Total Tayangan Halaman

Selasa, 31 Mei 2022

Materi Daring TIK-Informatika kelas 7 Semester Genap "Computasional Thinking.", Selasa 31 Mei 2022

Materi TIK-Informatika Kelas 7 Selasa 31 Mei 2022

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua. 

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Selasa 31 Mei 2022, Materi Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan minggu lalu dan pada pertemuan  Choaching Clinic pada hari ini kita akan membahas tentang "Berpikir Komputasional" . Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK :

  1. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
  2. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KD : 3.7. Menerapkan Berpikir Komputasional (Computational Thinking) untuk menyelesaikan persoalan yang memerlukan struktur data deret, himpunan, tumpukan, antrian, dan memahami algoritma, "robot" dan agen pemroses informasi.


Tujuan Pembelajaran :
 Peserta didik mampu :
 

  1. Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  2. Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  3. Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  4. Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  5. Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

Indikator Pencapaian : 3.7.1

  1. Mengamati dan menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi, Algoritma dan Flowchart dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  2. Menerapkan konsep struktur data dengan bagan alir flowchart dan refresentasi data

BERPIKIR KOMPUTASIONAL

 
 
Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah suatu metode dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika), Menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.

Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif.

berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu

1.   Dekomposisi.

Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.Contoh:

Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya :

  1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat ?
  2. Apa rasa yang akan diberikan ?
  3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan ?
  4. Apa packaging yang digunakan ?
  5. Bagaimana cara produksinya ?
  6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya ?
  7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan ?

 2.  Pengenalan pola.

Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya.

Contoh :

Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ?

Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22

 3.   Abstraksi.

Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.

Contoh :

Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.

Penyelesaian :

Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan Kegemaran.

4. Berpikir algoritma. 

Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah.

A. Pengenalan Pola Menggambar Fraktal

fraktal didefinisikan sebagai potongan yang tidak rata, salah satu variasi kurva yang tidak beraturan dan mengulangi dirinya sendiri pada skala tertentu. Konsep fraktal diusulkan oleh Mandelbrot, yang memberi istilah tersebut dari kata sifat bahasa latin yaitu fractus. Kata kerja yang berhubungan dengan fractus adalah frangere, yaitu memecah-mecah, membuat menjadi bagian-bagian yang tidak beraturan. Akan tetapi, di balik bentuk tak beraturan fraktal ini ada keteraturan dalam bentuk “kemiripan diri” (self-similarity), yaitu bentuk fraktal sebenarnya berasal dari suatu bentuk dasar yang teratur.

fraktal juga bisa dikatakan gambar dari sistem dinamis - gambar dari Chaos. Geometris, mereka ada di antara dimensi yang kita kenal. Pola fraktal sangat akrab, karena alam penuh dengan fraktal.

Misalnya: pohon, sungai, pantai, gunung, awan, kerang, angin topan, dll

fraktal Abstrak - seperti Set Mandelbrot - dapat dihasilkan oleh sebuah komputer menghitung persamaan sederhana berulang-ulang.

Tujuannya tidak perlu menunjukkan persis struktur yang sama pada semua skala, tapi sama "tipe" struktur harus muncul pada semua skala.Sebuah plot kuantitas pada grafik log-log dibandingkan skala kemudian memberikan garis lurus, yang lerengnya dikatakan dimensi fraktal .

Contoh dari bentuk Fraktal :





Contaoh Bentuk Fraktal Di alam :

 

 
SOAL LATIHAN...!
1. Apakah Yang Kamu Ketahui Tentang Artefak Komputasi..? sebutkan contoh-contohnya..!
2. Dalam Penerapan Tahapan dan Proses Penyelesaian suatu Kasus menggunakan Komputasi Algoritma, bagaimanakah Algoritma/Flowchart dari kasus mengirim surat..? (Gambarkan dengan Flowchart Juga)

Kerjakan Instruksi diatas pada lembaran kerja / buku rangkuman  TIK-Informatika kalian masing-masing dan Kirimkan hasil kepada Guru Mapel..

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...
.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...