Total Tayangan Halaman

Kamis, 16 Februari 2023

Materi Daring TIK-Informatika kelas 9 Semester Genap "Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi", Kamis 16 Februari 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Kamis 16 Februari 2023, Pada Pembelajaran hari ini kita masih membahas tentang "situs yang menyediakan search engine dan melacak alamat web melalui search engine".

. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.


SK : 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

KD : 3.7. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

 

Tujuan Pembelajaran : Dihadapkan dengan Peserta didik mampu :

  • Mengidentifikasi layanan yang ada di internet 
  • Mengidentifikasi manfaat layanan internet  
  • Menambahkan alamat website ke menu favorites  
  • Menentukan jenis layanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan
Indikator Pencapaian : 
  • Melakukan studi pustaka tentang layanan informasi dan manfaatnya 
  • Menemukan layanan yang ada di internet  
  • Menemukan manfaat layanan internet

"LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET ".
(Pertemuan 7)
 

Elektronic Mail (E-Mail)

Adalah sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim E-mail kita harus mempunyai Email atau Mail Box.

Jenis-jenis E-mail

A.    Web Base Mail : Web Mail merupakan email yang berbasis halaman web. Kita bisa mengakses email ini menggunakan browser pada komputer dimana saja, kita bisa mengirim ataupun menerima pesan dengan jaringan internet.

B.   Pop Mail : POP mail merupakan sebuah sistem email yang bisa kita terima dari Internet Service Provider (ISP) yang kita gunakan.

C.   Email Forwarding : merupakan sebuah layanan email untuk mengirim ulang pesan yang masuk ke email tujuan yang kita kehendaki. Maksudnya jika ada email yang masuk dan kita ingin mengirimkan email tersebut kepada orang lain.

 3.1 Macam-macam Email

Ada beberapa penyedia layanan email yang bisa digunakan secara gratis yang sudah banyak digunakan pada masyarakat umum didunia.

 

Gmail

Google memang tidak main-main dalam bidangnya, hampir disemua sektor ia ambil andil untuk produknya. Di sektor ini Google mempunyai layanan yaitu Gmail. Gmail merupakan penyedia layanan email gratis yang sudah sangat mendunia, jika kita ingin menggunakan smartphone berbasis Android layanan email yang kita pakai haruslah Gmail. Perlu diketahui Gmail memberikan batasan penyimpanan email hanya 15GB saja.

 

Yahoo

Sebenarnya sebelum Google muncul, Yahoo sudah terlebih dulu dipakai orang banyak, dialah yang menjadi perintis layanan email yang ada saat ini. Selain layanan email Yahoo juga memiliki layanan untuk chatting yaitu Yahoo Messenger. Jika Gmail memiliki batasan penyimpanan hanya 15 GB, tidak dengan Yahoo yang kabarnya bisa memberikan penyimpanan hingga 1000GB atau 1 TB.

 

Hotmail

Hotmail merupakan jasa layanan email gratis berbasis web, kelebihan yang dimiliki Hotmail sama seperti Yahoo yakni penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan Gmail sebesar 23GB. Namun user kebanyakan memakai Gmail karena bisa terintegrasi di semua produk Google yang bisa membantu mobilitasnya sehari-hari.

 

Fungsi Email
Kita sudah membahas apa itu email dan jenis-jenisnya diatas, sekarang mari kita bahas fungsi dari email tersebut. Berikut beberapa fungsi umum email:

1.      Media Komunikasi

     Kita bisa menggunakan Email sbagai alat komunikasi kita secara personal maupun secara umum.

2.      Media Pengiriman

     Email bisa dipakai untuk mengirim ataupun menerima suatu berkas atau file dengan berbagai ukuran dan media apapun. Media yang bisa kita kirim mendukung segala format.

3.      Media Sosial

      Hal penting untuk keperluan media sosial, karena memang untuk mendaftarkan akun media sosial kita membutuhkan email untuk alat berkomunikasi. Tidak hanya aku media sosial saja seperti Facebook, Instagram,Twitter yang membutuhkan email, akun online shop atau toko online pun membutuhkannya ketika ingin melakukan pendaftaran.



Latihan :
Lakukanlah sebuah study kasus untuk mengetahui dan menjelaskan macam-macam dari layanan informasi macam-macam dari email dan fungsi-fungsi email yang ada di internet secara berkelompok, kmudian tuangkan hasil study kasus pembelajaran ke dalam lembar kerja kelompok..!!
 
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...