Materi TIK-Informatika Kelas 8
Senin 27 September 2021
Apersepsi:
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua.
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 27 September 2021, Materi Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan minggu lalu dan pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang Algoritma dan Pmrograman. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : Algoritma dan Pemrograman
KD :4.1 Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis Algoritma pemrograman sederhana dengan psoudocode dan alur flowchart.
Kegiatan Pembelajaran : Mengenal macam-macam tipe data dan tipe variabel
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memahami pengertian algoritma dan pemrograman.
- Siswa dapat mendefinisikan variabel dan tipe data.
- Siswa dapat membuat robot dengan program sederhana.
Indikator :
- Memahami pengertian algoritma dan pemrograman.
- Mendefinisikan variabel dan tipe data.
- Membuat robot dengan program sederhana.
Menggambar atau Menulis Algoritma Pemrograman sederhana dengan Psoudocode dan Alur Flowchart.
Untuk menuliskan algoritma pseudocode, dibutuhkan tiga struktur dasar, yaitu:
1. Judul
Judul yang dipakai dalam pseudocode adalah judul algoritma yang akan dipakai atau judul yang ingin dibuat oleh penulis. Contohnya jika kamu ingin membuat sebuah program untuk menentukan keliling persegi, maka judul akan ditulis seperti ini:
Program <NamaProgram> maka ditulis,
a. Program Menentukan_Keliling_Persegi
b. Program Menghitung_luas_persegi_panjang
2. Deskripsi
Bagian ini berisi deklarasi dari keterangan algoritma yang akan dibuat, yaitu keterangan variabel (var) atau konstanta yang digunakan untuk menghitung suatu rumus tertentu. Variabel adalah wadah dari data yang akan digunakan.
Deskripsi <namaVariabel: <tipe_data>; maka ditulis
a. Deskripsi
Var sisi, keliling : integer;
b. Deskripsi
var panjang, lebar, luas : integer;
3. Implementasi
Bagian ini berisi proses atau langkah-langkah yang akan dilakukan algoritma atau inti dari algoritma itu sendiri. Maksudnya adalah pengguna harus menuliskan besaran angka pada masing-masing variabel yang akan dihitung dan sebagainya.Implementasi (berisi inti dari Algoritma tersebut); maka ditulis
a. Implementasi
Read(sisi);
keliling ← isi*4;
Write (keliling);
b. Implementasi
Read(panjang);
Read(lebar);
luas ← panjang*lebar;
Write (luas);
Setelah mengetahui struktur-struktur dari pseudocode, berikutnya kamu akan menuliskan struktur-struktur di atas tadi menjadi runtut agar menjadi sebuah algoritma yang utuh. Sebagai contoh:
Algoritma pseudocode untuk menentukan keliling persegi
Judul: Program Menentukan_Keliling_Persegi
Deklarasi
Var sisi,keliling: integer;
Implementasi
Read(sisi);
Keliling ← sisi*4;
Write(keliling);
Algoritma pseudocode untuk menentukan luas persegi panjang
Judul: Program Menghitung_luas_persegi_panjang
Deklarasi
var panjang, lebar, luas : integer;
Implementasi
Read(panjang);
Read(lebar);
luas ← panjang*lebar;
Write (luas);
Simbol Flowchart
Instruksi:
Pahami dan Rangkumlah materi di Atas sebagai acuan pembelajaran Algoritma dan Pemrograman sederhana dengan Psoudocode dan Flowchart ..
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar