Total Tayangan Halaman

Jumat, 04 Agustus 2023

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Ganjil "Berpikir Komputasional", Jum'at 4 Agustus 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 4 Agustus 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 


Elemen 1 : Berpikir Komputasional

 

Capaian Pembelajaran :

  • Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan banyak solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate)

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan secara efisien persoalan komputasi yang mengandung algoritma.

Indikator Pembelajaran :

  • Siswa mampu memberikan jawaban yang tepat untuk setiap soal.
  • Siswa mampu mengimplementasikan konsep yang baru saja dipelajarinya pada soal-soal hasil modifikasi dari soal utama yang diberikan oleh guru.  
  • Siswa mampu memahami konsep Informatika yang terdapat dalam setiap soal.

BERPIKIR KOMPUTASIONAL
(Pertemuan 2)

Gelang Warna Warni

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu meneíapkan beípikií komputasional untuk menyelesaikan secaía efisien peísoalan komputasi yang mengandung algoíitma.

Siswa mengeíjakan aktivitas BK­-K7-­01-­U: Gelang Warna Warni

Siswa dihaíapkan menjelaskan apa jawaban dan bagaimana runtutan logika dari jawaban atas soal tersebut. Guru bisa memilih beberapa siswa secara acak menjelaskan jawaban atas soal tersebut. Guru selanjutnya berdiskusi dengan siswa dan menjelaskan cara yang paling efisien untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Walaupun setelah iterasi ke­5 manik­manik kuning masih tersisa dua buah, tetapi manik­manik teísebut sudah tidak dapat digunakan kaíena ada syaíat untuk tidak boleh menggunakan manik­manik beíwaína sama untuk diíangkai beísebelahan.

Pada umumnya, jika siswa tidak membaca soal ini dengan baik, siswa akan menjawab dengan terburu­buru dengan menjumlahkan semua banyaknya manik­manik, yaitu 5 + 3 + 7 + 2 = 17 buah. 

 

 Latihan:

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...