Total Tayangan Halaman

Selasa, 15 Oktober 2019

Materi TIK Kelas 9 SMP KOMUNIKASI DAN KEAMANAN DATA

Materi TIK Kelas 9 SMP
KOMUNIKASI DAN KEAMANAN DATA

ARTI KOMUNIKASI DATA
         Komunikasi Data : Merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media Komunikasi Data.
         Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.
         komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet
         Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
         Melalui Infrastruktur TerestrialMenggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL),Frame RelayVPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
         Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

PERBEDAAN KOMUNIKASI DATA DENGAN JARINGAN KOMPUTER
      Perbedaan mendasar antara jaringan komputer dan komunikasi dataadalah komunikasi data lebih cenderung pada kehandalan dan efisiensi transfer sejumlah bit-bit dari satu titik ke tujuannya sementara jaringan komputer menggunakan teknik komunikasi data namun lebih mementingkan arti dari tiap bit dalam proses pengiriman hingga diterima di tujuannya
         Komunikasi data merupakan transmisi data elektronik melalui sebuah media. Media tersebut dapat berupa kabel tembaga, fiber optikradio frequency dan micro wave (gelombang mikro) dan sebagainya (dibahas pada komponen jaringan). Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data seringkali disebut jaringan komunikasi data.

Komponen Komunikasi Data
         1. Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
         2. Penerima, adalah piranti yang menerima data
         3. Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
         4. Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
         5. Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali

FUNGSI KOMUNIKASI DATA
·         Efisiensi pengiriman data dalam jumlah besar (tanpa kesalahan dan ekonomis)
         Memungkinkan penggunaan sistem komputer & peralatan pendukungnya dr jauh (remote computer use)
         Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi.
         Mendukung manajemen dalam hal kontrol karena memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun tersebar
         Memungkinkan kemungkinan pengelolaan data dan pengaturan data yg ada dalam berbagai macam sistem komputer
         Mengurangi waktu untuk pengolahan data
         Mendapat data langsung dari sumbernya atau memperoleh data bisnis selagi data tersebut dibuat (online)
         Mempercepat penyebaran informasi

MACAM-MACAM KOMUNIKASI DATA
·         Komunikasi data terbagi atas 3 macam, yaitu :
         1. Simplex Data dikirimkan hanya kesatu arah saja. Pengirim dan penerima tugasnya tetap. Metode ini paling jarang digunakan dalam sistem komunikasi data. Contoh : Komunikasi siaran radio (radio broadcasting), Komunikasi siaran televisi, radio panggil (pager)
         2. Half Duflex (HDX) Data dapat dikirimkan ke-2 arah secara bergantian. Pada metode ini trdapat turn around time, yaitu : waktu yang diperlukan mengganti arah transfer data. Contoh : Chatting, Sort Massage Service (SMS), komunikasi pada radio dua arah (H/T, radio panggil polisi, dan lain-lain).
         3.Full Duflex (FDX) Data kirimkan dan diterima secara bersamaan. Contoh : Komunikasi menggunakan : telepon, hand phone (mobile phone)

ARTI KEAMANAN DATA
         Keamanan database adalah suatu cara untuk melindungi database dari ancaman baik dalam bentuk kesengajaan atau pun tidak.
       
        Keamanan Data adalah bagian yang vital. Perlu pengamanan ekstra. Suatu sistem yang hanya dapat mengumpulkan/mencatat data ditambah kemampuan untuk menganalisa dan memprosesnya menjadi informasi adalah sebuah sistem yang lugu. Perlu ditambahkan prosedur kemanan untuk data tersebut, yaitu prosedur backup atau replikasi. Backup data ini sendiri perlu sehingga bila terjadi hal-hal yang mengganggu atau pun merusak sistem, kita masih memiliki data yang tersimpan di tempat dan di media lain yang aman. Gangguan dan perusakan terhadap data ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya: virus/worm, bencana alam dan buatan, terorisme, cracker/hacker, dll. Betapa pentingnya masalah keamanan data ini sampai menjadi bisnis di bidang TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang berdiri sendiri. Misalnya adalah datawarehouse, asuransi keamanan data, anti-virus, dll. 

JENIS KEAMANAN DATA

Keamanan Data

Untuk menjaga keamanan data-data, pada saat data tersebut dikirim dan pada saat data tersebut telah disimpan di jaringan komputer, maka dikembangkan beberapa teknik pengamanan data. Berikut ini beberapa teknik pengamanan data yang ada pada saat ini.
1 .  Enkripsi
Enkripsi adalah sebuah proses yang melakukan perubahan sebuah kode dari yang bisa dimengerti menjadi sebuah kode yang tidak bisa dimengerti (tidak terbaca). Enkripsi juga dapat diartikan sebagai kode atau chipper.
2 .  Firewall
Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasi-kan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antardua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial.
3 .  Kriptografi
Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita (Bruce Schneier - Applied Cryptography). Atau, ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data. Tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi.
Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi. Berikut ini keempat tujuan tersebut.
a.  Kerahasiaan, adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dan informasi dari siapa pun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka atau mengupas informasi yang telah disandi.
b.  Integritas data, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubstitusian data lain ke dalam data yang sebenarnya.
c.   Autentikasi, adalah berhubungan dengan identifikasi atau pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
d.  Non-repudiasi, atau nir-penyangkalan adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman atau terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan atau membuat.
4 .  Secure Socket Layer (SSL)
Secure Soccer Layer adalah suatu bentuk penyandian data sehingga informasi rahasia seperti nomor kartu kredit atau kontrol autentikasinya tidak dapat dibaca atau diakses oleh pihak lain selain pemiliknya dan server (pemilik servis).
5.  Pretty Good Privacy
Pretty Good Privacy adalah salah satu algoritma keamanan komunikasi data melalui internet untuk komunikasi harian semacam electonic mail. PGP merupakan gabungan antara sistem pembiatan digest, enkripsi simetris, dan asimetris.
6.  Sniffer Paket
Secara kontekstual, sniffer paket adalah pengendus paket atau dapat pula diartikan “penyadap paket” yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer, yaitu sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer.
Oleh karena data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, maka aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan terkadang menguraikan isi dari RFC (Request for Comments) atau spesifikasi yang lain.
Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch), salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur aduk (promiscuous mode) untuk “mendengarkan” semuanya (umumnya pada jaringan kabel).
Sniffer paket dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut ini.
a.    Mengatasi permasalahan pada jaringan komputer.
b.    Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Inyudion).
c.    Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi tertentu.
d.    Memata-matai penggunaan jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikinya (misalnya password).
e.    Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.

ANCAMAN KEAMANAN DATA
ü Ancaman Aktif
Ø  Interruption 
Ø  Interruption terjadi bila data yang dikirimkan dari A tidak sampai pada orang yang berhak (B). Interruption merupakan pola penyerangan terhadap sifat availability (ketersediaan data). Contohnya adalah merusak dan membuang data-data pada suatu sistem komputer, sehinggga menjadi tidak ada dan tidak berguna. Serangan ini terjadi jika pihak ketiga (C) berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komunikasi. Contohnya, dengan menyadap data yang melalui jaringan  public (wiretapping) atau menyalin secara tidak sah  file atau program.  Interception mengancam sifat kerahasiaan data.
Ø  Modification 
Ø  Pada serangan ini pihak ketiga berhasil merubah pesan yang dikirimkan. Modification merupakan pola penyerangan terhadap sifat integritas data.

Ø  Fabrication 
Ø  merupakan ancaman terhadap integritas, yaitu orang yang tidak berhak yang meniru atau memalsukan suatu objek ke dalam sistem. Jadi, penyerang berhasil mengirimkan pesan menggunakan identitas orang lain.
×       
Ancaman pasif mencakup :
Ø  kegagalan sistem,
Ø  kesalahan manusia dan
Ø  bencana alam.
v  
Ada 2 bentuk serangan terhadap data yang disimpan di jaringan komputer, yaitu Hacking dan Cracking.
Ø  Hacking adalah usaha memasuki secara ilegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri file,data, dan sebagainya
Ø  Cracking adalah usaha memasuki secara ilegal sebuah jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut.
  • Pelaku Hacking di sebut Hacker dan
  • Pelaku Caracking di sebur Cracker
Program yang di pakai hacker dan cracker:
         1.IP Scanner
         2. P Sniffer
         3.Network Analyzer
         4.Email Bombs
         5.Spamming
         6.TCP Wrapper
         7.Password Cracking
         
     Angry Ip Scanner adalah merupakan software yang berfungsi untuk mendeteksi, melacak dan memonitoring alamat ip yang sedang aktif di dalam sebuah jaringan komputer. Sebelum sobat menjalankan sebuah aplikasi ini, sobat harus terlebih dulu untuk mengetahui pengertian tentang ip address dan subnet yang digunakan Dengan aplikasi ini kita dapat memonitoring dan mengertahui alamat ip yang digunakan pc client, hostname, port yang digunakan, MAC address pc client, bahkan situs web yang sedang dilihat oleh pc client dan lain-lain. Software ini mempunyai kapasitas memory yang sangat kecil tetapi banyak feature yang sangat menarik dan perlu untuk dicoba.
   Sniffer adalah program yang membaca dan menganalisa setiap protokol yang melewati mesin di mana program tersebut diinstal. Kartu jaringan (network card) dapat diset oleh beberapa program tertentu, sehingga dapat memonitor dan menangkap semua lalu lintas jaringan yang lewat tanpa peduli kepada siapa paket tersebut dikirimkan. Aktifitasnya biasa disebut dengan sniffing
     Spamming adalah kegiatan mengirim email palsu dengan memanfaatkan server email yang memiliki “smtp open relay” atau spamming bisa juga diartikan dengan pengiriman informasi atau iklan suatu produk yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu bagi yang dikirim.
         Password cracking adalah istilah umum yang menggambarkan sekelompok teknik yang digunakan untuk memperoleh password pada sebuah sistem data.
         Email bomb atau yang dikenal dengan mail bomb adalah salah satu bentuk kejahatan di internet dengan cara membanjiri email korban dengan data atau kiriman email yang banyak. Sehingga ada kemungkinan email korban tidak bisa diakses lagi. Email yang tidak dapat di akses bisa saja berhari-hari, berjam-jam atau mungkin selamanya.
         Pengertian TCP Wrappers TCP Wrappers merupakan salah satu metode filter (access control list) di sistem operasi Unix Like untuk membatasi suatu host yang ingin menggunakan service yang ada di server. Biasanya TCP Wrappers sudah terinstal secara default waktu penginstalan Linux.
         Dengan menggunakan beberapa tool tersebut seorang hacker atau cracker dapat melihat langsung kemampuan pengamanan dan keamanan sebuah jaringan komputer dan kemudian memanfaatkan kelemahan jaringan komputer tersebut untuk melakukan penyusupan.

18 komentar:

  1. Baik, terimakasih atas rangkumannya pak🙏

    BalasHapus
  2. Ok terimakasih atas materi di atas pak dpt menambah pengetahuan sya🙏

    BalasHapus
  3. Ok terimakasih atas materi di atas pak dpt menambah pengetahuan sya🙏

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak atas materi yg bapak kasih semoga kedepannya saya bisa lebih mengerti materi apa yang bapak kasih😅
    MUHAMMAD HADYA ALLEREDHA IX A

    BalasHapus
  5. Pak gimana cara mengamankan data jaringan kita agar tidak di hack?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada berbagai macam cara,,
      1. tidak menampilkan informasi data penting di media sosial
      2. selalu merubah kode sandi keamanan / password akun
      3. selalu cek update keamanan akun medsos anda
      4. perhatikan pengaturan privasi di Handphone mu
      5. waspada / hati-hati dengan email masuk yang tidak dikenal
      6. Pastikan keamanan jaringan yang digunakan
      7. selalu perhatikan apabila bertransaksi mobile
      8. Pakai software keamanan terbaik dan selalu diperbarui
      9. Selalu perhatikan situs dengan alamat https://
      10. Gunakan beberapa alamat email
      11. Manfaatkan penggunaan notifikasi login
      12. Aktifkan otentikasi dua-langkah

      Hapus
  6. Pak Bagaimana cara mengakses email yang telah di hack ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang harus dilakukan jika email Anda telah diretas oleh hacker?

      1.Change your password
      Mengganti kata sandi (password) adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memastikan hacker tidak dapat masuk kembali ke akun Anda. Penting jika kata sandi Anda mencakup karakter yang rumit dan sama sekali tidak terkait dengan kata kunci sebelumnya. Gunakan minimal 8-10 karakter dengan berbagai huruf besar dan kecil dan gunakan simbol dan angka.

      Jika Anda menemukan bahwa hacker telah mengunci Anda dari akun Anda dengan mengubah kata sandi Anda, maka Anda dapat mengklik link “Forgot My Password”.

      2.Let Your Email Contacts Know
      Kirim ke semua kontak di email Anda sesegera mungkin sehingga mereka tahu untuk menghindari pembukaan email yang kemungkinan besar dilengkapi dengan malware yang berasal dari Anda.

      3.Change Your Security Question
      Jika Anda memiliki “Security Questions” yang terkait dengan akun email Anda, tolong ubah ini juga. Ada kemungkinan bahwa inilah cara para hacker untuk dapat masuk ke akun Anda. Di tahun 2014, Yahoo memiliki 500 juta akun hack, dimana tidak hanya kata sandi yang dicuri namun juga mengenai “Security Questions” dari masing-masing pemilik akun. Maka jika Anda memiliki pertanyaan keamanan yang terkait dengan akun Anda, buatlah respons yang tidak masuk akal.

      4.Commit to Multi Factor Authentication
      Autentikasi multi faktor menambahkan langkah lain untuk login Anda, namun juga menambahkan lapisan perlindungan lainnya. Mengaktifkan ini berarti bahwa selain kata sandi Anda, Anda memerlukan kode penggunaan khusus, satu kali untuk melakukan login. Hal tersebut biasanya dikirimkan ke ponsel Anda.

      5.Check Your Email Settings
      Hacker tidak hanya dapat memantau login Anda ke situs lain namun mereka juga terus mengawasi informasi pribadi yang sangat menarik. Jadi, periksa pengaturan email Anda untuk memastikan tidak ada alamat email lain yang tak terduga yang telah ditambahkan. Jangan lupa untuk memeriksa “email signature” Anda untuk memastikan tidak ada spam yang ditambahkan. Pastikan juga “reply to” alamat email Anda sebenarnya milik Anda.

      Hapus
  7. terima kasih pak atas materinya. pak bagaimana cara mengebalikan ngmail

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmailnya kenapa..? lupa password..? atau ada kendala lain..?

      Hapus
  8. Syifa u riadatul jannah
    9a8
    Pak gimana cara mengamankan data jaringan kita agar tidak di hack?

    BalasHapus
  9. ada berbagai macam cara,,
    1. tidak menampilkan informasi data penting di media sosial
    2. selalu merubah kode sandi keamanan / password akun
    3. selalu cek update keamanan akun medsos anda
    4. perhatikan pengaturan privasi di Handphone mu
    5. waspada / hati-hati dengan email masuk yang tidak dikenal
    6. Pastikan keamanan jaringan yang digunakan
    7. selalu perhatikan apabila bertransaksi mobile
    8. Pakai software keamanan terbaik dan selalu diperbarui
    9. Selalu perhatikan situs dengan alamat https://
    10. Gunakan beberapa alamat email
    11. Manfaatkan penggunaan notifikasi login
    12. Aktifkan otentikasi dua-langkah

    BalasHapus

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...