Total Tayangan Halaman

Jumat, 28 Juli 2023

Materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9 Semester Ganjil "Pengenalan Internet dan Intranet", Jum'at 28 Juli 2022

Materi TIK-Informatika Kelas 9 Jum'at 28 Juli 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... 

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Jum'at 28 Juli 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Jaringan Internet dan  Intranet. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet

 

KD : 3.1 Menjelaskan pengertian Internet/Intranet

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  1. Memahami / menjelaskan pengertian internet
  2. Memahami / Menjelaskan pengertian intranet
  3. Menyebutkan manfaat internet
  4. Membedakan Internet dan Intranet
  5. Mengetahui / memahami sejarah dan Perkembangan Internet
  6. Memahami / menjelaskan keuntungan / kerugian internet

Indikator Pencapaian : 3.1.1

  1. Menjelaskan pengertian internet 
  2. Menjelaskan pengertian intranet 
  3. Menyebutkan manfaat internet 
  4. Menjelaskan sejarah singkat internet di dunia dan di Indonesia
BAB 1  Dasar-dasar penggunaan / Pengenalan internet/intranet

 1. Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh. 

2. Pengertian Intranet
Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.
 
Istilah internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata internet berarti jaringan antara atau penghubung. Artinya internet adalah jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, yang terhubung dengan menggunakan protokol TCP/IP. 
Dengan internet, kamu bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jutaan situs web yang tersebar di seluruh dunia. Internet seperti sebuah perpustakaan raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi yang kita butuhkan, baik berupa tulisan, gambar, maupun multimedia. 
Sekarang melalui internet, kita bisa melakukan jual-beli, seorang pelajar dapat dengan mudah mencari informasi ke seluruh perpustakaan yang ada di dunia, atau bahkan seorang mahasiswa tidak harus pergi ke kampusnya karena kuliah dilakukan secara online.

Layanan internet meliputi: komunikasi langsung seperti chatting; diskusi seperti e- mail, millis; informasi yang terdistribusi seperti situs web, transfer file (FTP) serta masih banyak lagi layanan yang lainnya. 
 
3. Perbedaan Antara Internet dan Intranet
Internet :

  • Jaringan yang sangat Luas (Internasional Bahkan Sedunia)
  • Memiliki Jaringan yang Kuat
  • Perkembangan yang Sangat Pesat
  • Bisa di akses kapan saja dan dimana saja
Intranet:
  • Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dl


Salinlah Materi Tugas Pembelajaran pada lembar kerja / buku rangkuman TIK-Informatika masing-masing sebagai acuan bahan pembelajaran...

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Selasa, 23 Mei 2023

Materi Daring TIK-Informatika kelas 8 Semester Genap "Berpikir Komputasi", Selasa 23 Mei 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Selasa Selasa 23 Mei 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK : 6 Berpikir Komputasional

 

KD :
  1. 3.6 Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya 
  2. 4.6. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
  • Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memprogram yang mengenal kondisi

Indikator Pembelajaran :

  • Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  • Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan.
  • Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  • Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  • Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

Kodifikasi Boolean
(Pertemuan 7)

Kodifikasi Boolean : inspirasi dari soal Bebras 2017-CA-01 Area Parkir

Terdapat 12 tempat untuk parkir mobil di sebuah area parkir. Setiap tempat diberi nomor. Gambar di bawah ini menunjukkan kondisi area parkir pada hari Senin dan pada hari Selasa.


Mobil yang parkir (pada hari Senin maupun Selasa) pasti akan parkir di tempat yang tergambar.

Pertanyaan :

Berapa banyak tempat parkir yang tidak pernah terisi mobil pada hari Senin maupun hari Selasa?

Jawaban : 4

Penjelasan :

Pertama dapat dilakukan pengamatan tempat mana saja yang dipakai mobil, dengan menggabungkan kedua hari tersebut. Lalu dihitung banyaknya tempat yang kosong.

Pada gambar dapat dimodelkan tempat yang diisi mobil sebagai satu (1) dan tempat kosong sebagai nol (0), sehingga satu tempat parkir direpresentasikan dengan satu bit. Untuk itu, jika diurutkan mulai baris atas lalu ke baris bawah dapat diperoleh 101001001010 untuk hari Senin dan 100100000111 untuk area parkir pada hari Selasa. Lalu dapat diamati untuk menentukan pasangan bit mana dari kedua belas posisi pada kedua representasi biner yang keduanya bernilai nol (0).

 

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

 

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...