Materi TIK-Informatika Kelas 7 Jum'at 21 Januari 2022
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam
keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran
daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada
siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha
diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua.
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 21 Januari 2022,
Materi Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan
minggu lalu dan pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang Berbagai Perangkat Lunak Program Aplikasi. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
KD : 2.11 Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah Kata dan angka dengan tepat.
- Menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah grafis dengan tepat.
- Menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah presentasi/multimedia dengan tepat.
- Menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah presntasi/multimedia dengan tepat.
Indikator Pencapaian :
- Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
- Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
- Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
- Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media
Perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah Grafis / Gambar
Program
Aplikasi Pengolah Gambar / Grafis
Software ini digunakan untuk melakukan pengeditan
suatu gambar, mengubah resolusi, membuat gambar, dan segala hal yang
berhubungan dengan gambar. Jenis-jenis software yang termasuk ke dalam program
aplikasi pengolah gambar adalah Adobe Photoshop, Paint, dan Corel Draw.
1) Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah program aplikasi yang
digunakan untuk keperluan pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek.
Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan
iklan. Adobe Photoshop memiliki banyak versi. Versi kedelapan dari aplikasi ini
disebut dengan nama Adobe Photoshop CS, versi kesembilan disebut Adobe
Photoshop CS2, dan terakhir ini adalah Adobe Photoshop CS3 (Creative Suite)
yang dirilis pada 15 Desember 2006.
Adobe Photoshop memiliki banyak kegunaan, terutama
dalam hal pengolahan atau pengeditan gambar, di antaranya adalah sebagai
berikut:
a) Mencerahkan warna gambar.
b) Memberi teks pada gambar.
c) Mengubah ukuran, resolusi, dan tipe warna (RGB,
CMYK, grayscale) gambar.
d) Merotasi gambar untuk mengatur tampilan
(landscape atau portrait).
e) Memotong gambar dalam berbagai bentuk.
f) Menggabungkan beberapa gambar menjadi satu
gambar.
2) Paint
Paint adalah program aplikasi yang digunakan untuk
keperluan membuat atau mengedit gambar. Paint merupakan program aplikasi
pengolah gambar yang sederhana. Biasanya, gambar yang dihasilkan berupa gambar
kartun.
Kegunaan dari program aplikasi Paint di antaranya
adalah untuk keperluan berikut ini:
a) Membuat gambar karikatur dan sejenisnya.
b) Membuat kartu undangan ulang tahun, kartu
ucapan, dan sejenisnya.
c) Mewarnai gambar agar terlihat lebih indah dan
menarik.
3) Corel Draw
Corel Draw merupakan program aplikasi pengolah grafis
yang lebih canggih dari Paint. Corel Draw juga sering digunakan untuk membuat
gambar. Gambar yang dihasilkan lebih bagus, bahkan dapat menghasilkan bentuk
tiga dimensi yang menyerupai aslinya. Program aplikasi Corel Draw terdiri dari
beberapa versi, di antaranya Corel Draw 11, Corel Draw 12, dan Corel Draw X3.
Kegunaan program aplikasi Corel Draw, di antaranya
adalah untuk keperluan berikut ini:
a) Membuat gambar sederhana dan kompleks.
b) Mewarnai gambar dengan berbagai jenis efek
pewarnaan.
c) Membuat huruf hias.
d) Membuat kartu ucapan, undangan, dan kartu nama.
e) Mendesain tampilan untuk buku.
Salin/Rangkum-lah Materi Pembelajaran diatas pada lembaran kerja / buku rangkuman TIK-Informatika kalian masing-masing...
Kirimkan hasil Rangkumn via W.A kepada Guru Mapel disertai Foto Selvie Kalian sedang merangkum/mengerjakan tugasnya...
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....