Total Tayangan Halaman

Kamis, 10 Oktober 2019

Materi TIK SMP Kelas 9 (IX)

Perangkat jaringan Komputer. 
1.    Perangkat Lunak jaringan Meliputi sistem operasi client dan server. Program-program aplikasi untuk server  dan client, internet sharing, anti virus dan lain-lain. 
2.    Perangkat keras jaringan
a.    NIC (Network Internet Card) / LAN Card. Adalah kartu jaringan berfungsi sebagai jembatan / penghubung dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
b.    Kabel jaringan.
-       Kabel Twisted pair, Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted Pair-       Kabel Coaxial
-       Kabel Fiber Optic
c.    Konektor adalah penghubung antara kabel dengan port NIC.
d.    HUB, sebagai pembagi dan menguatkan sinyal data kartu jaringan. 
      Fungsi Hub 
     - Membuat jaringan lokal dari beberapa komputer
     - Mentransmisikan jaringan, terutama LAN 
     - Penguat sinyal dari suatu jaringan 
     - Mempengaruhi proses konektivitas antar jaringan
                    Kelemahan dari hub 
                    Apabila hub mengalami kerusakan, maka keseluruhan jaringan komputer akan mengalami 
                    kegagalan 
                  - Tidak bisa mengatur kecepatan ataupun jumlah paket data yang ditransmisikan ke komputer client

e.  Switch, hampir sama dengan HUB, namun Switch dapat menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum ke tujuan. 
     Fungsi Utama dari switch 
      - Untuk menerima sinyal dan juga data dari komputer atau server 
      - Mentransmisikan data dari server atau host ke dalam jaringan dan kepada client 
      - Memperkuat sinyal yang ditransmisikan dari server atau host menuju client 
      - Dapat mengatur dan juga membatasi jumlah paket data yang ditransmisikan kepada client. 
      - Sebagai central connection point 
    - Dapat berfungsi sebagai repeater Sebagai splitter atau pemisah antar komputer di dalam suatu jaringan. 

f.    Repeater, berfungsi menguatkan sinyal. 
g.  Router, berfungsi menyaring lalu lintas data di jaringan berdasarkan aturan / protocol tertentu. Atau meneruskan koneksi internet dari broadband atau provider mernuju lokasi komputer client.
h.    Modem, (modulator demodulator) mengubah data sinyal yang berbentuk digital dari komputer dikirim ke modem untuk diubah menjadi sinyal analog. 


LAN CARD

MODEM

ROUTER MIKROTIK


 SWITCH


 Susunan Kabel jaringan Twisted pair Straight dan Croos-over




REPEATER

CONNECTOR



15 komentar:

  1. Makasih pak saya agak sedikit mengerti dengan materi yg bapak kasih,,ditambah lagi ada contoh gambarnya jadi saya ga susah nyari di google lagi makasih pak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, kedepannya akan diusahakan diupload yang lebih lengkap lagi pada materi-materi slanjutnya..

      Hapus
  2. Terima kasih atas materi yang Bapak kasih saya menjadi paham walaupun cuman beberapa di tambah ada beberapa contoh gambar saya menjadi tau terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, kedepannya agar lebih aktif lagi untuk mengecek, melihat serta membaca materi-materi pelajaran TIK yang saya posting ini, agar wawasan pengetahuan jadi bertambah dan materi pelajaran bisa terpantau terus..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak, saya paham dengan materi yang bapak berikan, apalagi di tambah dengan gambar nya saya jadi lebih paham...
    Sering sering upload di bloger ya pak

    BalasHapus
  5. Terima kasih pak atas materi yg bapak kasih semoga kedepannya saya bisa lebih mengerti materi apa yang bapak kasih😅
    MUHAMMAD HADYA ALLEREDHA IX A

    BalasHapus
  6. Terima kasih pak atas materi yang sudah di kasih bapak di atas, Alhamdulillah saya sudah paham pak,apalagi bapak tambah dengan gambar gambar tersebut saya jadi lebih paham :)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Masih pak, saya paham dengan materi yang bapak berikan, apalagi di tambah dengan gambar nya saya jadi lebih paham jadi gk perlu liat di google
    Sering sering upload di blogernya ya pak...

    BalasHapus
  9. yang di atas udah saya baca pak, terima kasih atas materinya
    M.Zul septian XI A

    BalasHapus
  10. beda nya 'UTP Cabel' sama 'STP cabel' apa ya pak?

    BalasHapus
  11. Saya sudah mengerti semua materinya makasih pak ini sangat membantu...

    BalasHapus
  12. Terima kasih pak atas materi yang sudah di kasih bapak di atas, Alhamdulillah saya sudah paham pak,apalagi bapak tambah dengan gambar gambar tersebut saya jadi lebih paham

    BalasHapus
  13. Terimakasih pak atas materinya saya udh paham walaupun cuman beberapa

    BalasHapus

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...