MATERI INFORMATIKA KELAS 7 SMP AL-AZHAR 1
KD 2.1 Pemrograman Visual
Tujuan Pembelajaran :
- Memahami konsep dan pengenalan Pemrograman visual
- Memahami dasar Algoritma dan Alur Flowchart pemrograman visual
- Mengenal dan memvisualkan penggunaan aplikasi program Scratch dalam pembuatan game sederhana.
A. ALGORITMA
Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Algoritma berasal dari nama terakhir Muhammad ibnu Musa Al-Khowarizmi. Seorang ahli matematika terkenal dan penulis pada abad ke-8 dan 9 masehi yang berasal dari Persia.
algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Karakteristik suatu Algoritma:
- Tertata dengan baik: Langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas.
- Jelas: Operasi yang digambarkan dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut.
- Dapat dihitung secara efektif: Komputasi tersebut sebenarnya dapat melakukan operasi.
No. |
Proses |
Algoritma |
Langkah Algoritma |
1 |
Membuat Nasi Goreng |
Resep Nasi Goreng |
Masukan bumbu hingga wangi, masukan telor, masukan nasi, dsb. |
2 |
Berangkat Sekolah |
Rute Jalan |
Berangkat dari rumah menuju arah barat, kemudian di perempatan belok kanan, dsb. |
3 |
Kegiatan Belajar Sekolah |
Jadwal Pelajaran |
Masuk jam 07.00, jam pertama B. Indonesia, jam kedua Matematika, dsb. |
4 |
Merakit Sepeda |
Panduan Merakit |
Sambungkan komponen A dengan komponen B, dsb. |
5 |
Menjahit Pakaian |
Pola Pakaian |
Buatlah garis pada kain, kemudian gunting kain dari arah dalam, dsb. |
Contoh Algoritma 1
Ketika ingin makan, langkah-langkah yang dilakukan adalah :
- 1. Cuci Tangan / siapkan sendok dan garpu
- 2. Siapkan Piring
- 3. Ambil nasi, taruh nasi di atas piring
- 4. Ambil Lauk, taruh lauk di atas nasi
- 5. Ambil air minum di gelas
- 6. Membaca doa sebelum makan
- 7. Makan
- 8. Selesai makan, baca doa sesudah makan
- 9. Cuci piring
B. PSOUDOCODE
Algoritma disajikan dengan bentuk tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode.
Pseudocode sendiri adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.
Pseudocode adalah kode semu yang menyerupai kode pemograman yang sebenarnya. Jadi pseudocode digunakan untuk menggambarkan logika secara berurutan dari program tanpa berpikir terlebih dahulu bagaimana bahasa pemrogramannya.
Pseudocode dapat diolah oleh mesin komputer jika sudah mengikuti aturan penulisan di dalam sebuah bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan bahasa C, C++, Pascal, C#, Java, Python dan lain sebagainya.
Berikut beberapa fungsi pseudocode :
- Pesudocode berfungsi sebagai alat dokumentasi.
- Pseudocode dapat mempermudah pengguna dalam memahamu dan memperjelas dalam menyelesaikan masalah.
- Pseudocode dapat membantu penggunanya salam menuliskan algoritma yang telah dibuat.
- Pseudocode memiliki aspek yang sangat ringkas dan mudah karena pseudocode tidak bergantung pada suatu sistem tertentu dan itulah yang menjadikannya prinsip utama dari sebuah algoritma.
Untuk contoh algoritma dalam matematika seperti di bawah ini:
Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
· Mulai
· Tentukan nilai x
· Hitung nilai y = 3x + 8
· Cetak nilai x dan y
· Selesai
Tugas : Rangkumlah
Materi Daring diatas dengan cermat, kemudian buatlah contoh algoritma soal
matematika diatas menjadi sebuah alur bentuk FLOWCHART, di tuliskan di buku
rangkuman.
Kirimkan hasil rangkuman dan Tugas latihan beserta foto selfie sedang merangkum
ke W.A guru mapel segera mungkin..
trimakasih.. wassalammualaikum wr wb...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar