Total Tayangan Halaman

Kamis, 18 Februari 2021

Materi Daring Informatika Kelas 8 "KD 3.5 PRAKTIK LINTAS BIDANG" E. Memulai Menggunakan Aplikasi Scrath" Kamis 18 Februari 2021

 PRAKTIK LINTAS BIDANG


3.5.2  KOLABORASI LEWAT TEMATIK.

Tujuan Pembelajaran :  
Peserta didik dapat mencoba membuat program dengan kasus yang ditentukan dimata pelajaran lain (dengan program Scratch).
- Peserta didik dapat mencoba membuat kalkulator BMI, sebagai Contoh identifikasi suatu persoalan yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.
 

Apersepsi :
Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat wal-afiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA Kelas 8A hari ini Kamis 18 Februari 2021,  

 

E. Memulai Menggunakan Aplikasi Scrath 

 Pengenalan Cara memulai Menggunakan Scratch dengan membuat Animasi Game Sederahana.

Bukalah terlebih dahulu aplikasi SCRATCH, dan berikut ini cara membuat gambar bergerak di scratch.

1)    Ketika kita ingin memberikan gerak/animasi pada seekor kucing yang ada di scratch, pertama-tama klik perintah “kontrol” di pojok kiri atas.


 2)   Setelah itu klik dan tarik tulisan “ketika (symbol bendera hijau) diklik” ke arah tempat  “semua skrip”.


 3)  Masih tetap di control, klik dan tarik tulisan “jalankan tanpa henti” ke arah tempat “semua skrip”.



 4)  Jika ingin bergerak, klik tulisan “gerakan” lalu pilih “bergerak sebanyak 10 step” kemudian tarik ke arah “semua skrip”.

 5)    Kita play terlebih dahulu yuk, supaya kita tahu sudah sampai mana. Nah cara mem’play nya adalah klik tombol bendera yang berwarna hijau di atas pojok kanan.



 6)   Ternyata kucing nya berjalan sangat cepat, nah sekarang kita akan membuat bagaimana cara nya kucing ini berjalan dengan agak lambat ya. Baik kita akan melanjutkan lagi.

  7) Klik “tampilan” dan tarik tulisan “kostum berikutnya”.


 8)   Kemudian dibawah nya klik dan tarik tulisan “ketika (symbol bendera hijau) diklik” ke arah tempat  “semua skrip” lagi. 

 


 9)    Dan Masih tetap di control, klik dan tarik tulisan “jalankan tanpa henti” ke arah tempat “semua skrip” lagi.


  10)    Tetap di control, klik dan tarik tulisan “tunggu selama 1 detik”.


 11)Setelah itu, pilih symbol atau tulisan “suara” lalu pilih suara yang kita inginkan klik dan tarik tulisan “mainkan suara kitten sampai selesai” ke tempat “semua skrip”.


 12) Setelah itu, ayo kita “play” kucingnya. Sudah tahu kan caranya seperti apa? Kalau lupa silahkan lihat cara yang “nomor  5” ya.

 

 13) Setelah play selesai dan suara kucing pun sudah terdengar, mari kita mengganti latar belakangnya agar tidak membosankan. Caranya klik “hasil program” lalu pilih “semua latar belakang”.

 14) Kemudian klik “impor” kali ini pilih outdoor saja untuk contoh. Setelah itu akan ada banyak contok latar belakang yang indah, kalian pilih salah satu nya lalu klik “ok”.

 

 15)    Sekarang kita coba play lagi.


 16)    Selesai! Silahkan mencoba..

 

Intruksi:  Rangkumlah Materi Diatas Untuk Bahan Pembelajaran Praktikum dalam Menggunakan Program Scratch Di rumah / leb komputer sekolah..
Kirimkan Hasil Rangkuman dan Foto Selfie Sedang Merangkum Via WA keapada Guru Mapel..
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan langsung kepada guru mapel..

Wassalammualaikum Wr Wb    Terimakasih...

Selasa, 16 Februari 2021

Materi Daring Informatika Kelas 7 "KD 2.4 Pemrograman Visual - Pengenalan dan Cara Memulai Menggunakan Scratch" Selasa 16 Februari 2021

 KD 2.3 Pomrograman Visual –

Belajar Membuat Program Operator Matematika dengan Scratch

 

Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat Memahami konsep pemrograman visual
  • Mengenal lingkungan kerja Scratch
  • Memahami Berbagai Blok Program dan lingkungan kerja untuk membuat program berupa game sederhana.

 Apersepsi: 

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat wal-afiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua.

Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA Kelas 7A hari ini Selasa 16 Februari 2021, 

D. Belajar Membuat Program Operator Matematika dengan Scratch 

Hari ini, Bapak akan mengadakan Quiz sekaligus Pengambilan Nilai Postest. 

Silahkan disimak Video Tutorial Pembelajaran berikut ini Hingga Selesai :  

 

Dari Penjelasan video tutorial di atas, Silahkan siswa/i sekalian untuk menuliskan kembali rumus-rumus koding program pada video tutorial diatas kedalam buku.

Dari penulisan rumus2 di atas, silahkan siswa/i gunakan untuk membuat bagan alur Flowchartnya...

Kirimkan hasil jawaban via WA kepada Guru Mapel Beserta Foto Selfie Sedang Mengerjakan Ujian Postest+Quiznya...

Jika masih ada yang belum di mengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Teknologi Informasi dan Komunikasi", Jum'at 18 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 18 Oktobe...