Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 Januari 2021

Materi Daring Informatika Kelas 7 "KD 2.1 Semester Genap Pemrograman Visual" Kamis 7 Januari 2021

 MATERI INFORMATIKA KELAS 7 SMP AL-AZHAR 1
KD 2.1 Pemrograman Visual

Tujuan Pembelajaran :

  • Memahami konsep dan pengenalan Pemrograman visual
  • Memahami dasar Algoritma dan Alur Flowchart pemrograman visual
  • Mengenal dan memvisualkan penggunaan aplikasi program Scratch dalam pembuatan game sederhana.

A. Pengenalan Pemrograman Visual

Beberapa definisi yang terkait dengan pemrograman visual, antara lain:

  1. Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.
  2. Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.
  3. Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.
  4. Pemrograman Visual adalah suatu metode pembuatan program dengan cara membuat gambar atau objek-objek yang dibutuhkan dengan cara menunjuk, mengklik, lalu mengkoneksikan antara objek yang satu dengan yang lainnya.

 B. Fungsi Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah fungsi dari bahasa pemrograman, yaitu:

  1. Media komunikasi antara pengembang dengan komputer atau mesin à Bahasa pemrograman memiliki tugas untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer.
  2. Media dalam mengembangkan suatu sistem à Melalui bahasa pemrograman maka kita dapat membuat dan mengembangkan berbagai sistem, program atau aplikasi komputer sesuai dengan keperluan dan kebutuhan. 

C. Contoh Bahasa Pemrograman

1. Bahasa Pemrograman JavaScript

JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman populer di internet. JavaScript dapat bekerja disebagian besar browser populer yaitu : Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Kode-kode JavaScript dapat disisipkan di dalam halaman web menggunakan tag script. Hampir semua website ataupun blog yang modern sekarang ini sudah menggunakan JavaScript. Karena dengan menggunakan Javascript website bisa menjadi interaktif dan dinamis. 

Pengembang JavaScript  : Brendan Eich

Contoh Script JavaScript  :

<script>

document.getElementById("demo").innerHTML = "Hello JavaScript!";

</script>

 

2.  Bahasa Pemrograman Java

yaitu salah satu bahasa pemrograman yang bisa dijalankan diberbagai komputer (PC/laptop) termasuk Handphone/ Smartphone. Sebelum Javascript menduduki peringkat pertama sebagai bahasa pemrograman paling populer Java sudah lebih dulu berada pada posisi tersebut.

Kebanyakan aplikasi android yang kita gunakan setiap hari dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java. Java sendiri mengadopsi banyak kode-kode (sintak) dari bahasa C dan C++. 

Pengembang Java  : James Gosling 

Contoh Script Java :

// Outputs "Hello, world!" and then exits

public class HelloWorld {

   public static void main(String args[]) {

       System.out.println("Hello, world!");

   }

}

3. Bahasa Pemrograman Python

Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari saat ini dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Python sendiri ternyata sudah banyak digunakan oleh para developer untuk membuat berbagai macam program aplikasi, diantaranya : Website, Internet of Things (IoT), Aplikasi Hacking, Aplikasi Command Line Interpreter, Apbile Mobile, Aplikasi Desktop,  dll. Struktur sintak Python sangat rapi dan cepat dipahami. Makanya bahasa pemrograman ini sangat cocok dipelajari untuk pemula yang baru ingin belajar menulis kode-kode program (coding). 

Pengembang Python  : Guido van Rossum 

Contoh Script Python :

print "Hello World!"

print "Hello Again"

print "I like typing this."

print "This is fun."

print 'Yay! Printing.'

print "I'd much rather you 'not'."

print 'I "said" do not touch this.

4. Bahasa Pemrograman C#

Menurut wikipedia C# yaitu bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka NET Framework. C# dibaca sebagai C Sharp. Tanda pagar (#) yang dipakai bukanlah merupakan tanda kres. Bahasa C# telah dipengaruhi oleh banyak aspek atau fitur yang terdapat pada bahasa pemrograman lain seperti : Delphi, Visual Basic, Java dan banyak lagi lainnya tentunya dengan berbagai penyederhanaan.

Pengembang Python  : Microsoft 

Contoh Script Python :

namespace test

{

  class Clscontoh

    {

      string  pesan =" halo apa kabar";       // data

      static void Main(string[] args)         // method

       {

       Console.WriteLine(pesan);

       }

   }     //penutup class

}        // penutup namespace scope

5. Bahasa Pemrograman PHP

Contoh bahasa pemrograman berikutnya yaitu PHP.

PHP atau Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dari sisi server. Bahasa pemrograman ini disisipkan ke dalam HTML. PHP sendiri banyak dipakai untuk membuat / mengembangkan situs web yang dinamis. CMS (content management system) pun bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman Php. WordPress, blogger, open cart dan yang lainnya terdapat kode-kode program PHP di dalamnya. Di Indonesia sendiri komunitas/ grup PHP Indonesia di facebook adalah grup yang paling aktif menurut saya dibandingkan grup pemrograman yang lainnya.

Pengembang Php : Rasmuss Lerdorf

Contoh Script Php :

<?php

    echo "Halo dunia";

?>

Silahkan Siswa/i dapat merangkum materi diatas dan Kerjakan soal latihan dengan cermat. Kerjakan di buku tulis (diberi nama dan kelas serta tanggal mengerjakan tugas)
kmudian kirimkan foto hasil rangkuman dan latihan+jawaban nya melalui W.A japri guru mapel Informatika serta foto selfie siswa sedang mengerjakan tugas nya... terima kasih
wassalammualaikum wr. Wb..............

Materi Daring Informatika Kelas 8A " KD 2.1 Semester Genap Berpikir Komputasional" kamis 7 Januari 2021

 Mata Pelajaran Informatika Kelas 8

KD 2.1 Berpikir Komputasional

Semester  Genap 2021

 

Tujuan Pembelajaran :

-       Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.

-  Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.

-        Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

 

Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah suatu metode dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika), Menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.

 

Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif.

berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu

1.      Dekomposisi.

Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.Contoh:

Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya :

1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat ?

2. Apa rasa yang akan diberikan ?

3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan ?

4. Apa packaging yang digunakan ?

5. Bagaimana cara produksinya ?

6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya ?

7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan ?

 

2.      Pengenalan pola.

Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya.

Contoh :

Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ?

Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22

 

3.      Abstraksi.

Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.

Contoh :

Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.

Penyelesaian :

Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan Kegemaran.

4. Berpikir algoritma. 

Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah.

Soal Latihan

  1. Jelaskan beberapa pola kehidupan masyarakat atau kelompok masyarakat yang sering siswa temui dan dapat Anda gambarkan !
  2. Jelaskan langkah-langkah dekomposisi untuk merencanakan liburan wisata kelas Anda!
  3. Berikan contoh lain mengenai abstraksi menurut siswa sendiri ! 

Silahkan Siswa/i rangkum materi diatas dan Kerjakan soal latihan dengan cermat. Kerjakan di buku tulis (diberi nama dan kelas serta tanggal mengerjakan tugas)
kmudian kirimkan foto hasil rangkuman dan latihan+jawaban nya melalui W.A japri guru mapel Informatika serta foto selfie siswa sedang mengerjakan tugas nya... terima kasih
wassalammualaikum wr. Wb..............

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...