Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 November 2025

Materi Pelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil " Aplikasi Lembar Kerja Pengolah Data", Selasa 11 November 2025

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 hari ini Selasa 11 November 2025, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

M.A 2    : Algoritma Pemrograman

Elemen : Berpikir Komputasional

Peserta Didik mampu Menerapkan berpikir komputasional untuk problem dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi masalah komputasi; memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari; memahami konsep lembar kerja pengolah data; menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil; serta menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode. 

Tujuan Pembelajaran : 

  • Peserta didik mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

  • Peserta didik Mampu menyebutkan fungsi dari bagian-bagian utama antarmuka Scratch (stage, sprite list, blocks palette, scripts area)/ Blockly App spot / Programming
 

Pengenalan Blockly App Spot (Pertemuan 1)

  

Blockly adalah pustaka web yang memungkinkan Anda menambahkan editor kode berbasis blok yang dapat dikustomisasi ke aplikasi Anda. 

Blockly Games adalah serangkaian permainan edukatif yang dirancang untuk mengajarkan konsep dasar pemrograman kepada pemula melalui pemrograman visual berbasis blok.

Perbedaan utama antara Scratch dan Blockly terletak pada fokus dan fleksibilitasnya: Scratch dirancang untuk edukasi anak-anak dengan antarmuka visual yang ramah dan lebih berfokus pada game serta animasi, sedangkan Blockly adalah framework yang lebih fleksibel untuk membangun berbagai aplikasi dan dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lain seperti JavaScript. Blockly dapat digunakan oleh pengembang profesional, sementara Scratch utamanya ditujukan untuk pengenalan pemrograman bagi anak-anak. 

Scratch

·           Fokus:

Pendidikan untuk anak-anak, pembuatan game, animasi, dan cerita interaktif. 

·           Antarmuka:

Lebih visual, berwarna-warni, dan intuitif, dirancang khusus agar mudah digunakan oleh pemula. 

·           Fleksibilitas:

Lebih bersifat "tertutup" dan berdiri sendiri, meskipun kode yang dihasilkan bisa diekspor menjadi bahasa lain seperti Python atau JavaScript. 

·           Pengguna:

Lebih ditujukan untuk anak-anak dan remaja sebagai alat pengenalan konsep pemrograman. 

Blockly

·           Fokus:

Pengembangan aplikasi yang lebih luas dan fleksibel, sebagai jembatan antara pemrograman visual dan bahasa teks. 

·           Antarmuka:

Lebih minimalis dan terstruktur, dengan desain yang bersih untuk menghindari kerumitan. 

·           Fleksibilitas:

Sangat fleksibel untuk diintegrasikan dengan berbagai platform dan bahasa pemrograman lain. Kode yang disusun dapat langsung diterjemahkan ke bahasa seperti JavaScript, PHP, Python, dan lainnya. 

·         Pengguna:

Lebih cocok untuk proyek bisnis dan profesional, serta pengguna yang ingin terintegrasi dengan bahasa pemrograman teks. 

Konsep-konsep utama yang dipelajari

  • Pengantar Pemrograman Visual: Memahami cara kerja logika pemrograman menggunakan blok visual, bukan kode teks.
  • Algoritma dan Logika: Membangun urutan instruksi (algoritma) untuk menyelesaikan masalah sederhana.
  • Blok dan Instruksi: Mengenal berbagai jenis blok seperti untuk pergerakan, tampilan, suara, dan lainnya yang berfungsi sebagai perintah.
  • Variabel: Mempelajari cara menyimpan dan memanipulasi data menggunakan variabel.
  • Perulangan (Loop): Menggunakan blok untuk mengulang serangkaian instruksi beberapa kali.
  • Pengkondisian (If/Else): Menggunakan blok untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu. 
Aktivitas yang dilakukan
  • Praktik Plugged: Melakukan pemrograman langsung menggunakan editor berbasis blok di komputer untuk membuat program sederhana, misalnya membuat animasi atau game.
  • Praktik Unplugged: Mengerjakan soal-soal logika atau algoritma tanpa menggunakan komputer untuk memahami konsep dasarnya

Bagian-bagian dalam Blockly Games

  • Puzzle: Permainan awal yang memperkenalkan dasar-dasar pemrograman melalui penyesuaian dan penyusunan blok.
  • Maze: Mengajarkan tentang perulangan (loop) dan pernyataan kondisional (conditional statement) melalui penyelesaian labirin.
  • Bird: Mendalami penggunaan pernyataan kondisional secara lebih kompleks untuk mengontrol alur program.
  • Movie: Memperkenalkan konsep persamaan matematika dengan menggunakannya untuk menganimasikan karakter.
  • Music: Mengenalkan konsep fungsi melalui komposisi musik.
  • Pond: Memperkenalkan pemrograman berbasis teks (text-based programming) dengan memberikan kesempatan untuk beralih antara blok dan JavaScript sebenarnya

Latihan:

Praktikkanlah pada komputer / TV IFD study kasus level pemula materi blockly games kamu di ruang Kelas  yang diberikan guru mapel...!

Silahkan di lengkapi Materi Pelajari diatas sebagai bahan pembelajaran Informatika ini..
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lampung Kelas 9 Semester Ganjil "Informasi daerah Tk. II di Provinsi Lampung (dalam Bahasa Lampung)", Kamis 13 November 2025

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Lampung Kelas 9 hari ini Kamis 13  ...