Total Tayangan Halaman

Jumat, 10 November 2023

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Genap "Teknologi Informasi dan Komunikasi", Jum'at 10 November 2023

Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 10 November 2023, Pada
Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
 

BAB         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Elemen 2 : Teknologi Informasi dan Komunikasi


Capaian Pembelajaran :

  • Peserta didik mampu menerapkan praktik baik dalam memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi peramban untuk pencarian informasi di internet, content management system (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi serta analisis dan interpretasi data.

Alur Tujuan Pembelajaran :  

  • Siswa mampu membuat slide presentasi sederhana dengan aplikasi presentasi.
  •  Siswa mampu mempresentasikan slide presentasi tersebut.
  •  Siswa mampu menyimpan dan membuka kembali file presentasi.
    (Pertemuan 10.2)
    APLIKASI PRESENTASI SEDERHANA
     
     Apa itu perangkat lunak presentasi?

    Perangkat lunak presentasi, juga dikenal sebagai aplikasi presentasi grafis atau program grafik presentasi, adalah kategori perangkat lunak yang digunakan untuk membuat konten yang informasinya sering direpresentasikan dalam bentuk grafis atau visual. Berbagai perangkat lunak presentasi tersedia untuk membantu menceritakan sebuah cerita atau mendukung informasi tertulis menggunakan gambar, bagan, grafik, dan elemen visual lainnya.
     
    Contoh Aplikasi / Perangkat Lunak Presentasi

    1. Canva 

    Canva adalah salah satu layanan untuk desain yang paling terkenal. Layanan ini juga ternyata memiliki fitur untuk membuat desain presentasi secara online. Menariknya, Anda bisa mengakses ratusan template slide presentasi online yang ada di Canva.

    Untuk memudahkan penggunaan template, Canva juga mengategorikan jenis-jenis slide yang digunakan. Ada visual charts presentation, creative presentation, business presentation, dan masih banyak lagi.

    Anda bisa memilih slide tersebut sesuai kebutuhan Anda. Anda tidak perlu bingung juga dengan desain yang ditawarkan karena desain slide di Canva banyak yang menarik. Anda tinggal edit dengan mudah. Silakan Anda gunakan Canva Presentation dengan mengaksesnya di sini atau mengunduhnya di sini.

    2. Microsoft PowerPoint 

    Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang sudah dikenal sebagai aplikasi pembuat presentasi. Selain tersedia secara offline, layanan ini juga tersedia secara online. Menariknya, layanan Microsoft PowerPoint online tersedia secara gratis.

    Fitur yang ditawarkan oleh Microsoft PowerPoint juga tidak jauh berbeda dengan versi offline yang berbayar. Ada banyak opsi atau pilihan menu yang barangkali sudah akrab dengan Anda para pengguna Microsoft PowerPoint. Untuk menggunakan layanan ini, silakan akses situsnya di sini. Anda juga bisa unduh aplikasi Androidnya di sini.

    3. Google Slides 

    Jika Anda ingin membuat presentasi online yang mudah diakses dan mudah digunakan, maka Anda bisa memilih Google Slides. Layanan ini menyediakan edit slide secara online dengan mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu repot karena untuk menggunakan layanan ini, Anda hanya perlu masuk menggunakan akun Google.

    Kekurangan dari Google Slides adalah tema atau template presentasi yang sederhana dan terbatas. Hanya saja,  yang menarik, Anda bisa mengunggah tema sendiri. Anda juga bisa unggah slide Microsoft PowerPoint dan menggunakannya di Google Slides. Silakan klik di sini untuk menggunakan layanan Google Slides atau unduh aplikasi Androidnya di sini.

    4. Zoho Show 

    Layanan presentasi online lainnya adalah Zoho Show. Layanan ini adalah layanan presentasi yang gampang diakses. Penggunaannya juga mudah. Layanan mirip seperti Google, yakni satu akun untuk berbagai akses seperti word processor, spreadsheet tool, ataupun kalender online.

    Hanya saja, Zoho Show memiliki fitur dan tampilan antarmuka yang lebih baik jika dibandingkan dengan Google Slides. Fiturnya termasuk kaya, terlebih ada fitur untuk chat secara real-time. Zoho Show juga memungkinkan Anda untuk menerbitkan hasil edit presentasi Anda dengan mudah.

    Zoho Show tersedia di berbagai platform. Anda bisa mengakses di sini jika Anda menggunakan PC Desktop atau laptop. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa unduh aplikasinya di sini untuk Android dan di sini untuk iOS.

    5. Swipe 

    Swipe adalah layanan presentasi online lainnya yang bisa Anda gunakan. Layanan ini telah digunakan oleh 750 ribu orang di dunia. Layanan ini memungkinkan Anda untuk membuat presentasi dengan mudah. Anda juga bisa membuat hasil presentasi untuk dikonversi ke bentuk PDF.

    Hanya saja layanan ini adalah layanan berbayar. Anda bisa menggunakan layanan ini secara gratis, tetapi terbatas untuk 5 tema (template) presentasi saja. Tertarik menggunakan Swipe? Silakan akses situsnya di sini.

    6. Prezi 

    Aplikasi atau layanan presentasi lainnya yang bisa Anda coba adalah Prezi. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengedit presentasi online dengan mudah. Hanya saja, layanan ini berbasis cloud, sehingga, hasil edit presentasi Anda harus disaksikan secara online. 

    Yang menarik dari layanan ini adalah fitur perpindahan slide dari satu ke yang lain terlihat menarik dan elegan. Transisi slide ini seperti animasi zoom-in dan zoom-out. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat presentasi online yang menarik perhatian. Tertarik? Silakan coba Prezi dengan mengunjungi situsnya di sini.


    Latihan..!
    Buatlah Sebuah Slide Presentasi Yang topiknya berisikan aktifitas atau Kegiatanmua Sehari-Hari,,
     
     
    Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

    Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....  

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

    Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...