Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 Januari 2024

Materi Pelajaran TIK kelas 9 Semester Genap "Layanan Informasi di Internet", Jum'at 26 Januari 2024

Materi Teknologi Informasi & Komunikasi
Kelas 9 Jum'at 26 Januari 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Jum'at 26 januari 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Berbagai web browser yang ada di internet". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : Menggunakan Layanan Informasi di Internet

 

KD : 3.6 Mengidentifikasi berbagai jenis web browser yang ada
    di internet untuk mengakses web
.

 

Tujuan Pembelajaran : Dihadapkan dengan Peserta didik mampu :

  • Menggunakan perangkat lunak untuk mengakses internet  
  • Membuka nama situs  
  • Menuliskan nama domain internet  
  • Menunjukkan situs yang menyediakan search engine  
  • Melakukan pelacakan alamat web melalui search engine

"Mesin Pencari (Search Engine)".
(Pertemuan 3)
 
Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis. untuk sekarag ini sebuah search engine sudah mulai di kembangkan untuk lebih memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine tersebut. hasil dari pecarian data biasanya di urutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas di search engine tersebut. beberapa search engine biasanya mengumpulkan informasi atau data yang di cari di dalam sebuah basisdata. atau direktori web.

dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.

Berikut merupakan contoh – contoh search engine :

1.    Google

Merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang fokus pada jasa dan produk Internet. Search engine ini didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Google berasal dari kata Gogol yang mempunyai arti kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya melebihi bilangan miliar atau triliun.

Google adalah search engine yang paling populer dan banyak digunakan di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs – situs dan topik – topik yang paling populer yang dikunjungi orang melalui google trends.

Dengan adanya Google maka semua masalah yang membutuhkan waktu yang cepat ketika harus mencari file atau data di internet dapat diselesaikan dalam hanya hitungan detik saja. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.

 2.    Yahoo!

Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat. Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo. Yahoo merupakan singkatan dari “yet another hierarchical officious oracle”.

Yahoo Search engine menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata – kata yang mirip dengan kata – kata kunci yang sedang dicari.

 3.    Bing

Search Engine ini merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”.Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang kuat karena menggunakan teknologi PowerSet. Selain itu dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook dan e-mail.

Fungsi dan manfaat Search Engine

search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah:

1. Mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. 

2. Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.

3.  Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.

4.   Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet.

Cara Menggunakan Search Engine Dengan Baik & Benar

Semakin bagus kita menggunakan keyword maka semakin maksimal hasil yang akan kita dapatkan. Ini tipsnya:

  • 1. Gunakan Bahasa yang baku
  • 2. Ketikkan keyword yang benar-benar inti dari informasi yang ingin anda cari
  • 3. Tuliskan keyword sesingkat mungkin
  • 4. Gunakan keyword yang jelas
  • 5. Hindari penggunaan tanda baca yang tidak perlu


Tugas :
Latihan Soal .
  1. Sebutkan dan jelaskanlah 8 nama Software "Search Engine" yang kamu ketahui...!
  2. Apakah fungsi dari "Search Engine"..? 
  3. Siapakah penemu dan di negara manakah ditemukan ke delapan search engine tersebut..?

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...