PERANGKAT KERAS
KOMPUTER
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengetahui
dan Memahami Jenis antar muka yang digunakan oleh komputer
B. Antarmuka
Pengguna (User Interface), Perangkat Inputan (Input device)
- Pengertian antarmuka
Interface adalah salah
satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara
pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem
operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis
antarmuka, yaitu Command Line Interface/ Character User Interface (CLI/CUI)
dan Graphical User Interface(GUI).
User interface, berfungsi untuk
menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem
pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan
pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang
akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user
interface adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem,
interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan /
membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
- Tujuan antarmuka pengguna (User Interface)
Tujuan user
interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user
mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.
·
Jenis-jenis User Interface
Ada dua jenis
User Interface yaitu :
1 . Command
Line Inteface (CLI) :
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana
penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. CLI adalah sebuah bentuk antarmuka
antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah
dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk
memasukinya.
Pengguna CLI biasanya adalah
administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi
memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash,
ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command
prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna
Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau
machintosh namanya adalah commandshell.
2. Graphical
User Interface (GUI)
Penganut GUI
biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows.Bagi
mereka,
GUI adalah tipe
antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi
melalui gambar-gambar grafik, kon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing
device) seperti mouse atau track ball.
Sama seperti
CL, tiap-tiap siste operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya.
Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada
Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada
dua pengembangan utama desktop environment, yang masing-masing menghasilkan
roduk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME.
C. Perangkat Input (Input Device)
1. Keyboard
Keyboard adalah perangkat yang
digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol serta melakukan
perintah-perintah pada komputer. Tanpa adanya perangkat ini, pengguna tidak
akan bisa mengetikkan data yang mereka inginkan, sehingga keberadaannya
sangatlah penting.
2. Mouse
Mouse adalah perangkat keras yang
berukuran kecil dan mudah digenggam yang umumnya memiliki dua tombol dan sebuah
bola atau laser di bawahnya untuk menggerakkan kursor (pointer). Fungsi
mouse adalah untuk menggerakkan kursor, melakukan scroll (pada mouse
jenis tertentu), di mana keduanya akan membuat komputer bisa menjalankan
perintah yang diinginkan pengguna.
3. Joystick
Joystick merupakan perangkat
keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol yang memiliki
banyak tombol di dalamnya. Perangkat ini digunakan untuk bermain game pada
komputer.
4. Touchpad
Touchpad merupakan sebuah alat
penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menerjemahkan
gerakan dan jari-jari pengguna ke posisi yang diinginkan pada layar monitor.
Perangkat ini ada pada laptop dan notebook yang memiliki cara kerja seperti
mouse.
5. Digitizer
Digitizer merupakan perangkat
masukan yang berbentuk datar seperti papan yang memiliki beberapa tombol di
bagian samping dan sebuah pena khusus untuk menulis atau menggambar data yang
tersambung pada komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah data analog menjadi
data digital.
6. Barcode Scanner
Barcode scanner atau barcode
reader adalah alat yang berbentuk gagang dan berisi laser berwarna merah. Laser
tersebut berfungsi untuk memindai barcode yang biasanya terdapat pada kemasan
suatu barang. Barcode tersebut berupa suatu kode berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka
menggunakan barcode scanner. Alat ini biasanya digunakan di toko untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnya sehingga memudahkan proses jual-beli.
7. Light Pen
Light pen adalah pointer
elektronik yang berfungsi untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan
monitor komputer. Bentuknya seperti pena dan tersambung ke perangkat komputer
dengan kabel.
8. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras
yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital.
Perangkat ini digunakan saat Anda ingin memindahkan data yang berbentuk hard
file pada kertas menjadi bentuk soft file ke dalam komputer yang
hasilnya berupa gambar atau file PDF. Bila dikombinasikan dengan printer,
scanner bisa digunakan menjadi mesin fotokopi berukuran kecil.
9. Trackball
Trackball adalah perangkat keras
yang bentuknya mirip dengan mouse, hanya saja terdapat sebuah bola pada bagian
tengah yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan dan berfungsi sebagai alat
penunjuk pada komputer.
10. Microphone
Microphone merupakan perangkat
yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah
sebagai alat untuk merekam suara yang biasa digunakan saat konferensi atau
melakukan video call.
11. WebCam
WebCam adalah kamera real-time
yang gambarnya bisa diakses melalui WWW, program instant messaging, atau
aplikasi video call yang memasukkan hasil data rekaman dan dibentuk
dalam format digital.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar