BAB 2 Algoritma dan Pemrograman Kelas 8
Tujuan Pembelajaran :
- Memahami Pengertian algoritma dan peranannya,
- Memahami cara menggeneralisasi masalah untuk membangun algoritma,
Algoritma adalah
urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu
masalah yang ditulis secara berurutan.
Sehingga, algoritma pemrograman adalah
urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Algoritma untuk menghitung nilai
y dari persamaan y = 3x + 8
Algoritmanya adalah:
·
Mulai
·
Tentukan nilai x
·
Hitung nilai y = 3x + 8
·
Cetak nilai x dan y
·
Selesai
Walaupun
algoritma bisa dibilang jantung ilmu komputer atau informatika, tetapi jangan
beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam
kehidupan sehari-hari, terdapat banyak proses yang dinyatakan dalam suatu
algoritma. Misal cara memasak mie, cara membuat kue, dan lainnya.
Jika kita buat
algoritma memasak mie akan seperti di bawah ini:
- Siapkan 1 bungkus mie instan, 400 ml air (2 gelas), panci, mangkok, sendok, dan garpu
- Masukkan 400 ml air kedalam panci
- Masak air
- Tunggu hingga mendidih
- Masukkan mie kedalam panci yang sudah berisi air mendidih
- Tunggu dan aduk hingga 3 menit
- Jika sudah matang masukkan bumbu
- Aduk hingga rata
- Sajikan mie
Penyajian algoritma secara garis
besar dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar.
Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu
(misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode
adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal,
atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan
kepada programmer.
Sedangkan untuk algoritma yang
disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah
bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau
merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat
bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar