Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 November 2023

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Genap "Teknologi Informasi dan Komunikasi", Jum'at 3 November 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 3 November 2023, Pada
Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
 

BAB         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Elemen 2 : Teknologi Informasi dan Komunikasi


Capaian Pembelajaran :

  • Peserta didik mampu menerapkan praktik baik dalam memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi peramban untuk pencarian informasi di internet, content management system (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi serta analisis dan interpretasi data.

Alur Tujuan Pembelajaran :  

  • Siswa mampu membuat brosur sederhana dengan aplikasi pengolah kata.
  • Siswa mampu menyimpan dan membuka kembali file pengolah kata.

     

    (Pertemuan 10.1)
    APLIKASI PERKANTORAN

    Apa yang kalian ketahui tentang aplikasi perkantoran...?

    Dalam dunia informatika, ada banyak jenis aplikasi yang digunakan. Jenis-jenisnya aplikasinya pun beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


    A. Aplikasi Perkantoran


    Aplikasi perkantoran merupakan kumpulan aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas.
    Aplikasi perkantoran paling awal dikembangkan pada tahun 1980. Pengembang pertamanya adalah Micropro International di dinamakan Starburst. Beberapa aplikasi yang dihasilkan adalah pengolah kata WordStar, CalcStar (spreadsheet) dan DataStar (database).

    Kemudian beberapa paket aplikasi lain muncul pada tahun 1980-an. Di antaranya adalah Word Perfect, ChiWriter, dan lainnya.

     

    Namun, pada tahun 1990-an, muncul perangkat lunak Microsoft Office. Perangkat lunak tersebut memiliki beberapa aplikasi seperti MS Word, MS Excel dan MS Power Point. Aplikasi perkantoran biasanya memiliki paket perangkat lunak pengolah kata, pengolah lembar kerja (spreadsheet), dan program presentasi.

    Adapun komponen lain dari aplikasi perkantoran meliputi: perangkat lunak database, paket grafik, penerbitan (publisher), pembuatan diagram. Selain itu ada surel untuk klien, perangkat lunak komunikasi, dan perangkat lunak manajemen proyek.

    B. Sejarah dan Perkembangan Macam-Macam Aplikasi Perkantoran


    Perangkat Lunak Pengolah Kata

    Pengolah kata merupakan aplikasi yang berkembang dari evolusi mesin mekanis.

    Pengolah kata melalui proses otomatisasi bertahap dari aspek fisik penulisan dan penyuntingan yang berkembang jadi teknologi yang disempurnakan bagi perusahaan atau individu.


    Ada tiga jenis pengolah kata, yaitu mekanik, elektronik, dan perangkat lunak.

    a.    Pengolah kata mekanis

    Perangkat pengolah kata pertama yang serupa mesin tik yang dipatenkan oleh Henry Mill untuk mesin yang mampu menulis dengan sangat jelas dan akurat sehingga kamu enggak bisa membedakannya dengan mesin cetak.

    Sekitar abad ke-19, Christopher Latham Sholes menciptakan mesin tik berukuran besar pertama dan digambarkan sebagai piano sastra.

    b.    Pengolah kata Elektromekanis dan Elektronik

    Sekitaran akhir 1960-an, IBM mengembangkan mesin ketik elektromekanis/elektrik yang disebut IBM MT/ST (Magnetic Tape/Selectric Typewriter).

        Pada 1969, kaset itu lalu diganti dengan kartu magnetik yang bisa digunakan untuk merekam pekerjaan penyuntingan yang selanjutnya bisa dibaca dan disunting.

        Pada awal 1970-an, pengolah kata berkembang berbasis komputer dengan beberapa inovasi (meski hanya dengan perangkat keras khusus).

         Di waktu yang hampir bersamaan, sistem pengolah kata dengan pengeditan tampilan layar CRT dirancang dan IBM memproduksi floppy disk.

      Pada 1978, Lexitron Corporation menjadi perusahaan pertama yang menciptakan komputer dengan pengolah kata dengan layar tampilan video berukuran penuh (CRT), floppy disc berukuran 5 1/4 inci yang jadi standar di bidang komputer pribadi.

    Disket digunakan untuk mengoperasikan komputer yang dimasukkan dalam satu drive dan sistem di-boot. Disket data lalu dimasukkan ke drive kedua, sistem operasi dan program pengolah kata yang digabungkan dalam satu file.

    c.    Personal Computer (PC)

    Perkembangan terakhir pengolah kata ditandai dengan munculnya komputer pribadi (PC) di akhir 1970-an dan penciptaan perangkat lunak pengolah kata sekitar 1980-an. Pada sekitar akhir 1980-an, muncul inovasi printer laser dan pendekatan antarmuka untuk pengolah kata yang disebut WYSIWYG - What You See Is What You Get yang jadi antarmuka grafis atau Graphical User Interface (GUI).

    Latihan.

    - Buatlah brosur seperti gambar brosur diatas dengan menggunakan aplikasi pengolah kata. 

    - petunjuk : ukuran font judul 24, ukuran font teks paragraf 14

    - ukuran page size tinggi 25 cm, lebar 20 cm, magin semua tepi  1,5 cm

    - simpan file di dalam folder nama masing-masing di drive Data/local disk D.

    Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

    Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....   

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

    Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...