Total Tayangan Halaman

Senin, 20 Januari 2020

Materi TIK Kelas 9 Semester 2 Layanan Informasi di Internet


Materi TIK Kelas 9 Semester 2 
Layanan Informasi di Internet  
FASILITAS LAYANAN INFORMASI DI INTERNET


Berikut ini adalah manfaat atau fasilitas yang terdapat di internet yang biasanya kita manfaatkan sehari hari..

1. Word Wide Web (WWW)
Merupakan fasilitas layanan yang paling popular di internet. Web memberikan layanan untuk mencari informasi dan data dengan mudah. Kumpulan dari halaman – halaman web disebut Website.
2. Browsing / Surfing
Sebuah layanan di internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs atau website guna untuk mencari informasi. Program yang digunakan untuk browsing misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat webside pada Address, misalnya, www.detik.com
3. Elektronic Mail (E-Mail)
Adalah sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim E-mail kita harus mempunyai Email atau Mail Box.
4. Mailing List
Mailing List atau lebih dikenal dengan Milis yaitu layanan internet sebagai pengembang dari Email yang difungsikan untuk berdiskusi. Dengan menggunakan Milis, kita dapat menyampaikan pengumuman seperti : lomba pidato, Olimpiade Matematika, Sains dan lain – lain.
5. News Group
News Group adalah fasillitas layanan internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berdiskusi membahas suatu topik dalam sebuah forum antara pengguna lain.
6. Internet Relay Chat (chatting)
IRC adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting. Komunikasi dengan chatting dilakukan dengan cara mengetik tulisan.
7. File Tronfer Protokol  (FTP)
Layanan FTP paling banyak digunakan untuk lalu lintas file, melalui layanan ini pengguna dapat mengirimkan file yang berisi tulisan, gambar, animasi dan lain - lain.
8. Telnet
Telnet merupakan fasilitas layanan internet, dapat digunakan untuk berbincang – bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai suara hingga gambar.
9. Internet Telephony
Fasilitas Internet Telephony memungkinkan para pengguna untuk berbicara melalui internet seperti layaknya menggunakan pesawat telepon. Alamat situs yang menyediakan informasi lebih lanjut tentang Telephony adalah http://www.net2phone.com.
10. Internet Fax
Layanan ini data digunakan untuk mengirimkan faks yang biasa dilakukan  melalui mesin faksimili. Layanan internet faks memberikan kemudahan bagi para sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimili dalam jumlah yang sangat banyak.

Internet Relay Chat

IRC ini adalah fasilitas chatting publik yang lebih dulu ada dibanding sistem perpesanan (messenger) seperti saat ini, misalnya Yahoo! Messenger, MSN, Facebook Chat dan lain sebagainya. IRC memiliki channel, dimana setiap orang dapat berkomunikasi secara pubic.

13.Blog

Blog adalah layanan untuk kita dapat menuliskan artikel, cerita, curhatan hati, pengalaman pribadi de el el dalam bentuk kata-kata atau gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain yaitu Blogspot, Wordpress.

14.User’s Network (UseNet)

UseNet adalah sistem kelompok disukusi dimana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia.

15.Wais Server

WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet.WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara.

16.Browser

browser adalah berselancar, menjelajah dan melihat-lihat halaman web. Browsing menggunakan program yang dinamakan web browser seperti Internet Explorer, Mozzila Firefox, Opera dan sebagainya.

17.Friendster dan Facebook

Adalah situs jaringan sosial atau jaringan pertemanan yang biasanya untuk mencari teman dan berkomunikasi melalui internet.

18. Internet Phone/Conference

Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via internet.Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media.



B. Macam-macam Browser yang Digunakan untuk Menjelajah Internet 
Pengertian Browsing
Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet. Menjelajahi internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website yang ada di internet. Kebanyakan informasi yang terdapat di internet ditempatkan di halaman-halaman web yang ditulis dengan menggunakan kode-kode yang disebut kode HTML (Hypertext Markup Language).
Selain dalam bentuk halaman web, informasi juga sering disimpan dalam bentuk file-file dokumen, yakni file dokumen Word (.doc), Rich Text File (.rtf), PDF/Acrobat Reader (.pdf). Informasi dalam bentuk gambar biasanya disimpan dalam bentuk file gambar JPG dan GIF.
Untuk dalam menjelajahi internet, kita harus menjalankan browser. Contoh browser yang dapat digunakan untuk browsing adalah Internet Explorer, Mozzila Firefox, Netscape Navigator dan Opera. Internet Explorer adalah browser yang disertakan (bawaan) sistem operasi Windows. Jadi, jika komputer kita menggunakan sistem operasi Windows, pasti memiliki Internet Explorer di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...