Total Tayangan Halaman

Jumat, 18 Juli 2025

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 8 Semester Ganjil "INFORMATIKA & PEMBELAJARANNYA", Jum'at 18 Juli 2025

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Jum'at 18 Juli 2025, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
Informatika & Pembelajarannya. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

MA-1   : Informatika dan Pembelajarannya

Fase    : D 

Capaian Pembelajaran :

Berpikir Komputasional 

Peserta didik mampu memahami konsep  himpunan  data  terstruktur dalam kehidupan  sehari-hari, memahami konsep  lembar kerja pengolah data dan  menerapkan berpikir  komputasional dalam  menyelesaikan persoalan yang  mengandung himpunan data  berstruktur sederhana dengan  volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang  diperlukan pada berbagai bidang;  mampu menuliskan sekumpulan  instruksi dengan menggunakan  sekumpulan kosakata terbatas  atau simbol dalam format  pseudocode.

Literasi Digital 

Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin  pencari di internet; mengetahui  kredibilitas sumber informasi  digital dan mengenal ekosistem  media pers digital; membedakan  fakta dan opini; memahami  pemanfaatan perkakas teknologi  digital untuk membuat laporan,  presentasi, serta analisis dan  interpretasi data; mampu  mendeskripsikan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer;  memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan  internet baik kabel maupun  nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual;  
memahami pemanfaatan media digital untuk  produksi dan diseminasi konten.  Peserta didik mampu memahami  pentingnya menjaga rekam jejak  digital, mengamalkan toleransi  dan empati di dunia digital,  memahami dampak perundungan  digital, membuat kata sandi yang  aman, memahami pengamanan  perangkat dari berbagai jenis 
malware, memilah informasi yang  bersifat privat dan publik,  melindungi data pribadi dan  identitas digital, serta memiliki  kesadaran penuh (mindfulness)  dalam dunia digital.

Analisis Data 
-

Algoritma dan Pemrograman 

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :

  • Merefleksikan  materi  Informatika yang sudah dipeíoleh di kelas VII 
  • Menjelaskan materi  Informatika yang akan dipelajari  di kelas VIII


I.P (Informatika & Pembelajarannya 

Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?

Informatika kelas VIII merupakan kelanjutan dari Informatika kelas VII. Elemenelemen pengetahuan yang dipelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII ini sama dengan kelas VII, tetapi untuk kasus dan persoalan yang lebih kompleks dan lebih samar. Aktivitas Informatika kelas VIII juga dirancang untuk lebih memperdalam dan memperluas pengetahuan yang sudah dikuasai di kelas VII. Berikut adalah gambaran umum yang akan kalian pelajari pada kelas VIII ini.

2.       Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan). Latihan berpikir komputasional melalui kasus-kasus yang disajikan dalam buku ini diharapkan membentuk pola berpikir untuk penyelesaian persoalan yang solusinya efektif, efisien, dan optimal, sama dengan kelas VII, tetapi untuk persoalan yang lebih kompleks dibandingkan dengan kelas VII, dan contoh bahasannya adalah persoalan terkait konsep komputasi dan representasi data.

3.       Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih kompleks. Selain itu, kalian akan belajar untuk merangkum bacaan digital karena teknik membaca digital berbeda dengan membaca bahan cetak. Kemampuan membaca bacaan digital sangat diperlukan di abad ke-21 karena akan lebih banyak bacaan digital ketimbang bahan bacaan cetak. Kalian akan diberi ide untuk memanfaatkan laboratorium virtual yang saat ini banyak tersedia dengan sajian menarik sehingga dapat menjadi inspirasi dalam melakukan percobaan-percobaan yang sulit dilakukan di laboratorium nyata.

4.       Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori. Jika di kelas VII kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di kelas VIII, kalian akan masuk ke “dalam” komputer. Sama dengan belajar tubuh manusia, kalian akan belajar “organ-organ” (komponen) komputer yang tidak kasat mata, dan mempelajari bagaimana komponen tersebut berfungsi.

5.       Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.

6.       Pada Bab Analisis Data (AD), akan mempelajari lebih dalam dibandingkan dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data, dan visualisasi data.

7.       Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly. Mengapa harus kenal dua bahasa pemrograman? Karena bahasa pemrograman itu hanya digunakan untuk coding. Konsep pemrograman yang sama dapat diimplementasi dalam bahasa pemrograman yang berbeda. Dalam kehidupan, kita tidak bisa hidup hanya dengan satu bahasa, bukan? Misalnya, kalian minimal belajar bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Selain itu, jika fasilitas di sekolah memungkinkan, kalian dapat belajar pemrograman dengan menggunakan robot kecil, yaitu Ozobot.

8.       Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis. Apa yang baik sebaiknya menjadi dasar kalian berperilaku di dunia maya. Apa buruk, membahayakan diri, atau bahkan kurang baik di media sosial, sebaiknya kalian hindari. Modul DSI menyajikan kasus-kasus yang dapat menjadi bahan renungan kalian dalam menentukan sikap, berkreasi, dan berperilaku di dunia maya.

9.       Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain.

Penugasan..
Bentuklah Kelompok mulai 2 sampai 3 anggota.
isilah lembar Kerja Siswa sesuai dengan arahan dari guru mata pelajaran.. kemudian ikuti arahan lanjut dari guru mapel..

Selamat Belajar..  

 

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 9Semester Ganjil "Berpikir Komputasional - Review Studi Kasus soal Bebras", Jumat 29Juli 2025

  Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Jum'at 29 Juli...