Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 Agustus 2020

Materi Daring Selasa Kelas 8A "Keamanan Data dan Enkripsi" (Selasa 11Agustus 2020)

KEAMANAN DATA DAN ENKRIPSI

Keamanan data adalah perlindungan data di dalam suatu sistem melawanterhadap otorisasi tidak sah, modifikasi, atau perusakan dan perlindungan sistemkomputer terhadap penggunaan tidak sah atau modifikasi.

Dua Bentuk serangan terhadap data yang disimpan di jaringan komputer;
1.         Hacking = usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan dengan maksud mencuri file, data, dan sebagainya.
2.         Craking = usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yang di simpan di komputer-komputer yang berada di jaringan tersebut.

1. Spamming
Spamming adalah kegiatan mengirim email palsu dengan memanfaatkan server email yang memiliki “smtp open relay” atau spamming bisa juga diartikan dengan pengiriman informasi atau iklan suatu produk yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu bagi yang dikirim.

2. Hacking
Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. “Hacker” memiliki wajah ganda; ada yang budiman ada yang pencoleng. “Hacker” budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat sehingga bisa “bocor” agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.

3. Malcious Software (Malware)
Malware (Malcious Software) adalah aplikasi komputer yang khusus dibuat dengan tujuan mencari kelemahan dan celah dari software. Malware terdiri dari pemrograman (kode, script, konten aktif, dan perangkat lunak lain) yang dirancang untuk menganggu atau menolak software dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi yang mengarah pada hilangnya privasi/eksploitasi/mendapatkan akses tidak sah ke sumberdaya sistem.

4. Snooping
Snooping adalah suatu pemantauan elektronik terhadap jaringan digital untuk mengetahui password atau data lainnya. Ada beragam teknik snooping atau juga dikenal sebagai eavesdropping, yakni: shoulder surfing (pengamatan langsung terhadap display monitor seseorang untuk memperoleh akses), dumpster diving (mengakses untuk memperoleh password dan data lainnya), digital sniffing (pengamatan elektronik terhadap jaringan untuk mengungkap password atau data lainnya).

5. Sniffing
Sniffing adalah penyadapan terhadap lalu lintas data pada suatu jaringan komputer. Contohnya anda adalah pemakai komputer yang terhubung dengan suatu jaringan dikantor. Saat Anda mengirimkan email ke teman Anda yang berada diluar kota maka email tersebut akan dikirimkan dari komputer Anda trus melewati jaringan komputer kantor Anda (mungkin melewati server atau gateway internet), trus keluar dari kantor melalui jaringan internet, lalu sampai diinbox email teman Anda. Pada saat email tersebut melalui jaringan komputer kantor Anda itulah aktifitas SNIFFING bisa dilakukan. Oleh siapa? Bisa oleh administrator jaringan yang mengendalikan server atau oleh pemakai komputer lain yang terhubung pada jaringan komputer kantor anda, bisa jadi teman sebelah Anda. Dengan aktifitas SNIFFING ini email Anda bisa di tangkap/dicapture sehingga isinya bisa dibaca oleh orang yang melakukan SNIFFING tadi.

6. Spoofing
Spoofing adalah teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya “hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker atau cracker”.

7. Pharming
Pharming adalah situs palsu di internet, merupakan suatu metode untuk mengarahkan komputer pengguna dari situs yang mereka percayai kepada sebuah situs yang mirip. Pengguna sendiri secara sederhana tidak mengetahui kalau dia sudah berada dalam perangkap, karena alamat situsnya masih sama dengan yang sebenarnya.

8. Defacing
Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.

9. Phising
Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.

10. Jamming
Jamming adalah aksi untuk mengacaukan sinyal di suatu tempat. Dengan teknik ini sinyal bisa di-ground-kan, sehingga sinyal tidak bisa ditangkap sama sekali. Jamming akan lebih berbahaya apabila dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab (misalh : teroris), yang dengan aksinya megngakibatkan jaringan di suatu kota lumpuh (dalam rangka melancarkan aksi terornya).

11. Eavesdropping
adalah tindakan melakukan intersepsi secara real-time yang tidak diotorisasi terhadap kominikasi pribadi, seperti telepon, pesan instan, video conference, atau transmisi fax. Tindakan ini umumnya dilakukan untuk mencuri data yang dikirim melalui jaringan tanpa dienkripsi terlebih dahulu. Pembicaraan melalui teknologi VoIP yang tidak dienkripsi relatif lebih mudah diintersepsi.

Spyware adalah perangkat lunak yang berniat menyesatkan dan terinstal secara rahasia di komputer melalui web, sekali terinstall di hardisk, maka spyware menjadi lahan bagi orang luar untuk mengakses informasi rahasia.
Spyware sengaja dibuat dan disebarluaskan oleh para produsen pembuatnya dan disebarluaskan di internet agar mereka bisa mengintai semua aktifitas orang lain di internet, khususnya pada saat mereka sedang melakukan browsing. Jika program yang mereka buat (terdapat spyware / adware) sudah tertanam dan aktif di komputer seseorang, maka mereka akan mudah melakukan berbagai hal yang pada intinya akan merugikan pengguna internet.

Spyware terbagi menjadi 3 macam, yakni :
• Adware
Umumnya program diberikan secara gratis, tetapi dengan kompensasi pemakai harus menerima iklan pada program. Adware adalah bentuk lain dari malware dan persis seperti namanya, perangkat lunak dengan tujuan promosi atau iklan. Adware biasanya terdapat didalam software freeware yang kita download. Meskipun beberapa program memberikan pilihan untuk tidak menginstal adware ekstra, banyak sekali software gratis menambahkan adware didalamnya tanpa sepengetahuan kita.

• Browser Hijacker & Search Hijacker
Browser Hijacker : Browser anda dimasukan link tertentu dan memaksa anda masuk pada sebuah situs walaupun anda sudah benar mengetik alamat situs yang anda inginkan. Artinya, program Browser anda secara tidak langsung sudah dibajak dan diarahkan ke situs tertentu

Search Hijacker Adalah kontrol yang dilakukan sebuah search engine pada browser. Bila salah menulis alamat, program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.

• Key logger
Keylogger merupakan suatu software yang mempunyai kemampuan untuk memantau dan merekam seluruh aktivitas penekanan tombol keyboard, termasuk password. Kemudian keylogger akan menyimpan hasil rekaman tersebut. Bahkan yang lebih canggih, hasil rekaman tersebut yang berupa file teks bisa dikirim ke email tertentu secara periodik melalui koneksi internet. Dan mengirim data ke server pembuat Malware. Cara kerja keylogger bersifat hidden (tersembunyi). Biasanya dia akan muncul di system jika kita melakukan kombinasi keyboard (shortcut tertentu).

Pengertian Enkripsi
Enkripsi merupakan sebuah istilah untuk mengamankan data dengan cara mengubah informasi menggunakan algoritma tertentu. Data yang sudah ter-enkripsi akan sangat berbeda dengan awal sebelum di enkripsi. Hanya orang tertentu yang bisa mengembalikan atau mendeskripsikannya.

Pengertian Deskripsi
Deskripsi merupakan kebalikan dari enkripsi. Jika encrypt digunakan untuk mengunci sebuah data, maka decrypyt digunakan untuk membukan kunci data tersebut. Untuk melakukan deskripsi, diperlukan algoritma dan kunci yang cocok dengan algoritma dan kunci enkripsi.

Jenis-Jenis Enkripsi

Terdapat beberapa macam jenis penguncian yang bisa anda gunakan untuk mengenkripsi suatu data. Berikut ini beberapa jenis penguncian enkripsi.

1. Kunci Enkripsi Rahasia

Pertama yaitu jenis penguncian rahasia. Jenis penguncian ini menggunakan sebuah kunci atau algoritma untuk mengenkripsi maupun mendeskripsikan suatu data. Biasanya algoritma tersebut dibuat secara khusus dan tidak dimiliki oleh sembarang orang. Setiap orang yang membuat algoritma akan menggunakan gaya mereka sendiri, sehingga sedikit kemungkinan algoritma yang dibuat akan memiliki kesamaan dengan algoritma yang lain.

2. Kunci Enkripsi Publik

Pada jenis ini terdapat 2 kunci yang memiliki fungsinya masing-masing dan tidak dapat ditukar. Yang pertama digunakan untuk enkripsi dna kunci yang kedua untuk melakukan deskripsi. Ingat 2 kunci tersebut tidak bisa ditukar fungsinya.

3. Fungsi One-Way

Jenis ini merupakan fungsi yang bersifat one-way. Tujuannya adalah untuk memberi tanda bahwa data tersebut asli dan hanya bisa dibukan oleh penerima.

Kelebihan dan Kekurangan Enkripsi


1.    Kelebihan Enkripsi

-       Sebuah data akan menjadi aman dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang.
-       Sebagai tanda bahwa data tersebut asli dan tidak dimanipulasi.
-       Mencegah bocornya data ketika dilakukannya pencurian data oleh orang tidak bertanggung jawab.

2.    Kekurangan Enkripsi

-       Bisa digunakan untuk hal yang tidak  baik seperti menyembunyikan data teroris.
-       Bisa digunakan untuk komunikasi antar penjahat.
-       Jika si pengguna kehilangan atau lupa kunci enkripsinya, maka data tersebut tidak akan dikembalikan seperti semula lagi.

Pengertian firewall

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari beragam jenis serangan dari komputer luar. Firewall memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Secara umum, firewall komputer adalah program perangkat lunak yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi.
Jadi, firewall adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan, seperti LAN atau Internet.
Manfaat Fire Wall:
·         Melindungi komputer dari akses jarak jauh tidak sah. Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi pada komputermu adalah jika seseorang mencoba mengambil kendali dari jarak jauh. Melihat mouse bergerak di monitor karena ulah hacker tentu menakutkan. Dengan firewall berkonfigurasi benar (dan OS modern), kamu dapat menonaktifkan akses desktop jarak jauh, sehingga mencegah hacker mengambil alih komputermu.
·         Dapat memblokir pesan yang menautkan ke konten yang tidak diinginkan. Internet memiliki banyak kode buruk yang melintasi dunia maya, menunggu untuk menerkam PC yang tidak terlindungi. Firewall dapat mencegah hal ini terjadi.
·         Menjadikan gaming online lebih aman. Setiap upaya hacker menggunakan malware mereka untuk masuk ke sistemmu akan diblokir, membuat sistemmu menjadi aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...