Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 19 Juli 2023,
Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Informatika Dan Keterampilan Generik". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
BAB : 1. "Informatika Dan Keterampilan Generik"
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
untuk :
- Memahami Informatika dan mengetahui pentingnya ilmu Informatika.
- Membuat perencanaan kerja kelompok dengan baik
- Mengomunikasikan hasil kerja dengan presentasi dan visualisasi dengan baik.
(Pertemuan 1)
1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika..?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam
pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi..?
Komputasi adalah:
(1) Penghitungan dengan menggunakan komputer;
(2) Dalam matematika,
penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau perubah-perubah
yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
Peserta Didik akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi :
1. Berpikir Komputasional: dalam materi
ini, Peserta Didik akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan
sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan
seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, Peserta Didik akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.
3. Sistem Komputer: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar mengenai deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.
4. Analisis Data: dalam bagian ini, Peserta Didik akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif.
6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari- hari.
Pengantar Keterampilan Generik
Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktika lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana. Tentunya, tidak semuanya harus dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas.
Tujuh aspek praktika informatika itu adalah seperti berikut.
Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.
Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.
Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
Mengembangkan
artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang
model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.
Mengomunikasikan
suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan,
memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.
Bekerja dalam kelompok akan mencakup hampir semua aspek tersebut dan
hasil kerja kelompok akan dipaparkan, baik secara lisan, menjadi bahan
presentasi, poster, atau karya lainnya. Di zaman digital, komunikasi
grafis visual memudahkan informasi tersampaikan. Oleh karena itu,
Peserta Didik perlu berlatih berkomunikasi lisan, tertulis, maupun
menyiapkan bahan paparan dalam bentuk grafis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar