Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 21 Oktober 2024,
Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Sistem Komputer". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
BAB 4 : Sistem Komputer
Fase : D
CP : Peserta didik mampu memahami :
- Berpikir KomputasionalPeserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.
- Literasi DigitalPeserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.
- Analisis Data
- - Algoritma dan Pemrograman
-
Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Memahami fungsi sistem komputeà (perangkat keras dan sistem operasi) yang memungkinkannya untuk meneÃima input, menyimpan, memproses dan menyajikan data sesuai dengan spesifikasinya.
(Pertemuan 1)
Komponen Perangkat Sistem Komputer
Komponen Sistem Komputer
Sistem Komputer Adalah suatu perangkat elektronik terdiri dari perangakat keras dan Lunak yang melakukan tugas tertentu (menerima Inputan, Menerima proses, menyediakan output dan menyimpan perintah-perintah dalam bentuk informasi.
Sistem komputer terdiri dari 4 komponen yaitu: perangkat keras (hard-ware), perangkat lunak (software), dan pengguna (Brainware).
- Perangkat Keras (Hardware Component)
Seperti namanya, perangkat keras adalah sesuatu yang dapat disentuh. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU, memori dan peralatan I/O. CPU sendiri terdiri dari tiga komponen utama :
- Arithmetic Logic Unit (ALU) : untuk melakukan perhitungan.
- Control Unit (CU): mengontrol pemrosesan intruksi dan perpindahan data dari satu bagian CPU ke bagian lainnya.
- Interface Unit (Bus) : memindahkan instruksi dan data antara CPU dan perangkat keras lainnya.
- Hardware juga dapat berupa Komponen fisik yang dapat dilihat, disentuh, dan dipindahkan. Contohnya,
motherboard, prosesor, memori, hard disk, optical drive, VGA card,
sound card, LAN card, USB card, modem, power supply, casing, keyboard,
mouse, webcam, monitor, speaker, dan printer.
2. Perangkat Lunak (Software Component)
Perangkat lunak tersusun atas program yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer. Komputer harus melaksanakan instruksi yang terdapat dalam program untuk mendapatkan hasil yang berguna.
Ada 2 macam perangkat lunak yaitu sistem software dan application software.
Program-program yang berjalan di atas perangkat keras komputer. Contohnya, sistem operasi (OS), perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak tambahan.
- Sistem software berguna untuk mengatur file, me-load dan meng-eksekusi program serta menerima perintah dari mouse atau keyboard. Sistem software biasa disebut dengan sistem operasi (operating system).
- Sedang application software adalah software yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh : application software adalah Microsoft Word, Microsoft Excel.
3. Brainware (Pengguna)
- Manusia yang mengendalikan dan menggunakan hardware serta software komputer.Komponen-komponen komputer saling bekerja sama dan saling berinteraksi untuk menjalankan perintah dari pengguna. Jika salah satu komponen tidak ada, maka komputer tidak akan bisa bekerja dengan baik.Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen yaitu:
perangkat keras (hardware)
perangkat lunak (software)
pengguna (brainware)
Perangkat Keras Komputer
Namanya juga perangkat keras, berarti bisa disentuh ya. Perangkat keras dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu:
perangkat bagian masukan (input)
perangkat bagian keluaran (output)
perangkat bagian pemrosesan (processing)
perangkat bagian penyimpanan (storage)
Contoh perangkat masukan:
keyboard
mouse
microphone
dll
Contoh perangkat keluaran:
monitor
speaker
printer
dll
Register adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses. Contoh storage:
Harddisk (HDD)
Solid State Drive (SSD)
Flashdrive (Flashdisk cuy)
eMMC
dll
Perangkat Lunak Komputer
Perangkat lunak pada komputer dibagi menjadi tiga yaitu:
sistem operasi
perangkat lunak aplikasi
Software berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer dan tanpanya komputer tidak dapat difungsikan. Kita bahas lebih jauh ya!
Sistem Operasi
Sistem operasi atau bahasa gaulnya operating system, merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh OS yang sering digunakan di PC:
Windows
Linux
Unix
MacOs
Solaris
dll
Sedangkan kalau di smartphone ada Android dan iOS. Sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.
Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Berikut ini beberapa contoh aplikasi:
Pengolah kata (word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro.
Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro.
Pengolah basis data (database) : Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server.
Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon.
Peramban internet dan aplikasi pesan: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram.
Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator.
Multimedia: GOM Player, iTunes.
Perangkat Lunak Pemrograman
Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya. Contohnya:
C++
Visual Basic
Scratch
Python
Pascal
dll
Pengalamatan Memori
Ketika kita menyimpan suatu data agar bisa dibuka di waktu yang lain, perlu mekanisme yang disebut pengalamatan memori (memory addressing). Komputer sering menampilkan alamat memori dalam sistem bilangan heksadesimal.
Sistem heksadesimal menggunakan 16 macam simbol, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C. D, E, dan F.
Huruf-huruf A, B, C, D, E, F berturut-turut nilainya adalah 10, 11, 12, 13, 14, 15.
Sistem heksadesimal mengorganisasikan memori utama ke dalam suatu byte yang terdiri atas 8 bit (binary digit).
Setiap byte digunakan untuk menyimpan satu karakter alfanumerik yang dibagi dalam dua grup setiap bagian 4 bit.
Jika satu byte dibentuk dari dua grup 4 bit, setiap bagian 4 bit disebut nibble. Empat bit pertama disebut high-order nibble dan 4 bit kedua disebut low-order nibble.
Nah aturan konversi heksadesimal ukuran 4 bit terdapat pada tabel dibawah ini:
Kalau konversi dari desimal ke heksadesimal tinggal pakai cara yang sama seperti dari desimal ke biner ya tapi dengan basis 16.
Kalau konversi dari heksadesimal ke desimal juga sama kok seperti dari biner ke desimal dengan basis 16. Nah yang akan kita perdalam adalah dari biner ke heksadesimal ok?
Cara Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal dengan Tabel Konversi
Hal hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonversi bilangan biner ke heksadesimal:
Gunakan tabel apabila tersedia, karena itu memudahkan kita.
4 digit bilangan biner akan setara dengan 1 digit bilangan heksadesimal.
Kalau bagian paling kiri ternyata kurang dari 4 angka, tinggal kasih angka nol di paling kiri nya.
Nah berikut ini adalah tabelnya:
-
Jadiii misalkan kalau kalian disuruh ubah dari 10101010 ke heksadesimal. Langkahnya:
Pecah menjadi 4 digit 4 digit dari paling kanan
Jadinya dari 10101010 menjadi 1010 1010
Lihat di tabel berapa 1010 itu? oh ternyata A
Jadi 10101010 = AA
Beres
Contoh lain ubahlah 1001110 ke heksadesimal. Langkahnya:
Pecah menjadi 4 digit 4 digit dari paling kanan
Jadinya dari 1001110 menjadi 100 1110
Waah ternyata bagian paling kirinya hanya 3 angka ya kan? Ingat tinggal tambahkan nol
Jadinya 0100 1110
Lihat di tabel untuk setiap urutannya
Oh ternyata 0100 = 4
Oh ternyata 1110 = E
Jadi 1001110 = 4E
Beres
Cara Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal Tanpa Tabel Konversi
Caranya adalah:
Pecah bilangan biner menjadi 4 digit 4 digit
Tulis angka 8421 berurutan dibawah angka yang sudah dipecah tadi
Kalikan angka 4 digit dengan 8421 secara berurutan
Jumlahkan hasil 4 angka tersebut pada setiap bagiannya
Beres
Contohnya harus mengubah 00110010 ke heksadesimal, jadinya:
Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Sistem Komputer
-
Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal
Alamat memori komputer biasanya ditampilkan dalam bentuk heksadesimal yang digunakan komputer saat menyimpan data.
Setiap kali sepotong informasi atau data disimpan, komputer harus menghitung di mana data akan disimpan dalam memori, berdasarkan segmen dan alamat dari hard drive.
Alamat memori ditampilkan sebagai dua bilangan heksadesimal, sebagai contoh 0000:0008.
Bilangan heksa yang pertama disebut alamat segmen, sedangkan bilangan kedua disebut alamat offset.
Untuk mengetahui alamat fisik pada perangkat keras kita hanya perlu menambahkan nilai bilangan pada alamat segmen dan alamat offset dalam format heksadesimal. Contohnya:
-
Central Processing Unit
Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari sebuah komputer, yang berisi semua sirkuit yang dibutuhkan untuk memproses input, menyimpan data dan hasil keluaran.
CPU dapat memproses setiap instruksi program komputer dengan mudah karena ada Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU).
Secara fisik, CPU adalah sirkuit terintegrasi atau yang juga dikenal dengan nama chip. CPU sendiri memiliki beberapa lapisan (layer).
Gerbang sirkuit dan logika merupakan bentuk abstraksi dalam pengaturan operasi dari CPU, sedangkan chip merupakan bentuk fisiknya.
Secara abstraksi, dalam melakukan perhitungan, CPU mengombinasikan berbagai gerbang logika menjadi sebuah gerbang sirkuit.
Gerbang logika bekerja pada bilangan biner (hanya terdapat 2 kode bilangan biner yaitu, angka 1 dan 0) dengan cara mengambil dua input biner, melakukan operasi pada mereka, dan mengembalikan output.
Ada tujuh jenis Gerbang logika, yaitu OR, NOR, AND, NAND, XOR, XNOR, dan NOT. Berikut ini adalah tabel logika tersebut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar