Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Selasa 26 Agustus 2025 , Pada
Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Struktur Data - ". Silahkan dibaca dan
dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
Elemen : Berpikir Komputasional
MA 2 : Berpikir Komputasional
Fase : D
CP :
Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data
terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah
data dan menerapkan berpikir
komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data
berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir
komputasional yang diperlukan pada
berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan
instruksi dengan menggunakan
sekumpulan kosakata terbatas atau
simbol dalam format pseudocode.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta Didik Mampu Mendisposisikan Berpikir
Komputasional Yang Diperlukan Pada Berbagai Bidang.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta
didik mampu Merancang
algoritma efisien yang mengandung perulangan.
Metode Pembelajaran :
Best Learning
Materi :Algoritma & Perulangan
Berpikir Komputasional "Algoritma dan Perulangan"
(Pertemuan 4)
Definisi Algoritma:
Algoritma adalah langkah-langkah sistematis dan terstruktur yang dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu.
Konsep Perulangan (Looping)
Definisi Perulangan:
Perulangan adalah mekanisme dalam algoritma yang memungkinkan serangkaian instruksi dieksekusi berulang kali.
Simulasi Membuat Jalan Keluar
Bayangkan sebuah permainan sederhana di mana ada karakter yang harus mencapai titik keluar dari suatu labirin.
1. Algoritma Awal (Tanpa Perulangan):
Karakter bergerak ke bawah.
Karakter bergerak ke bawah lagi.
Karakter bergerak ke kanan.
Karakter bergerak ke kanan lagi.
Karakter bergerak ke atas.
Karakter bergerak ke atas lagi.
Karakter bergerak ke kanan.
Karakter bergerak ke kanan lagi.
Dan seterusnya, untuk setiap langkah kecil.
2. Algoritma Menggunakan Perulangan:
Instruksi untuk bergerak ke bawah diulang (misalnya, "gerak Bawah") sebanyak dua kali.
Instruksi untuk bergerak ke kanan diulang ("gerak Kanan") sebanyak dua kali.
Instruksi untuk bergerak ke atas diulang ("gerak Atas") sebanyak dua kali.
Instruksi untuk bergerak ke kanan diulang ("gerak Kanan") sebanyak dua kali.
Dan ini dilakukan berulang hingga karakter mencapai jalan keluar.
Mengapa Perulangan Penting?
Efisiensi Kode: Kode menjadi lebih pendek dan mudah dibaca karena instruksi yang sama tidak perlu ditulis berulang kali.
Efisiensi Waktu: Menulis kode menjadi lebih cepat dengan menggunakan perulangan.
Mempermudah Pemeliharaan: Jika ada perubahan pada gerakan, Anda hanya perlu mengubah satu baris kode perulangan, bukan banyak baris yang berulang.
Jadi, simulasi membuat jalan keluar akan menunjukkan bagaimana algoritma perulangan membuat proses pergerakan karakter (atau objek) lebih sederhana dan efisien, mengubah serangkaian instruksi yang panjang dan berulang menjadi lebih ringkas.
Pahami..!
Pahami materi dan Selesaikanlah
Tugas / Latihan yang diberikan oleh Guru mapel pada papan white board
berikut dengan kasus yang mirip pada materi diatas..
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar