Total Tayangan Halaman

Senin, 21 Oktober 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 8 Semester Ganjil "Sistem Komputer", Senin 21 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 21 Oktober 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Sistem Komputer
". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB 4 : Sistem Komputer

Fase    : D

CP       : Peserta didik mampu memahami :

  • Berpikir Komputasional
    Peserta didik mampu memahami konsep  himpunan  data  terstruktur dalam kehidupan  sehari-hari, memahami konsep  lembar kerja pengolah data dan  menerapkan berpikir  komputasional dalam  menyelesaikan persoalan yang  mengandung himpunan data  berstruktur sederhana dengan  volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang  diperlukan pada berbagai bidang;  mampu menuliskan sekumpulan  instruksi dengan menggunakan  sekumpulan kosakata terbatas  atau simbol dalam format  pseudocode.
  • Literasi Digital
    Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin  pencari di internet; mengetahui  kredibilitas sumber informasi  digital dan mengenal ekosistem  media pers digital; membedakan  fakta dan opini; memahami  pemanfaatan perkakas teknologi  digital untuk membuat laporan,  presentasi, serta analisis dan  interpretasi data; mampu  mendeskripsikan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer;  memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan  internet baik kabel maupun  nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual;  memahami pemanfaatan media digital untuk  produksi dan diseminasi konten.  Peserta didik mampu memahami  pentingnya menjaga rekam jejak  digital, mengamalkan toleransi  dan empati di dunia digital,  memahami dampak perundungan  digital, membuat kata sandi yang  aman, memahami pengamanan  perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang  bersifat privat dan publik,  melindungi data pribadi dan  identitas digital, serta memiliki  kesadaran penuh (mindfulness)  dalam dunia digital.
  • Analisis Data
    -
  • Algoritma dan Pemrograman
    -

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :

  • Memahami fungsi sistem komputeí (perangkat  keras  dan sistem operasi) yang memungkinkannya untuk meneíima input, menyimpan, memproses dan menyajikan data sesuai dengan spesifikasinya.


(Pertemuan 1)
Komponen Perangkat
Sistem Komputer


Komponen Sistem Komputer

Sistem Komputer Adalah suatu perangkat elektronik terdiri dari perangakat keras dan Lunak yang melakukan tugas tertentu (menerima Inputan, Menerima proses, menyediakan output dan menyimpan perintah-perintah dalam bentuk informasi.

Sistem komputer terdiri dari 4 komponen yaitu: perangkat keras (hard-ware), perangkat lunak (software), dan pengguna (Brainware).

  1. Perangkat Keras (Hardware Component)

Seperti namanya, perangkat keras adalah sesuatu yang dapat disentuh. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU, memori dan peralatan I/O. CPU sendiri terdiri dari tiga komponen utama :

  • Arithmetic Logic Unit (ALU) : untuk melakukan perhitungan.
  • Control Unit (CU): mengontrol pemrosesan intruksi dan perpindahan data dari satu bagian CPU ke bagian lainnya.
  • Interface Unit (Bus) : memindahkan instruksi dan data antara CPU dan perangkat keras lainnya.
  • Hardware juga dapat berupa Komponen fisik yang dapat dilihat, disentuh, dan dipindahkan. Contohnya, motherboard, prosesor, memori, hard disk, optical drive, VGA card, sound card, LAN card, USB card, modem, power supply, casing, keyboard, mouse, webcam, monitor, speaker, dan printer.

2. Perangkat Lunak (Software Component)

Perangkat lunak tersusun atas program yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer. Komputer harus melaksanakan instruksi yang terdapat dalam program untuk mendapatkan hasil yang berguna.

Ada 2 macam perangkat lunak yaitu sistem software dan application software

Program-program yang berjalan di atas perangkat keras komputer. Contohnya, sistem operasi (OS), perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak tambahan. 

  • Sistem software berguna untuk mengatur file, me-load dan meng-eksekusi program serta menerima perintah dari mouse atau keyboard. Sistem software biasa disebut dengan sistem operasi (operating system)
  • Sedang application software adalah software yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh : application software adalah Microsoft Word, Microsoft Excel.

3. Brainware (Pengguna)

  • Manusia yang mengendalikan dan menggunakan hardware serta software komputer. 
    Komponen-komponen komputer saling bekerja sama dan saling berinteraksi untuk menjalankan perintah dari pengguna. Jika salah satu komponen tidak ada, maka komputer tidak akan bisa bekerja dengan baik.


    Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen yaitu:
        perangkat keras (hardware)
        perangkat lunak (software)
        pengguna (brainware)

    Perangkat Keras Komputer
    Namanya juga perangkat keras, berarti bisa disentuh ya. Perangkat keras dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu:

        perangkat bagian masukan (input)
        perangkat bagian keluaran (output)
        perangkat bagian pemrosesan (processing)
        perangkat bagian penyimpanan (storage)

    Contoh perangkat masukan:
        keyboard
        mouse
        microphone
        dll

    Contoh perangkat keluaran:
        monitor
        speaker
        printer
        dll

    Register adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses. Contoh storage:

        Harddisk (HDD)
        Solid State Drive (SSD)
        Flashdrive (Flashdisk cuy)
        eMMC
        dll

    Perangkat Lunak Komputer
    Perangkat lunak pada komputer dibagi menjadi tiga yaitu:

        sistem operasi
        perangkat lunak aplikasi
       
    Software berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer dan tanpanya komputer tidak dapat difungsikan. Kita bahas lebih jauh ya!

    Sistem Operasi
    Sistem operasi atau bahasa gaulnya operating system, merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh OS yang sering digunakan di PC:
        Windows
        Linux
        Unix
        MacOs
        Solaris
        dll

    Sedangkan kalau di smartphone ada Android dan iOS. Sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.

    Perangkat Lunak Aplikasi
    Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Berikut ini beberapa contoh aplikasi:

        Pengolah kata (word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro.
        Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro.
        Pengolah basis data (database) : Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server.
        Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon.
        Peramban internet dan aplikasi pesan: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram.
        Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator.
        Multimedia: GOM Player, iTunes.

    Perangkat Lunak Pemrograman
    Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contohnya:

        C++
        Visual Basic
        Scratch
        Python
        Pascal
        dll

    Pengalamatan Memori
    Ketika kita menyimpan suatu data agar bisa dibuka di waktu yang lain, perlu mekanisme yang disebut pengalamatan memori (memory addressing). Komputer sering menampilkan alamat memori dalam sistem bilangan heksadesimal.

    Sistem heksadesimal menggunakan 16 macam simbol, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C. D, E, dan F.
    Huruf-huruf A, B, C, D, E, F berturut-turut nilainya adalah 10, 11, 12, 13, 14, 15.

    Sistem heksadesimal mengorganisasikan memori utama ke dalam suatu byte yang terdiri atas 8 bit (binary digit).

    Setiap byte digunakan untuk menyimpan satu karakter alfanumerik yang dibagi dalam dua grup setiap bagian 4 bit.

    Jika satu byte dibentuk dari dua grup 4 bit, setiap bagian 4 bit disebut nibble. Empat bit pertama disebut high-order nibble dan 4 bit kedua disebut low-order nibble.

    Nah aturan konversi heksadesimal ukuran 4 bit terdapat pada tabel dibawah ini:

    Kalau konversi dari desimal ke heksadesimal tinggal pakai cara yang sama seperti dari desimal ke biner ya tapi dengan basis 16.

    Kalau konversi dari heksadesimal ke desimal juga sama kok seperti dari biner ke desimal dengan basis 16. Nah yang akan kita perdalam adalah dari biner ke heksadesimal ok?

    Cara Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal dengan Tabel Konversi

    Hal hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonversi bilangan biner ke heksadesimal:

        Gunakan tabel apabila tersedia, karena itu memudahkan kita.
        4 digit bilangan biner akan setara dengan 1 digit bilangan heksadesimal.
        Kalau bagian paling kiri ternyata kurang dari 4 angka, tinggal kasih angka nol di paling kiri nya.

    Nah berikut ini adalah tabelnya:

    -

    Jadiii misalkan kalau kalian disuruh ubah dari 10101010 ke heksadesimal. Langkahnya:

        Pecah menjadi 4 digit 4 digit dari paling kanan
        Jadinya dari 10101010 menjadi 1010 1010
        Lihat di tabel berapa 1010 itu? oh ternyata A
        Jadi 10101010 = AA
        Beres

    Contoh lain ubahlah 1001110 ke heksadesimal. Langkahnya:

        Pecah menjadi 4 digit 4 digit dari paling kanan
        Jadinya dari 1001110 menjadi 100 1110
        Waah ternyata bagian paling kirinya hanya 3 angka ya kan? Ingat tinggal tambahkan nol
        Jadinya 0100 1110
        Lihat di tabel untuk setiap urutannya
        Oh ternyata 0100 = 4
        Oh ternyata 1110 = E
        Jadi 1001110 = 4E
        Beres

    Cara Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal Tanpa Tabel Konversi
    Caranya adalah:

        Pecah bilangan biner menjadi 4 digit 4 digit
        Tulis angka 8421 berurutan dibawah angka yang sudah dipecah tadi
        Kalikan angka 4 digit dengan 8421 secara berurutan
        Jumlahkan hasil 4 angka tersebut pada setiap bagiannya
        Beres

    Contohnya harus mengubah 00110010 ke heksadesimal, jadinya:

    Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Sistem Komputer

    -

    Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal

    Alamat memori komputer biasanya ditampilkan dalam bentuk heksadesimal yang digunakan komputer saat menyimpan data.

    Setiap kali sepotong informasi atau data disimpan, komputer harus menghitung di mana data akan disimpan dalam memori, berdasarkan segmen dan alamat dari hard drive.

    Alamat memori ditampilkan sebagai dua bilangan heksadesimal, sebagai contoh 0000:0008.

    Bilangan heksa yang pertama disebut alamat segmen, sedangkan bilangan kedua disebut alamat offset.

    Untuk mengetahui alamat fisik pada perangkat keras kita hanya perlu menambahkan nilai bilangan pada alamat segmen dan alamat offset dalam format heksadesimal. Contohnya:

    -

    Central Processing Unit

    Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari sebuah komputer, yang berisi semua sirkuit yang dibutuhkan untuk memproses input, menyimpan data dan hasil keluaran.

    CPU dapat memproses setiap instruksi program komputer dengan mudah karena ada Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU).

    Secara fisik, CPU adalah sirkuit terintegrasi atau yang juga dikenal dengan nama chip. CPU sendiri memiliki beberapa lapisan (layer).

    Gerbang sirkuit dan logika merupakan bentuk abstraksi dalam pengaturan operasi dari CPU, sedangkan chip merupakan bentuk fisiknya.

    Secara abstraksi, dalam melakukan perhitungan, CPU mengombinasikan berbagai gerbang logika menjadi sebuah gerbang sirkuit.

    Gerbang logika bekerja pada bilangan biner (hanya terdapat 2 kode bilangan biner yaitu, angka 1 dan 0) dengan cara mengambil dua input biner, melakukan operasi pada mereka, dan mengembalikan output.

    Ada tujuh jenis Gerbang logika, yaitu OR, NOR, AND, NAND, XOR, XNOR, dan NOT. Berikut ini adalah tabel logika tersebut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...