Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar
komputer Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
PERANGKAT LUNAK APLIKASI PENGOLAH KATA
(Ms.Office Word 2007)
Tujuan Pembelajaran :
‐ Mengidentifikasi perangkat lunak program aplikasi yang terinstal di dalam komputer
‐ Mengidentifikasi perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
Apersepsi :
Assalammualaikum Wr. Wb..
Microsoft Word 2007
Microsoft Word 2007 adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata yang cukup populer saat ini, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di dalam Microsoft Office 2007, software/aplikasi ini dibuat oleh microsoft.
pertama kali aplikasi pengolah kata ini di luncurkan memiliki nama Multi-Tool Word yang diluncurkan pada tahun 1983 untuk sistem operasi xenix, hingga tahun 1989 ke atas aplikasi microsoft word ini akhirnya menjadi bagian dari Microsoft Office System dan di beri nama Microsoft Office Word.
Kelebihan-kelebihan Microsoft Word 2007:
1. Menghemat waktu dalam penulisan dan memformat dengan adanya menu-menu yang bisa langsung
diakses.
2. Mempermudah akses terhadap elemen-elemen.
3. Komunikasi lebih efektif dengan tampilan yang diperbarui.
4. Dapat menolak ejaan yang salah.
5. Mengurangi ukuran file dan meningkatkan pemulihan atas file yang rusak.
6. Mengubah dokumen Word menjadi PDF atau XPS (word 2007).
1. Menjalankan Program Aplikasi Microsoft Word 2007
Untuk memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word 2007, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik
tombol yang ada di
taskbar
2. Plih dan klik menu All Program > Microsoft Office> Microsoft Word 2007
3. Tunggu sampai jendela kerja program aplikasi Microsoft Word ditampilkan
Pada saat anda memulai program aplikasi Microsoft Word 2007, secara otomatis dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document 1 akan ditampilakan dan siap anda gunakan.
2. Bagian-Bagian Jendela Microsoft Word 2007
3. Mengoperasikan Dokumen
Membuat Dokumen Baru pada Ms. Word 2007
Anda dapat membuat dokumen baru yang masih kosong, dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:
1. Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Kotak dialog New Document akan ditampilkan seperti gambar 3.2
Gambar 3.2
2. Pilih dan klik Blank Document kemudian klik tombol perintah atau double klik pada Blank Document.
Pada saat anda membutuhkan dokumen baru, anda dapat jug menggunakan template-template yang sudah disiapakan oleh Microsoft Word 2007. Template adalah rancangan dasar suatu dokumen yang sudah dilengkapi dengan ukuran halaman, orientasi, ukuran karakter, jenis karakter, batas margin, tabel, kolom, dan lain-lain.
Untuk menggunakan template yang sudah siap pakai, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Kotak dialog New Documentakan ditampilkan.
2. Pada template Categories, klik . Kotak dialog New Document dengan pemilihan Installed Templates akan ditampilkan. Lihat Gambar 3.3
Gambar 3.3
3. Pada kotak daftar pemilihan Installed Templates, pilih dan klik template yang anda inginkan, kemudian klik tombol perintah atau double klik pada template yang anda inginkan.
Menyimpan Dokumen
Semua hasil pekerjaan anda pada program aplikasi Ms. Word 2007, dapat anda simpan dengan menggunakan langkah berikut ini:
1. Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau tekan tombol Ctrl+S.
2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih drive dan folder tempat anda akan menyimpan file.
3. Pada kotak isian File Name, ketikkan nama file yang anda inginkan.
4. Apabila diperlukan anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as Type
5. Klik tombol perintah Save
Catatan :
- Untuk menyimpan ulang dokumen yang pernah disimpan dengan menggunakan nama yang sama klik atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard
- Jika anda bermaksud untuk menyimpan dokumen, yang pernah anda simpan dengan nama yang lain/ berbeda pilah dan klik Microsoft Office Button lalu klik tombol atau tekan F12.
Membuka Dokumen
Untuk membuka kembali file dokumen , yang ada atau yang pernah dibuat sebelumnya, ikuti langkah berikut:
1. Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau tekan tombol Ctrl+O
2. Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih drive dan folder tempat dimana file tersimpan.
Anda juga dapat membuka kembali file yang tersimpan pada folder tertentu yang terdapat pada folder bar. Untuk menampilakan isi folder yang ada pada folder bar, cukup dilakukan dengan cara mengklik icon foldernya.
3. Pada kotak isian File Name, ketikkan nama file dokumen yang anda inginkan atau klik dua kali pada nama file yang anda inginkan.
4. Apabila diperlukan pada tombol daftar pilihan Files of Type , anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file yang ingin ditampilakan atau dibuka kembali
5. Klik tombol perintah Open
Menutup Dokumen
Apabila dokumen telah selesai dan tidak akan anda edit lagi, anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik Microsoft Office Button ,
kemudian klik tombol
Mengakhiri Penggunaan Program Aplikasi Ms. Word 2007
Setelah anda selesai bekerja dengan program aplikasi Microsoft Word 2007, anda dapat mengakhirinya denagn menggunakan langkah berikut:
1. Simpan dokumen, yang sudah anda buat.
2. Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau klik tombol yang berada dipojok kanan atas jendela kerja.
3. Tunggu sampai jendela program aplikasi Ms. Word 2007 ditutup.
Materi Kita Lanjutkan Pada pertemuan Berikutnya...
Tugas :
Rangkum dan Pahamilah Materi Diatas sebagai bekal saat praktik cara menggunakan aplikasi Microsoft Office Word pada komputer PC/Laptop/HP android/Tablet.
Kirim kan Hasil Rangkuman via WA kepada guru mapel...
Jangan lupa Untuk menyertakan Foto Selfie sedang Merangkum....
Jika masih ada yang belum di mengerti dari
pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
TrimaKasih.. Wassalammualaikum Wr Wb....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar