Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 April 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Genap "Dampak Sosial Informatika", Jum'at 26 April 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 26 April 2024, Pada
Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

BAB        : Dampak Sosial Informatika

Elemen    : Dampak Sosial Informatika (DSI)


Capaian Pembelajaran :

  • siswa mampu menyadari keberadaan dunia digital disekitarnya, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial media, serta memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital dan menerapkan etika dunia maya.

Alur Tujuan Pembelajaran :  

a. Siswa mampu menjelaskan dampak positif dan negatif teknologi, khususnya teknologi informasi terhadap produktivitas.

b.  Siswa mampu menganalisis dan menyimpulkan dampak positif dan negatif teknologi informasi.

c.  Siswa mampu menjelaskan kemudahan berkolaborasi di dunia maya beserta etika dan praktik baiknya.

d.  Siswa mampu berkolaborasi menggunakan media digital dan tempat penyimpanan bersama.   

Dampak Sosial Informatika
Pertemuan 1
 

A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu. 

Agar dapat berinteraksi dengan perangkat lain, TI dapat ditambah dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan internet. Dengan tambahan peralatan komunikasi tersebut, penggunanya dapat berkomunikasi dan mentransmisikan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu. TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Saat ini, TIK sangat membantu kita dalam melaksanakan aktivitas keseharian kita. Contoh pengaruh TIK dalam kehidupan kita ialah sebagai berikut.

  • Aktivitas keseharian
  • Pendidikan/e-learning
  • Kesehatan
  • Perdagangan
  • Pekerjaan

2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

TIK telah berdampak pada kehidupan manusia, baik berupa dampak positif seperti meningkatnya produktivitas, efektivitas, dan eisiensi. Namun, di sisi lain, TIK juga memiliki dampak negatif, seperti berkurangnya interaksi tatap muka langsung (face-to-face), dan banyak beredarnya berita bohong di internet.

a. Dampak Positif

  • Pengelolaan kegiatan keseharian
  • Komunikasi dan hubungan sosial
  • Pencarian informasi dan berbagi informasi
  • Hiburan
  • Pendidikan
  • Lingkungan tanpa kertas (paperless)
  • Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari

b. Dampak Negatif

  • Penyebaran informasi yang salah
  • Kecanduan internet dan game
  • Cyberbullying
  • Berkurangnya aktivitas sosial
  • Berkurangnya aktivitas isik
  • Potensi kehilangan pekerjaan
  • Potensi korban kejahatan

B. Kolaborasi Dunia Maya

Kolaborasi untuk melaksanakan pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan dengan TIK. Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu. Pada masa pandemi, di mana aktivitas harus banyak dilakukan dari rumah, kolaborasi daring menjadi pilihan yang tepat karena pekerjaan dan belajar dapat berlangsung dengan efektif.

C. Media Sosial

Media sosial ialah salah satu tek nologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi Komputasi. Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, serta membagikan informasi tersebut dalam komunitas virtual. Komunitas virtual tersebut berjalan di atas jaringan komputer atau internet.

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....  

Senin, 22 April 2024

Materi Pembelajaran TIK-Informatika kelas 8 Semester Genap "Berpikir Komputasional", Senin 22 April 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 22 April 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK :  Berpikir Komputasional

 

KD : 

  • 3.8 Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya  
  • 4.8. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
  • Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memrogram yang mengenal kondisi

Indikator Pembelajaran :

  • Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  • Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  • Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  • Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  • Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

BERPIKIR KOMPUTASI (Computational Thinking)
(Pertemuan 1)

Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah suatu metode dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika), Menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.

Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif.

berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu:

1.   Dekomposisi.

Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.Contoh:

Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya :

  1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat..?
  2. Apa rasa yang akan diberikan..?
  3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan..?
  4. Apa packaging yang digunakan..?
  5. Bagaimana cara produksinya..?
  6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya..?
  7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan..?

2.   Pengenalan pola.

Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya.

Contoh :
Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ?

Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22

3.   Abstraksi.

Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.

Contoh :

Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.

Penyelesaian :

Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan Kegemaran.

4. Berpikir algoritma.
Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah.

Latihan:
Pilihlah salah satu metode berikut ini (Dekomposisi, Abstrasksi) dalam menyelesaikan sebuah kasus/persoalan yang kalian tentukan sendiri..!!

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...