Electronic E-Commerce, Teknologi Pembayaran Online
dan Internet Banking
Tujuan Pembelajaran : Mengenal serta Memahami E-Commerce, Teknologi pembayaran online dan
internet banking
A. Electronic E-Commerce
- Menurut Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com) commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
- Menurut Gary Coulter dan John Buddiemeir (e-outline), e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet.
Beberapa perusahan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara ekslusif untuk mendapatkan para pelangan yang bepotensi.
Elektronik Commerce Merupakan lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik dimana didalamnya termasuk :
- perdagangan via internet (internet commerce)
- perdagangan dengan fasilitas web internet (web e-commerce)
- perdagangan dengan system pertukaran data terstruktur secara elektronik (Elektronik Data Interchange/EDI)
Keuntungan dan Kerugian E-Commerce
Beberapa keuntungan dari e-commerce adalah
1. Biaya operasional berkurang
2. Meningkatkan kualitas pelayanan
3. Memperbesar aliran pendapatan baru
4. Meningkatkan pangsa pasar
5. Melebarkan jangkauan pasar
Kerugian bagi pihak konsumen, antara lain :
1. Rasa kurang puas terhadap fisik barang
2. Kurang percaya dengan barang yang dipesan
3. Kultur bahwa belanja rekreasi
Kerugian bagi pihak produsen antara lain :
1. Kerusakan sistem secara tiba-tiba
2. Kerusakan dari penyelenggara ISP
Resiko pada e-Commerce antara lain :
1. Kehilangan financial secara langsung
Berubahnya data financial yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara mentransfernya secara ilegal.
2. Pencurian informasi rahasiaTerbukanya data-data penting yang dirahasiakan, sehingga diketahui orang lain yang mengakibatkan kerugian bagi lembaga yang menyimpannya.
3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayananAkibat sistem yang rusak secara tiba-tiba atau listrik mati yangmengakibatkan hilangnya kesempatan bisnis dalam waktu yangtidak dapat diperkirakan.
4. Akses kesumber oleh yang tidak berhakSeorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistemperbankan kemudian dapat dengan bebas memindahkan saldodalam jumlah tertentu kerekening pribadinya.
5. Hilangnya kepercayaan dari konsumenUsaha pihak lain yang dapat menjatuhkan reputasi perusahaan,sehingga pelayanan menjadi salah dan kacau yangmengakibatkan hilangnya kepercayaan konsumen.
6. Kerugian-kerugian yang tidak terdugaGangguan-gangguan lain dari luar terhadap transaksi bisnis yang sedang dilakukan sehingga konfirmasi transaksi tersebut tidak dapat diterima dengan baik.
· Business-to-Business (B2B), yaitu transaksi bisnis yang dilakukan antara dua perusahaan dalam cakupan menyeluruh, termasuk pembelian, manajemen supplier, manajemen inventori, manajemen distribusi, kegiatan penjualan dan manajemen pembayaran, servis dan support. Dalam hal ini, baik penjual maupun pembeli merupakan perusahaan.
· Business-to-Consumer (B2C), yaitu transaksi yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen atau individu. Salah satu model bisnis yang cukup terkenal saat ini adalah situs belanja buku http://www.amazon.com.
· Consumer-to-Consumer (C2C), yaitu transaksi yang dilakukan antara konsumen atau individu. Model bisnis C2C juga dikenal sebagai Personal to Personal (P2P) yang dapat saja melibatkan atau tidak melibatkan pihak ketiga, seperti situs jual beli melalui lelang http://www.ebay.com.
· Consumer to Business (C2B), yaitu transaksi bisnis yang dilakukan oleh konsumen-konsumen sebagai kelompok pembeli ataupun penjual terhadap suatu perusahaan.
B. Transaksi Pembayaran Online
Transaksi Pembayaran Online adalah Teknologi Pembayaran suatu barang atau jasa yang dapat dibayarkan melalui internet yang bersifat online. Dalam pembayaran transaksi online mempunyai beberapa teknologi yang dapat pakai oleh para pengguna transaksi online.
Contoh dari transaksi pembayaran online antara lain :
- Pembayaran melalui kartu kredit,
- Pembayaran via transfer ATM,
- Transaksi manual via Bank,
- PayPal,
- Transaksi Melalui Minimarket,
- Fitur saldo,
- Transaksi escrow,
- Transaksi via pulsa,
- COD( Cash Ondelivery).
Adapun macam-macam teknologi transaksi online yang salah
satunya yaitu :
A. Web
Online
Web online adalah suatu
bentuk situs yang bersifat online yang
dapat digunakan sebagai transaksi online.
B. Payment
Payment adalah Pembayaran transaksi dengan memanfaatkan media ekeltronik seperti internet. Untuk melakukan kegiatan transaksi online juga dapat menggunakan teknologi payment tersebut. Contoh dari Payment adalah:
- PAYPAL.COM
- CHECKOUT.COM
- IKOBO.COM
- IPAYMENTINC.COM
- AUTHORIZE.NET
- PAY.INDO.COM
- NOCHEX.COM
- E-GOLD.COM dll
Berdasarkan tipenya, transaksi online dapat dibedakan ke dalam 2 kategori, yaitu :
- Transaksi yang berkaitan dengan jual-beli barang dan jasa serta
- Transaksi yang melibatkan transfer informasi dan jasa online secara langsung (direct online transfer of information and services).
Silahkan Materi diatas dapat di rangkum dan hasil rangkuman dapat dikirimkan kepada guru mapel Informatika disertai foto selfie sedang merangkum.
Soal Postest...!
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara rekam suara jawaban via Whatsapp, caranya
sebutkan nama dan kelas, lalu sebutkan jawaban dengan benar...dikirim via
japri...!!!
1. Sebutkan pengertian electronic menurut Robert E. Johnson, Gary Coulter dan John Buddiemeir...?
2. Jelaskan yang dimaksud dengan transaksi pembayaran online via COD(Cahs Ondelivery) dan via Transfer ATM...?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar