Total Tayangan Halaman

Selasa, 12 Agustus 2025

Materi Pelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Berpikir Komputasional - Struktur Data - Soal Bebras Gelang Warna Warni", Selasa 12 Agustus 2025

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Selasa 12 Agustus 2025, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

M.A 2    : Berpikir Komputasional

Elemen : Berpikir Komputasional
 

Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan  menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang  diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan  instruksi dengan menggunakan  sekumpulan kosakata terbatas  atau simbol dalam format  pseudocode.

TP : Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya . Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
 

BERPIKIR KOMPUTASI
(Pertemuan 3)

Gelang Warna Warni

Siswa mengerjakan aktivitas BK­-K7-­01-­U: Gelang Warna Warni

Siswa diharapkan menjelaskan apa jawaban dan bagaimana runtutan logika dari jawaban atas soal tersebut. Guru bisa memilih beberapa siswa secara acak menjelaskan jawaban atas soal tersebut. Guru selanjutnya berdiskusi dengan siswa dan menjelaskan cara yang paling efisien untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Walaupun setelah iterasi ke­5 manik­manik kuning masih tersisa dua buah, tetapi manik­manik tersebut sudah tidak dapat digunakan karena ada syarat untuk tidak boleh menggunakan manik­-manik berwarna sama untuk dirangkai bersebelahan.

Pada umumnya, jika siswa tidak membaca soal ini dengan baik, siswa akan menjawab dengan terburu­-buru dengan menjumlahkan semua banyaknya manik­-manik, yaitu 5 + 3 + 7 + 2 = 17 buah. 

 

 Latihan:

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 8 Semester Ganjil "Literasi Digital - Aplikasi Pengolah Kata", Jum'at 12 September 2025

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran INFORMATIKA Kelas 8 hari ini Jum'at J...