Materi TIK Kelas 7 semester 2
BELAJAR MS WORD PEMULA
UNTUK MENAMBAH ATAU MEMULAI TEKS
Insertion point atau sering juga kita sebut
dengan “kursor” adalah garis vertikal yang berkedip pada dokumen Anda. Insertion point ini menunjukkan tempat dimana Anda
memulai untuk mengetik atau memasukkan teks pada halaman. Penggunakan insertion point dapat dilakukan dengan beberapa
cara:
§ Blank document – Ketika anda membuka dokumen
baru dengan blank document, maka
posisi insertion point berada pada sisi kiri atas dari
halaman. Jika Anda ingin memulai mengetik dokumen dapat diawali dari sini.
Menambahkan spasi – untuk menambah
spasi yang mungkin tertinggal pada pengetikan sebelumnya. Letakkan insertion point setelah kata pada
lokasi spasi yang ingin Anda tambahkan, lalu tekan tombol spasi pada keyboard
komputer Anda.
Baris pada paragraf baru – Setelah mengahiri
kalimat pada satu paragraf, tekan tombol Enter pada keyboard untuk memindahkan insert point pada baris paragraf berikutnya.
§ Menempatkan secara manual – Setelah melakukan pengetikan ada
kalanya Anda ingin melakukan pengeditan terhadap ketikan yang telah Anda buat.
Anda dapat menggunakan mouse untuk
memindahkan insert point ke tempat yang
Anda inginkan dalam dokumen. Anda tinggal klik saja pada tempat yang diinginkan
dalam dokumen dan insert point akan berpindah.
Pada dokumen baru blank document Anda dapat melakukan double-click untuk
menempat insert point pada posisi yang Anda inginkan.
Untuk menyeleksi atau memilih teks
Sebelum memformat teks, hal
yang pertama yang harus Anda lakukan adalah menyeleksi teks yang akan diformat,
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Letakkan insert point disebelah
teks yang ingin Anda format.
2.
Klik
mouse dan tahan lalu geser sampai semua teks yang ingin Anda format terpilih.
3.
Lalu
lepaskan mouse,Anda telah memilih teks, teks yang terpilih akan ter-highlight seperti
terlihat pada gambar.
Anda juga dapat meggunakan shortcut :
§ double-click untuk
memilih satu kata.
§ triple-click untuk
memilih kalimat atau paragraf .
§ Ctrl
+ A untuk
memilih seluruh dokumen.
Untuk menghapus teks
Ada kalanya kita harus
menghapus beberapa bagian teks yang sudah kita tulis, bagaimana melakukannya.
Pada artikel Belajar Ms Word ini saya menuliskan ada 3 cara menghapus teks,
yaitu:
§ Jika teks yang
ingin dihapus berada di sebelah kiri insert point Anda dapat menggunakan tombol Backspace pada
keyboard
§ Jika teks yang
ingin dihapus berada di sebelah kanan insert point Anda dapat menggunakan tombol Delete pada
keyboard
§ Pilih teks yang
ingin dihapus lalu tekan tombol Delete
Disamping ketiga cara di atas
Anda juga dapat melakukannya dengan memilih teks yang ingin ganti, lalu ketik
teks yang baru, otomatis teks yang lama akan terhapus digantikan dengan teks
yang baru.
Menyalin dan memindahkan
teks
Jika Anda ingin mengetik kata
yang sama dengan yang sudah Anda ketik sebelumnya, apa yang harus dilakukan?
Pada ms word Anda dapat meng-copi teks lalu menempelkannya pada tempat lain
pada dokumen dan ini akan menghemat waktu mengetik Anda.
Untuk menyalin dan menempelkan teks (Copy – Paste)
Cara ini dilakukan untuk
membuat duplikat teks dari teks yang sudah Anda ketik sebelumnya, dengan cara
sebagai berikut:
1.
Pilih
teks yang ingin Anda copy
2.
Klik
perintah Copy pada tab HOME (Anda juga dapat
melakukannya dengan menggunakan klik-kanan lalu pilih Copy)
3. Lalu letakkan insertion point pada
tempat yang Anda inginkan
4. Klik perintah Paste pada tab HOME
Untuk memotong dan menempelkan teks (Cut and Paste)
Pada artikel Belajar Ms Word
ini saya juga memperkenalkan bagaimana memindahkan teks yang sudah kita ketik
ke tempat lain pada dokumen yaitu dengan memotong dan menempel teks, caranya
adalah sbagai berikut:
1.
Silahkan
pilih teks yang ingin Anda potong
2.
Pilih
perintah Cut pada tab HOME
3. Lalu letakkan insertion point pada
tempat yang Anda inginkan
4. Klik perintah Paste pada tab HOME
Untuk
perintah-perintah di atas Anda juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard:
§ Ctrl+X untuk
perintah Cut;
§ Ctrl+C untuk
perintah Copy dan;
§ Ctrl+V untuk
perintah Paste.
Untuk menarik dan melepas teks (Drag and Drop)
Drag and Drop ini
fungsinya sama dengan Cut and Paste yang sudah dijelaskan di atas,
yaitu memindahkan teks ke tempat lain dalam dokumen, caranya adalah sebagai
berikut:
1.
Pilih
teks yang akan dipindahkan
2.
Klik
dan tahan, lalu pindahkan ke lokasi yang Anda inginkan.
3.
Lepaskan
mouse, teks akan muncul di tempat yang baru
Mencari dan Mengganti teks (Find and Replace)
Ketika kita ingin menemukan satu kata tertentu pada satu dokumen yang
panjang, lalu Anda ingin menghitung jumlah kata tertentu tersebut dalam
dokumen, atau bahkan Anda ingin mengganti semua kata tertentu itu sekaligus,
bagaiamana cara melakukannya? Dalam tulisan Belajar Ms Word ini Saya juga
memperkenalkan perintah Find
and Replace.
Untuk menemukan teks (Find)
Perintah Find digunakan
untuk menemukan teks, pada tulisan Belajar Ms Word ini saya menggunakan contoh
artikel tentang Material Granular dan kita akan mencari kata “material” dalam
dokumen itu, caranya adalah sebagai berikut:
1.
Klik
perintah Find pada
tab HOME yang berada pada bagian sebelah kanan.
2.
Navigation pane akan muncul disebelah kiri layar.
Ketik kata/ teks yang ingin Anda temukan, dalam contoh ini
saya ingin mencari kata “material”. Ketikkan kata tersebut pada kotak pencarian
dokumen pada bagian atas Navigation pane.
4.
Jika
kata yang kita cari ditemukan, maka kata tersebut akan ditandai dengan warna
kuning, dan tampilan hasil pencarian keseluruhan akan terlihat pada Navigation pane
5.
Jika
kita memilih salah satu hasil pencarian pada Navigation pane, maka warna
highlight pada kata akan terlihat keabu-abuan.
6.
Jika
telah selesai silahkan klik tanda X untuk menutup Naviagation pane, dan tanda
warna highlight pun akan hilang.
Perintah Find juga dapat diakses dengan menekan tombol Ctrl+F pada
keyboard
Untuk mengganti teks (Replace)
Pada satu waktu Anda menemukan kesalahan ejaan atau istilah yang terjadi
secara berulang pada ketikan Anda dan Anda ingin menggantinya, bagaimana cara
melakukannya? Ya, pastinya membingungkan kalau harus dicari dan diganti satu
persatu, melalui tulisan Belajar Ms Word ini juga saya memperkenalkan cara
mengganti kesalahan ejaan/istilah pada keseluruhan dokumen sekaligus dengan
perintah Find and Replace, Caranya adalah sebagai
berikut:
1.
Pada
tab HOME klik
perintah Replace yang terletak pada bagian kanan
2.
Kotak
dialog Find and Replace akan
muncul
3.
Ketik
kata/teks yang ingin Anda ganti pada kotak Find what, contoh pada artikel Belajar Ms Word ini
saya ingin merubah kata “material”
4.
Ketik
kata pengganti yang Anda inginkan, contoh pada artikel Belajar Ms Word ini saya
ingin mengganti kata “material” menjadi “bahan”, lalu klik Find Next, word
akan mencari kata pertama yang sesuai dengan pencarian dengan highlight warna
abu-abu.
5.
Jika
Anda tidak ingin merubah kata tersebut, silahkan klik lagi Find Next, word
akan menampilkan kata berikutnya yang dicari dengan highlight warna abu-abu.
Disini jika Anda ingin merubah teks silahkan klik Replace. Begitu seterusnya,
teks direview satu per satu.
6. Jika ingin mengganti keseluruhan
kata/teks yang ada dalam dokumen yang Anda isi pada kota Find what dengan kata/teks yang Anda isi pada
kotak Replace with maka Anda tinggal klik tombol Replace All, maka seluruh kata/teks akan
digantikan dengan kata/teks yang baru.
Demikian Dasar-dasar membuat dan
mengedit teks pada Belajar Ms Word ini, semoga bermanfaat. Silahkan
dipraktekkan tahap demi tahap untuk memperlancar kemampuan Microsoft Word Anda.
Selain itu Anda juga dapat mempelajari materi lainnya seperti cara membuat dokumen baru dan cara membuat nomor
halaman di microsoft word. Jika ada pertanyaan/saran silahkan
komen di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar