Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 September 2025

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 8 Semester Ganjil "Literasi Digital - Aplikasi Pengolah Angka (Spretsheet)", Jum'at 26 September 2025

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... 

Saatnya kita masuki pembelajaran INFORMATIKA Kelas 8 hari ini Jum'at Jum'at 26 September 

2025 , Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Perangkat Lunak Aplikasi".

Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

Elemen : Literasi Digital

Fase    : D 
CP       : 

Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kualitas informasi dan kredibilitas sumber informasi digital; mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta, opini, dan hoaks; memahami pemanfaatan perangkat teknologi pengolah dokumen, lembar kerja, dan presentasi; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan perangkat teknologi digital untuk produksi dan diseminasi konten; memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman; memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu Memahami Pemanfaatan Perangkat Teknologi Lembar Kerja. 

Alur Tujuan Pembelajaran :

  1. Peserta didik mampu memahami Fitur Aplikasi Lembar Kerja (Spreadtsheet)

Metode Pembelajaran : 
Best Learning

Model Pembelajaran : 
Praktikum 


Pengenalan Aplikasi Lembar Kerja Pengolah Angka (MS.Excel)
(Pertemuan 3) 

 

Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing  menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:

MENU FILES

  1. New:  Perintah untuk membuat lembar kerja baru
  2. Open: Perintah untuk membuka dokumen
  3. Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
  4. Save : Perintah untuk menyimpan data
  5. Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
  6. Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
  7. Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace
  8. File Search :  Perintah untuk mencari file workbook
  9. Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
  10. Web Page Preview :  Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
  11. Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
  12. Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
  13. Print Preview   : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
  14. Print : Perintah untuk mencetak data
  15. Send To : Perintah untuk mengirimkan file
  16. Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
  17. Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

MENU EDIT

  1. Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
  2. Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
  3. Cut : Perintah untuk memotong naskah
  4. Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
  5. Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
  6. Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
  7. Paste Spesial : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut
  8. Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink 
  9. Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja 
  10. Clear : Perintah untuk menghapus data 
  11. Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data 
  12. Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet 
  13. Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja 
  14. Find : Perintah untuk mencari data 
  15. Replace : Perintah untuk mengganti data
  • HOME

Fungsi tab home merupakan tab menu yang paling banyak digunakan untuk formating dasar dalam excel. Fungsinya adalah untuk formating font, alignment, number, cell dan editing.

 

Oke, yang pertama dibahas adalah menu HOME, pada menu ini terdapat 7 toolgroup yatu:

1. Clipboard

Pada group clipboard terdapat 4 buah tombol yaitu:

– Paste, berfungsi untuk menempatkan hasil copy atau cut
– Cut, berfungsi untuk memotong atau memindahkan bagian cell atau range yang ditandai.
– Copy, berfungsi untuk menyalin satu bagian cell atau range
– Format Painter, berfungsi untuk menentukan format painter atau menyalin format.

2, Font

Pada group Font, ada 10 tombol , yang berguna untuk mengatur format huruf, yaitu: jenis, warna hurf, dan warna ukuran. Berikut beberapa tombol yang ada pada group font.
– Font, berfungsi untuk menentukan jenis font yang dipergunakan
– Font size, berfungsi untuk mengubah ukuran font
– Bold, berfungsi untuk menentukan efek mencetak tebal
– Underline, befungsi untuk menentukan efek garis bawah
– Italic, berfungsi untuk menentukan efek mencetak miring
– Font color, berfungsi untuk memberikan warna pada data
– Fill color, berfungsi untuk memberikan warna isi pada range atau cell
– increase font size, berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf
– Decrease font size, berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf
– Bottom border, berfungi untuk mengatur garis-garis border dan untuk mendesain sebuah tabel

3. Alignment

Pada group alignment, terdapat 11 tombol/ikon, yang digunakan untuk mengatur perataan teks yang ada pada sel, seperti di bawah ini:
– Top align, berfungsi untuk membuat isi cell rata atas
– Bottom align, berfungsi untuk membuat isi cell rata bawah
– Middle align, berfungsi untuk membuat isi cell berada di tengah
– Align text right, berfungsi untuk membuat isi cell rata kanan
– Align text left, berfungsi untuk membuat isi cell rata kiri
– Center, berfungsi untuk membuat isi cell rata tengah
– Increase indent, berfungsi untuk menambahkan indent/tab
– Decrease indent, untuk mengurangi indent/tab
– Merge and Center, berfungsi untuk menyatukan dua cell atau lebih
– Wrap text, berfungsi untuk membuat teks mengikuti ukuran lebar cell
– Orientation, berfungsi untuk mengatur derajat kemiringan dari teks

4. Number

Pada group number, terdapat 5 simbol/ikon, yang digunakan untuk mengatur data pada sel yang bertipe angka. Berikut simbol/ikon yang terdapat pada number:
– Number format, berfungsi untuk menampilkan pilihan format angka
– Accounting number format, berfungi untuk menampilkan mata uang
– Comma style, berfungsi untuk menampilkan tanda koma
– Percent style, berfungsi untuk menampilkan pesan
– Increase decimal, untuk menambhkan jumlah angka desimal
– Decrease decimal, berfungsi untuk mengurangi jumlah angka desimal

5. Styles

Pada group styles terdapat 3 ikon yang digunakan untuk menatur tampilan atau model pada tabel dan sel. Berikut simbol/ikon yang terdapat pada styles:

– Format as tabel, berfungsi untuk mengatur tabel
– Conditional formatting, berfungi untuk pengaturan bersyarat
– Cell style, berfungsi untuk menampilkan cell

6. Cells

Pada group cell terdapat 3 ikon/simbol yang digunakan untuk menambah, menghapus, mengatur format sel dan sheet. Berikut ikon menu yang terdapat pada cells:

– Insert, berfungsi untuk menyisipkan cell, baris, atau kolom pada worksheet
– Delete, berfungsi untuk menghapus isi cell
– Format, berfungsi untuk pengaturan ukuran cell

7.Editing

Pada group editing terdapat 5 ikon yang bisa digunakan untuk menyeleksi data pada tabel, seperti berikut ini:

– Sum, merupakan fungsi yang digunakan untuk menampilkan hasil penjumlahan
– Fill, berfungsi untuk mengisi nilai secara otomatis
– Clear, berfungsi untuk menghapus format, isi atau semuanya
– Sort and filter, berfungsi untuk mengatur data sehingga mudah dianalisasis.
– Find and select, digunakan untuk menemukan dan memilih informasi yang akan di workbook

  •  MENU VIEW

Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
Page Break Preview :  Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja

  • MENU INSERT

Cell                  :  Perintah untuk menyisipkan sel
Rows               :  Perintah untuk menambah beris sel
Columns          :  Perintah untuk menambah kolom
Worksheet       :  Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
Chart               :  Perintah untuk membuat grafik
Symbol            :  Perintah untuk menyisipkan symbol
Page Break     :  Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
Function          :  Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
Name              :  Perintah untuk memberi nama range data
Comment        :  Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
Picture             :  Perintah untuk menyisipkan gambar
Diagram           :  Perintah untuk membuat diagram
Object              :  Perintah untuk memasukkan gambar
Hyperlink         :  Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file

  • Menu Bar Layout

adalah salah satu menu yang digunakan untuk mengatur tata letak dokumen di lembar kerja mulai dari pengaturan batas halaman, ukuran, orientasi, spasi antar baris, kolom teks, indentasi, dan lain-lainnya. Berikut ini merupakan beragam menu yang ada pada menu Layout:

 

A.  Page Setup: Merupakan Ribbon Group yang berisi sekumpulan ikon perintah untuk mengatur format kertas, mulai dari ukuran, tampilan, dan jenis kertasnya.

1.   Margin – Ikon untuk mengatur ukuran kertas atau margin kertas bagian kiri, kanan, bawah, dan atas.

2.   Orientation – Ikon yang memungkinkan Anda untuk mengatur halaman berbentuk bidang potrait maupun landscape.

3.   Size – Ikon perintah untuk mengatur ukuran kertas dengan berbagai jenis ukuran.

4.   Columns – Untuk mengatur atau mengubah kolom teks menjadi satu, dua atau lebih kolom teks.

5.   Breaks – Ikon perintah yang digunakan untuk menghentikan dan menambahkan halaman baru sesuai kebutuhan.

6.   Line Number – Untuk menambahkan nomor urut untuk setiap baris teks di lembar kerja.

7.   Hyphenation – Untuk memberikan tanda hubung pada teks baik secara manual dan otomatis.


Pahami..!
Pahami materi dan Selesaikanlah Tugas / Latihan yang diberikan oleh Guru mapel pada papan white board berikut dengan kasus yang mirip pada materi diatas..

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb.... 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lampung Kelas 9 Semester Ganjil "Remedial dan Pengayaan STS Informatika", Selasa 14 Oktober 2025

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...  Saatnya kita masuki pembelajaran Bahasa Lampung Kelas 9 hari ini Selasa 1...