ketuk salah satu nama jaringan. Carilah nama jaringan Wi-Fi yang ingin digunakan untuk menghubungkan perangkat Android.


Masukkan kata sandi jaringan ketika diminta. Apabila Anda menggunakan jaringan rumah, tetapi belum menetapkan kata sandi, gunakan kata sandi Wi-Fi yang terdapat di belakang atau bagian bawah perute.

Apabila jaringan yang dipilih tidak mempunyai kata sandi, perangkat Anda secara otomatis akan terhubung setelah Anda mengetuk jaringan tersebut.

Ketuk Connect yang terletak di pojok kanan bawah. Jika Anda memasukkan kata sandi dengan benar, perangkat Android tersebut akan terhubung ke jaringan.

 Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...