Total Tayangan Halaman

Senin, 27 Januari 2020

Materi TIK Kelas 9 SMP Semester 2 Situs Situs Informasi Di Internet

Materi TIK Kelas 9 SMP Semester 2

Situs Situs Informasi Di Internet


 

Ragam situs
Internet memiliki berjuta situs yang tampaknya luar biasa bervariasi.Namun, pada dasarnya situs-situs dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu situs statis, situs dinamis, dan situs interaktif.

1.  Situs Statis
Situs ini hanya berupa pemaparan informasi. Misalnya adalah situs brosur elektronik (e-brochure) dimana pengguna hanya dapat membaca pelayanan yang ditawarkan organisasi. Contoh: Situs Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) adalah www.dikti.org atau  situs Departemen Pendidikan Nasional yaitu

2.  Situs Dinamis
Situs ini dapat menampilkan informasi berbeda kepada pengguna yang berbeda pula. Namun, pengguna pun masih pasif menerima informasi yang dipaparkan. Misalnya, ada situs yang dapat menyapa pengguna dengan nama pribadi. Contoh: Situs Yahoo!Mail mail.yahoo.com dimana tiap pengguna yang login disapa dengan nama sesuai nama login pengguna.
3. Situs Interaktif
Situs ini kemungkinan pengguna berinteraksi secara aktif dengan situs. Misalnya ada situs e-commerce dimana pengguna dapat secara aktif memilih barang yang ingin dibeli, lalu membayar secara online. Contohnya, http:/ /www.glodokshop.com/ ;http:/ /www.bukukita.com/ ; dan lain-lain.

B. Mengakses situs untuk memperoleh informasi
Internet memiliki beberapa layanan yang memungkinkan pengguna mengunjungi situs-situs yang ada dengan mudah dan cepat secara online.beberapa situs yg bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.

1.  Situs Pendidikan dan Ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan sangat cepat di zaman sekarang. Bila kita tidak mengikuti,dapat dipastikan ilmu yg kita punya akan tertinggal. Oleh karna itu, agar tidak tertinggal jauh mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, kalian dapat mengunjungi situs pendidikan dan ilmu pengetahuan. Selain itu kita dapat memperoleh informasi tentang lembaga-lembaga pendidikan atau informasi tentang beasiswa. Contoh situs-situs e-learning suatu sekolah misalnya http:/ / e-lite.smpn2-sbp.sch.id. adapun contoh situs lembaga pendidikan diakses http:/ / www.institutteknologibandung.com.
Langkah-langkahnya, yaitu:
1. Bukalah browser internet explorer atau mozilla firefox
2. Ketikkan alamat situs pendidikan yang kalian kunjungi di adress bar
3. Akan tampil beberapa web situs pendidikan
4. Pilihlah situs pendidikan indonesia...e-smartschool.com maka akan tampil web e-smartschool.com
5. Arahkan kursor pada tab pengetahuan umum kemudian klik
6. Di pojok kanan atas pilih rubrik pengetahuan komputer
7. Tampak beberapa artikel.Misalnya pilih perangkat lunak dan pilih membuat email gratis
8. Tampil rubrik membuat email gratis
9. Kalian juga dapat memilih artikel-artikel lain yg kalian inginkan dikotak subrubik.
2. Situs sosial keagamaan
   Selain lembaga pendidikan, lembaga sosial dan keagamaan juga banyak yg membuat situs. Contoh situs sosial keagamaan http://www.mui.com

3. Situs Berita
  Kegiatan membaca berita dapat kalian lakukan melalui media massa atau melalui situs berita secara online. Karena media online (situs berita online) memiliki kelebihan, karena berita yg disajikan pd publik lebih cepat diterima ( dibaca).

4. Situs Pemerintahan
   Pemerintah pusat maupun daerah di indonesia sekarang ini lebih banyak yg mempunyai situs pemerintahan.contoh lembaga pemerintahan dan departemen:
A. Http://www.yogyakarta.go.id
B. Http://www.jakarta.go.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...