Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Agustus 2023

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Ganjil "Berpikir Komputasional", Jum'at 25 Agustus 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 25 Agustus 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 


Elemen 1 : Berpikir Komputasional

 

Capaian Pembelajaran :

  • Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan banyak solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate)

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan secara efisien persoalan komputasi yang mengandung algoritma.

Indikator Pembelajaran :

  • Siswa mampu memberikan jawaban yang tepat untuk setiap soal.
  • Siswa mampu mengimplementasikan konsep yang baru saja dipelajarinya pada soal-soal hasil modifikasi dari soal utama yang diberikan oleh guru.  
  • Siswa mampu memahami konsep Informatika yang terdapat dalam setiap soal.

 

BERPIKIR KOMPUTASIONAL
(Pertemuan 3)

Mengisi Ember

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan secara efisien persoalan komputasi yang mengandung optimasi.

Siswa mengerjakan aktivitas BK­-K7-­01-­U: Mengisi Ember


Setelah siswa menjawab soal, guru dihaíapkan mela­ kukan diskusi Socíates dengan siswa. Siswa diharapkan men­jelaskan apa jawaban dan bagaimana runtutan logika dari jawaban atas soal tersebut. Guru bisa memilih beberapa siswa secara acak menjelaskan jawaban atas soal tersebut. Guíu selanjutnya berdiskusi dengan siswa dan menjelaskan cara yang paling efisien untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Jawaban Aktivitas 3:
 
1 jam 30 menit

Penjelasan 

Proses pengisian ember terbagi menjadi tiga tahap yang masing­ masing tahap terdiri atas tiga puluh menit. Berikut adalah gambaran proses pengisian ember.






Soal ini menampilkan masalah optimasi penjadwalan. Penjadwalan digunakan dalam bidang Infoímatika ketika bebeíapa pekeíjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat kaíena pekeíjaan teísebut dibagikan ke bebeíapa CPU untuk dipíoses: kita memilih CPU mana yang akan mengeíjakan tugas teítentu dan kita dapat menentukan duíasi pekeíjaannya. Teídapat banyak algoíitma penjadwalan. Salah satu algoíitma teímudah adalah “firsī come, firsī served” – “pekeíjaan yang datang teílebih dahulu, dikeíjakan teílebih dahulu.”

Latihan...!!!

1. Siapkanlah 2 gelas air mineral sebagai pengganti ember dan satu pipet plastik,
2. Kemudian gunakanlah pipet tersebut untuk mengisi air dari wadah ember lain ke empat gelas air mineral tersebut.
3. Berapakah waktu yang dipakai supaya ke 2 gelas air mineral tersebut dapat terisi penuh air dengan pilihan cara dan estimasi waktu tersingkat yang kalian tentukan sendiri...?

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...