Total Tayangan Halaman

Senin, 27 Februari 2023

Materi Daring TIK-Informatika kelas 7 Semester Genap "Algoritma dan Flowchart Pemrograman", Senin 27 Februari 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Senin 27 Februari 2023, Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang . Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.


SK : 4. Algoritma dan Flowchart Pemrograman

KD :
  • 3.11.1.  Memahami program visual dari demo dan tutorial. 
  • 3.11.2.  Mengenal cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.
  •  4.11.   Meniru (menulis ulang) sebuah program sederhana di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan.

Tujuan Pembelajaran : Dihadapkan dengan Peserta didik dapat : 

  • menjelaskan menu dan ikon pada program Scratch  
  • menggunakan menu dan ikon pada program Scratch  
  • membuat dokumen baru dengan program Scratch
Indikator Pencapaian : 
  • Menjelaskan pengertian program visual 
  • Mengidentifikasi berbagai program visual yang dijelaskan. 
  • Mengenal elemen dan objek program visual
  •  Mengenal program visual berbasis web 
  • Mengenal aplikasi IDE pemrograman visual 
  • Mempraktikkan program visual dan elemenya untuk tujuan yang sudah ditentukan
  • Menduplikasi program sederhana dilingkungan visual untuk berkenalan dengan lingkungan visual.
Pengenalan Pemrograman Visual Scratch

(Pertemuan 7)

 

Script

Scripts adalah kumpulan blok blok perintah yang akan kalian gunakan untuk memprogram. Masing masing blok memiliki fungsi fungsi yang berbeda. (Gambar SDE 0.7)

 

Motion Blocks di gunakan untuk menggerakan sprite, seperti perintah “move 10 step”. Perintah tersebut menggerakan sprite sebanyak 10 langkah.

 

Looks Blocks digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. Misalnya mengganti kostum pada sprite atau mengganti backdrop.


Sound Blocks digunakan untuk memberikan suara pada sprite ataupun stage. Seperti contoh memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.

Contoh Block Sound

 

Pen Blocks di gunakan untuk memberikan jejak pada sprite ketika sprite tersebut bergerak.

Contoh Block Pen


Data Blocks digunakan untuk menyimpan data pada program menggunakan variabel. Contoh penggunaan nya seperti pada game bola, dimana game terserbut perlu menyimpan score pemain. Variabel lah yang akan menyimpan score tersebut dan menampilkan nya di canvas.

Contoh Block Variabel 
 
 
 

Event Blocks adalah salah satu blok yang sangat penting dalam membuat program, karena di dalam nya ada perintah When green flag clicked yang artinya ketika bendera hijau pada canvas di klik, semua script di dalamnya akan di eksekusi.
Blok ini berfungi untuk men trigger script agar berjalan.

Contoh Block Event


 

Control Blocks digunakan untuk mengontrol script. Script dapat di kontrol dengan perintah seperti repeat 10 yang artinya ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali.

 

Contoh Block Control


Sensing Blocks digunakan untuk mendeteksi objek.

Contoh Block Sensing


Operators Blocks digunakan untuk melakukan operasi matematika.

Contoh Block Operators


Pelajarilah materi diatas berikut dirumah..

Latihan Program Scrath Pemula

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...