Total Tayangan Halaman

Jumat, 04 September 2020

Materi Daring kls 9A " BAB 2 Sistem Jaringan Internet A. Sejarah Singkat Jaringan (Jum'at 4 September 2020)

BAB 2 SISTEM JARINGAN INTERNET

A. SEJARAH SINGKAT JARINGAN KOMPUTER

Tujuan : Siswa/i dapat Mengetahui dan mengerti Sejarah dan perkembangan Jaringan Komputer / Internet.

Pada awal tahun 1943 pertama kali konsep jaringan lahir di Amerika dari sebuah proyek riset Hardvard University yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken dan proyek tersebut hanya memanfaatkan sebuah perangkat computer untuk dapat dipakai bersama dalam mengerjakan program dengan proses baruntun.

Tahun 1950 terciptanya jenis computer besar dengan super komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). TSS bekerja dengan konsep distribusi proses berdasarkan waktu, dimana pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
 

Tahun 1940-an: Batch Processing
Komputer 1940-an batch processing

Awal mula perkembangan jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat. Saat itu, para akademisi Universitas Harvard sedang melakukan penelitan di bawah pimpinan Prof. H. Aiken. Topik yang diteliti adalah mengenai pengembangan komputer model I. Pada waktu proses penelitian, muncullah implementasi program yang disebut batch processing. Cara kerja proses beruntun ini adalah memanfaatkan beberapa komputer untuk mengerjakan program atau pekerjaan sekali waktu.

Tahun 1950-an: pengembangan TSS (Time Sharing System)
Sekitar 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1950, aktivitas penggunaan dan pengembangan dari sistem komputer semakin masif. Kondisi ini, akhirnya memicu munculnya sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS. TSS sendiri merupakan suatu sistem yang memungkinkan komputer bertindak sebagai server mapun host.
Time Sharing System komputer
Dengan demikian, komputer dapat mengakses maupun diakses menggunakan media terminal, client, workstation yang tersedia dalam waktu bersamaan. TSS adalah sistem pertama yang benar-benar mengimplementasikan konsep jaringan komputer. Jadi, dapat dikatakan bahwa Time Sharing System merupakan cikal bakal network yang Anda kenal sampai sekarang.


Tahun 1970-an: Distribution Processing
1970 Distribution Processing

Sejarah perkembangan jaringan komputer berlanjut 30 tahun kemudian. Pada masa ini, sistem TSS telah dikembangkan menjadi distribution processing. Penggunaan sistem ini memungkinkan 2 host komputer untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Disamping itu, setiap host dan juga server memiliki kemampuan untuk melayani banyak terminal atau client. Satu lagi aspek yang menonjol dari sistem ini adalah meningkatnya kemampuan host atau server untuk mengolah dan melayani station.

Tahun 1980-an: penggunaan TCP/IP untuk standarisasi jaringan
Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol yang diberi nama TCP (Transmission Control Protocol). TCP inilah yang saat ini Anda kena dengan nama IP atau Internet Protocol. Kehadiran protokol ini membuat banyak komputer dan usernya bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan global. Kemudian, di tahun 1984 muncullah apa yang disebut dengan DNS.
Secara sederhana, DNS dapat diartikan sebagai kumpulan alamat web yang berbeda. Alamat web tersebut dapat dikunjungi siapapun yang terhubung ke jaringan internet. Lalu, pada waktu yang sama juga muncul topologi jaringan komputer yang pertama yaitu LAN. Dengan adanya LAN, maka dua komputer dapat terkoneksi satu sama lain tanpa menggunakan media host maupun server.

IP untuk standarisasi jaringan
Tahun 1988, perkembangan jaringan komputer semakin pesat. Ini ditandai dengan kemuculan IRC atau Internet Relay Chat yang dikembangkan oleh Jarkko Oikaren. IRC merupakan program yang memungkinkan Anda untuk melakukan chatting melalui jaringan internet dengan user lain. Pada waktu itu, penggunaan IRC oleh user sangat intens karena belum populernya fitur SMS.

Tahun 1990-an: lahirnya World Wide Web
Seorang bernama Tim Bernes Lee mulai merancang dan mengembang sebuah program yang dapat melihat seluruh isi internet. Program yang dirancang dan dikembangkan pada tahun 1990 ini diberi nama World Wide Web. Dengan adanya WWW, maka beberapa komputer bisa membentuk suatu jaringan.

world Wide Web

Pada tahun ini pula, program e-retail mulai muncul. Disini, Anda dapat berbelanja menggunakan alamat website. Pada tahap selanjutnya, e-retail terus berkembang hingga menjadi e-commerce. Selain e-retail, program Yahoo dan juga Netscape Navigator mulai bermunculan. Yahoo umumnya digunakan untuk chatting dengan user lain. Sementara itu, kegunaan dari Netscape Navigator adalah menyediakan akses kepada user untuk browsing.

Selasa, 01 September 2020

Materi Daring Informatika Kelas 7A "PERANGKAT KERAS KOMPUTER B. Antarmuka Pengguna (User Interface) C. Perangkat Input Devcice " (Selasa 1 September 2020)

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Tujuan Pembelajaran :
1.   Mengetahui dan Memahami Jenis antar muka yang digunakan oleh komputer

B. Antarmuka Pengguna (User Interface), Perangkat Inputan (Input device)
  • Pengertian antarmuka
Interface adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface/ Character User Interface (CLI/CUI) dan Graphical User Interface(GUI).
        
User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
  • Tujuan antarmuka pengguna (User Interface)
Tujuan user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.

·           Jenis-jenis User Interface
Ada dua jenis User Interface yaitu :
1 . Command Line Inteface (CLI) :
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.
Pengguna CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.
2. Graphical User Interface (GUI)
Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows.Bagi mereka,
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, kon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball.
Sama seperti CL, tiap-tiap siste operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama desktop environment, yang masing-masing menghasilkan roduk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME.

C. Perangkat Input (Input Device)

1.     Keyboard
Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol serta melakukan perintah-perintah pada komputer. Tanpa adanya perangkat ini, pengguna tidak akan bisa mengetikkan data yang mereka inginkan, sehingga keberadaannya sangatlah penting.

2. Mouse
Mouse adalah perangkat keras yang berukuran kecil dan mudah digenggam yang umumnya memiliki dua tombol dan sebuah bola atau laser di bawahnya untuk menggerakkan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakkan kursor, melakukan scroll (pada mouse jenis tertentu), di mana keduanya akan membuat komputer bisa menjalankan perintah yang diinginkan pengguna.
3. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol yang memiliki banyak tombol di dalamnya. Perangkat ini digunakan untuk bermain game pada komputer.
4. Touchpad
Touchpad merupakan sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna ke posisi yang diinginkan pada layar monitor. Perangkat ini ada pada laptop dan notebook yang memiliki cara kerja seperti mouse.
.
5. Digitizer
Digitizer merupakan perangkat masukan yang berbentuk datar seperti papan yang memiliki beberapa tombol di bagian samping dan sebuah pena khusus untuk menulis atau menggambar data yang tersambung pada komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital. 
6. Barcode Scanner
Barcode scanner atau barcode reader adalah alat yang berbentuk gagang dan berisi laser berwarna merah. Laser tersebut berfungsi untuk memindai barcode yang biasanya terdapat pada kemasan suatu barang. Barcode tersebut berupa suatu kode berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka menggunakan barcode scanner. Alat ini biasanya digunakan di toko untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya sehingga memudahkan proses jual-beli. 
7. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang berfungsi untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan monitor komputer. Bentuknya seperti pena dan tersambung ke perangkat komputer dengan kabel. 
8. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Perangkat ini digunakan saat Anda ingin memindahkan data yang berbentuk hard file pada kertas menjadi bentuk soft file ke dalam komputer yang hasilnya berupa gambar atau file PDF. Bila dikombinasikan dengan printer, scanner bisa digunakan menjadi mesin fotokopi berukuran kecil. 

9. Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang bentuknya mirip dengan mouse, hanya saja terdapat sebuah bola pada bagian tengah yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan dan berfungsi sebagai alat penunjuk pada komputer. 
10. Microphone
Microphone merupakan perangkat yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah sebagai alat untuk merekam suara yang biasa digunakan saat konferensi atau melakukan video call. 
11. WebCam
WebCam adalah kamera real-time yang gambarnya bisa diakses melalui WWW, program instant messaging, atau aplikasi video call yang memasukkan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

Materi Daring Kelas 8A Informatika "BAB 2 Algorirtma dan Pemrograman" (Selasa 1 September 2020)

BAB 2 Algoritma dan Pemrograman Kelas 8

Tujuan Pembelajaran :
-  Memahami Pengertian algoritma dan peranannya,
-  Memahami cara menggeneralisasi masalah untuk membangun algoritma,


Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan.
Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
Algoritmanya adalah:
·         Mulai
·         Tentukan nilai x
·         Hitung nilai y = 3x + 8
·         Cetak nilai x dan y
·         Selesai
Walaupun algoritma bisa dibilang jantung ilmu komputer atau informatika, tetapi jangan beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Misal cara memasak mie, cara membuat kue, dan lainnya.
Jika kita buat algoritma memasak mie akan seperti di bawah ini:
  • Siapkan 1 bungkus mie instan, 400 ml air (2 gelas), panci, mangkok, sendok, dan garpu
  • Masukkan 400 ml air kedalam panci
  • Masak air
  • Tunggu hingga mendidih
  • Masukkan mie kedalam panci yang sudah berisi air mendidih
  • Tunggu dan aduk hingga 3 menit
  • Jika sudah matang masukkan bumbu
  • Aduk hingga rata
  • Sajikan mie

Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.
Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

Senin, 31 Agustus 2020

Materi Daring kls 9B " BAB 2 Sistem Jaringan Internet A. Sejarah Singkat Jaringan (Senin 31 Agustus)

BAB 2 SISTEM JARINGAN INTERNET

A. SEJARAH SINGKAT JARINGAN KOMPUTER

Tujuan : Siswa/i dapat Mengetahui dan mengerti Sejarah dan perkembangan Jaringan Komputer / Internet.

Pada awal tahun 1943 pertama kali konsep jaringan lahir di Amerika dari sebuah proyek riset Hardvard University yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken dan proyek tersebut hanya memanfaatkan sebuah perangkat computer untuk dapat dipakai bersama dalam mengerjakan program dengan proses baruntun.

Tahun 1950 terciptanya jenis computer besar dengan super komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). TSS bekerja dengan konsep distribusi proses berdasarkan waktu, dimana pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
 

Tahun 1940-an: Batch Processing
Komputer 1940-an batch processing

Awal mula perkembangan jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat. Saat itu, para akademisi Universitas Harvard sedang melakukan penelitan di bawah pimpinan Prof. H. Aiken. Topik yang diteliti adalah mengenai pengembangan komputer model I. Pada waktu proses penelitian, muncullah implementasi program yang disebut batch processing. Cara kerja proses beruntun ini adalah memanfaatkan beberapa komputer untuk mengerjakan program atau pekerjaan sekali waktu.

Tahun 1950-an: pengembangan TSS (Time Sharing System)
Sekitar 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1950, aktivitas penggunaan dan pengembangan dari sistem komputer semakin masif. Kondisi ini, akhirnya memicu munculnya sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS. TSS sendiri merupakan suatu sistem yang memungkinkan komputer bertindak sebagai server mapun host.
Time Sharing System komputer
Dengan demikian, komputer dapat mengakses maupun diakses menggunakan media terminal, client, workstation yang tersedia dalam waktu bersamaan. TSS adalah sistem pertama yang benar-benar mengimplementasikan konsep jaringan komputer. Jadi, dapat dikatakan bahwa Time Sharing System merupakan cikal bakal network yang Anda kenal sampai sekarang.


Tahun 1970-an: Distribution Processing
1970 Distribution Processing

Sejarah perkembangan jaringan komputer berlanjut 30 tahun kemudian. Pada masa ini, sistem TSS telah dikembangkan menjadi distribution processing. Penggunaan sistem ini memungkinkan 2 host komputer untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Disamping itu, setiap host dan juga server memiliki kemampuan untuk melayani banyak terminal atau client. Satu lagi aspek yang menonjol dari sistem ini adalah meningkatnya kemampuan host atau server untuk mengolah dan melayani station.

Tahun 1980-an: penggunaan TCP/IP untuk standarisasi jaringan
Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol yang diberi nama TCP (Transmission Control Protocol). TCP inilah yang saat ini Anda kena dengan nama IP atau Internet Protocol. Kehadiran protokol ini membuat banyak komputer dan usernya bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan global. Kemudian, di tahun 1984 muncullah apa yang disebut dengan DNS.
Secara sederhana, DNS dapat diartikan sebagai kumpulan alamat web yang berbeda. Alamat web tersebut dapat dikunjungi siapapun yang terhubung ke jaringan internet. Lalu, pada waktu yang sama juga muncul topologi jaringan komputer yang pertama yaitu LAN. Dengan adanya LAN, maka dua komputer dapat terkoneksi satu sama lain tanpa menggunakan media host maupun server.

IP untuk standarisasi jaringan
Tahun 1988, perkembangan jaringan komputer semakin pesat. Ini ditandai dengan kemuculan IRC atau Internet Relay Chat yang dikembangkan oleh Jarkko Oikaren. IRC merupakan program yang memungkinkan Anda untuk melakukan chatting melalui jaringan internet dengan user lain. Pada waktu itu, penggunaan IRC oleh user sangat intens karena belum populernya fitur SMS.

Tahun 1990-an: lahirnya World Wide Web
Seorang bernama Tim Bernes Lee mulai merancang dan mengembang sebuah program yang dapat melihat seluruh isi internet. Program yang dirancang dan dikembangkan pada tahun 1990 ini diberi nama World Wide Web. Dengan adanya WWW, maka beberapa komputer bisa membentuk suatu jaringan.

world Wide Web

Pada tahun ini pula, program e-retail mulai muncul. Disini, Anda dapat berbelanja menggunakan alamat website. Pada tahap selanjutnya, e-retail terus berkembang hingga menjadi e-commerce. Selain e-retail, program Yahoo dan juga Netscape Navigator mulai bermunculan. Yahoo umumnya digunakan untuk chatting dengan user lain. Sementara itu, kegunaan dari Netscape Navigator adalah menyediakan akses kepada user untuk browsing.

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...